Kisah Nabi Elia dalam Sudut Pandang Islam

Selasa, 05 Desember 2023 - 19:17 WIB
loading...
Kisah Nabi Elia dalam Sudut Pandang Islam
Dalam Islam, kisah Nabi Elia (atau Ilyas dalam bahasa Arab) merupakan salah satu narasi yang memberikan pelajaran berharga kepercayaan pada Allah. SWT. Foto ilustrasi/youtube
A A A
Kisah Nabi Elia dalam sudut pandang Islam menjadi hal yang perlu diimani oleh umat Muslim. Dalam Islam, kisah Nabi Elia (atau Nabi Ilyas dalam bahasa Arab) merupakan salah satu narasi yang memberikan pelajaran berharga kepercayaan pada Allah.

Nabi Elia dalam Al-Qur'an yang dikenal dengan nama Ilyas (الیاس) dalam bahasa Arab adalah salah satu nabi Allah yang diutus kepada sekelompok penyembah berhala di tanah Kanaan. Namanya telah disebutkan dua kali dalam Al-Quran.

Hal ini terlihat dalam surat Al- An’am ayat 85 yakni:

وَزَكَرِيَّا وَيَحْيٰى وَعِيْسٰى وَاِلْيَاسَ ۗ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيْنَ


Artinya: “dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang saleh, (QS. Al-An'am: 85)”

Jadi bisa dilihat, nama Elia disebutkan di samping nabi-nabi seperti Zakaria, Yahya, dan Isa. Hal ini menunjukkan bahwa Nabi Elia atau Ilyas adalah seorang nabi yang diutus oleh Allah SWT.

Elia adalah salah satu nabi Bani Israil . Dia tinggal di tempat di mana orang-orangnya menyembah berhala yang disebut Baal (بَعل).

Oleh karena itu, Allah SWT mengutus Elia kepada orang-orang tersebut untuk menghentikan mereka menyembah berhala dan mengajak mereka kepada agama yang benar.

Kisahnya terdapat dalam Al-Quran dan juga dalam kitab-kitab suci lainnya. Beliau diangkat sebagai nabi dalam periode yang penuh tantangan dan kekacauan moral di masyarakatnya.

Nabi Elia tumbuh dalam lingkungan yang penuh dengan tantangan, di mana penyembahan berhala dan kesesatan moral merajalela.

Dia tampil sebagai sosok yang penuh kesabaran, keberanian, dan keteguhan iman dalam menegakkan kebenaran. Nabi Elia dikenal karena kebijaksanaan dan keteguhan hatinya dalam menghadapi cobaan.
Salah satu kisah terkenal dalam kehidupannya adalah ketika dia berhadapan dengan para pendeta dan pengikut dewa Baal dalam sebuah tantangan untuk membuktikan kekuasaan Allah.

Pesan yang disampaikan oleh Nabi Elia kepada umatnya juga berfokus pada kepatuhan kepada Allah, penolakan terhadap penyembahan berhala, serta pentingnya taqwa (ketakwaan) dan kejujuran dalam kehidupan sehari-hari.

Nabi Elia ditugasi untuk mengajak umatnya kepada tauhid dan meninggalkan dosa. Elia hidup pada masa Raja Ahab yang saat itu sedang menggalakan aktivitas penyembahan berhala.

Demikian ulasan mengenai sosok Nabi Elia dari sudut pandang Islam, semoga informasi ini bermanfaat.


Wallahu A’lam.
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2428 seconds (0.1#10.140)