Kisah Orang-orang Yahudi Mengingkari Kenabian Isa bin Maryam

Kamis, 07 Desember 2023 - 23:23 WIB
loading...
Kisah Orang-orang Yahudi Mengingkari Kenabian Isa bin Maryam
Kisah pengingkaran orang-orang Yahudi terhadap kenabian Isa bin Maryam direkam dalam Sirah Nabawiyah karya Ibnu Hisyam. Foto ilustrasi/Aep Saepuddin/Oase
A A A
Kisah orang-orang Yahudi yang mengingkari kenabian Isa bin Maryam menjadi salah satu bukti betapa buruknya sifat dan watak mereka. Nabi Isa 'alaihissalam ialah Rasul terakhir yang diutus Allah kepada kaum Bani Israil, akan tetapi kaum Yahudi mengingkarinya secara terang-terangan.

Tak hanya Nabi Isa, orang-orang Yahudi juga mengingkari Nabi Muhammad ﷺ sebagai Nabi terakhir yang diutus untuk seluruh umat manusia. Selain mengingkari Nabi Isa dan Nabi ﷺ, orang-orang Yahudi juga mengingkari kenabian Sulaiman 'alaihissalam.

Kisah pengingkaran orang-orang Yahudi ini direkam dalam Sirah Nabawiyah karya Ibnu Hisyam. Entah siapa yang mereka jadikan panutan. Pembangkangan mereka terhadap Rasul Allah menjadi karakter buruk kaum Yahudi yang diabadikan dalam sejarah.

Watak buruk kaum Yahudi memang dikenal sebagai pendusta, mereka juga suka berkhianat. Al-Qur'an menceritakan kebiasaan orang-orang Yahudi yang suka mempermainkan ayat-ayat Allah dan mengingkari para Nabi utusan Allah.

Berikut kisah pemuka Yahudi di Madinah yang mengingkari kenabian Isa bin Maryam. Ibnu Ishaq berkata: "Beberapa pemuka Yahudi Abu Yasir bin Akhthab, Naff bin Abu Nafi, Azir bin Abu Azir, Khalid, Zaid, Izar bin Abu Izar, dan Asya' datang kepada Rasulullah ﷺ kemudian bertanya tentang Rasul-rasul yang beliau imani.

Rasulullah ﷺ kemudian menjawab: "Aku beriman kepada Allah, apa yang Dia turunkan kepadaku, apa yang Dia turunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishaq, Ya'qub, anak keturunan Yahudi, apa yang diberikan kepada Musa, Isa, dan apa yang diterima para Nabi dari Tuhan mereka. Aku tidak membeda-bedakan di antara mereka, dan aku berserah diri kepada-Nya."

Ketika Rasulullah ﷺ menyebut Nabi Isa bin Maryam, para pemuka Yahudi itu menolak kenabiannya. Mereka berkata, "Kami tidak beriman kepada Isa bin Maryam, dan tidak kepada orang-orang yang beriman kepadanya."

Kemudian Allah Ta'ala menurunkan ayat tentang mereka.

قُلۡ يٰۤـاَهۡلَ الۡـكِتٰبِ هَلۡ تَـنۡقِمُوۡنَ مِنَّاۤ اِلَّاۤ اَنۡ اٰمَنَّا بِاللّٰهِ وَمَاۤ اُنۡزِلَ اِلَـيۡنَا وَمَاۤ اُنۡزِلَ مِنۡ قَبۡلُ ۙ وَاَنَّ اَكۡثَرَكُمۡ فٰسِقُوۡنَ

Artinya: "Katakanlah, "Wahai Ahli Kitab! Apakah kamu memandang kami salah, hanya karena kami beriman kepada Allah, kepada apa yang diturunkan kepada kami dan kepada apa yang diturunkan sebelumnya? Sungguh, kebanyakan dari kamu adalah orang-orang yang fasik." (QS. Al-Maidah Ayat 59)

Selain mengingkari para Nabi utusan Allah, masih banyak lagi watak buruk dan kezaliman kaum Yahudi dikisahkan dalam Al-Qur'an maupun Sirah Nabawi. Semoga kisah ini jadi pelajaran berharga bagi kita.

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2624 seconds (0.1#10.140)