Hukum Tajwid Surat An Nur Ayat 30, Lengkap dengan Cara Bacanya

Minggu, 10 Desember 2023 - 13:16 WIB
loading...
Hukum Tajwid Surat An Nur Ayat 30, Lengkap dengan Cara Bacanya
Hukum dari mempelajari ilmu tajwid adalah fardhu kifayah. Sementara itu membaca Al Quran dengan memakai aturan tajwid adalah fardhu ain, termasuk salah satunya belajar hukum tajwid di surat An Nur ayat 30 ini. Foto ilustrasi/ist
A A A
Hukum tajwid An Nur ayat yang ke-30 akan dibahas dalam artikel dibawah ini. Membaca Al Quran dengan tajwid yang benar adalah hal yang dianjurkan dalam ajaran Islam.

Dilansir dari buku Quran Hadits MI kelas IV, bahwa hukum dari mempelajari ilmu tajwid adalah fardhu kifayah. Sementara itu membaca Alquran dengan memakai aturan tajwid adalah fardhu ain.

Dalam surat An Nur ayat yang ke-30 ini menjelaskan perintah Allah kepada Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman agar mereka memelihara dan menahan pandangannya dari hal-hal yang diharamkan kepada mereka untuk melihatnya, kecuali terhadap hal-hal tertentu yang boleh dilihatnya.

Surat An Nur Ayat ke-30, Latin dan Artinya

قُلْ لِّلْمُؤْمِنِيْنَ يَغُضُّوْا مِنْ اَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوْا فُرُوْجَهُمْۗ ذٰلِكَ اَزْكٰى لَهُمْۗ اِنَّ اللّٰهَ خَبِيْرٌۢ بِمَا يَصْنَعُوْنَ


Latin: Qul lil-mu'minīna yaguḍḍū min abṡārihim wa yaḥfaẓū furūjahum, żālika azkā lahum, innallāha khabīrum bimā yaṣna‘ūn(a).

Artinya: Katakanlah kepada laki-laki yang beriman hendaklah mereka menjaga pandangannya dan memelihara kemaluannya. Demikian itu lebih suci bagi mereka. Sesungguhnya Allah Maha Teliti terhadap apa yang mereka perbuat. (QS. An Nur: 30)

Pada ayat tersebut ada beberapa hukum tajwid , di antaranya ada idgham mutamatsilain saghir, mad thabi'i, idzhar, qalqalah sughra, idzhar syafawi, ghunnah, Lam tafkhim, iqlab, dan mad arid lissukun. Berikut ulasan lengkapnya.

Hukum Tajwid Surat An Nur Ayat 30

1.
قُلْ لِّلْمُؤْمِنِيْنَ


Dalam bacaan tersebut ada 2 hukum tajwid. Pertama, Idgham Mutamatsilain Shaghir karena terdapat dua huruf yang sama makhraj dan sifatnya yakni huruf Lam bertemu dalam satu kalimat dan huruf pertama mati atau sukun.

Cara membacanya yakni memasukkan huruf yang sukun ke dalam huruf yang berharakat sehingga menjadi satu huruf yang bertasydid. Kedua, Mad thabi'i karena huruf nun berharakat kasrah bertemu ya sukun. Cara membacanya panjang 2 harakat.

2.
يَغُضُّوْا


Hukum tajwidnya Mad thabi'i karena huruf dhah berharakat dhommah bertemu wawu sukun. Cara membacanya panjang 2 harakat.

3.
مِنْ اَبْصَار


Ada 3 hukum tajwid. Pertama, idzhar karena nun sukun bertemu alif atau hamzah. Cara membacanya jelas.

Kedua, qalqalah sughra karena huruf Ba sukun berada di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan ringan. Ketiga, mad thabi;i karena huruf shad berharakat fathah bertemu alif. Cara membacanya panjang 2 harakat.

4.
هِمْ وَيَحْفَظُوْا


Hukum tajwidnya ada 2. Pertama, idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu wawu. Cara membacanya jelas. Kedua, mad thabi;i karena huruf dhad berharakat dhommah bertemu wawu sukun. Cara membacanya panjang 2 harakat.

5.
فُرُوْجَهُمْۗ


Hukum tajwidnya mad thabi'i karena huruf Ra berharakat dhommah bertemu wawu sukun. Cara membacanya panjang 2 harakat.

6.
ذٰلِكَ اَزْكٰى
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1746 seconds (0.1#10.140)