Membela Palestina Adalah Jalannya Para Sahabat dan Jihadnya Pejuang Muslim

Senin, 11 Desember 2023 - 06:10 WIB
loading...
A A A
مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِي تَوَادِّهِمْ وَتَرَاحُمِهِمْ وَتَعَاطُفِهِمْ مَثَلُ الْجَسَدِ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى

Artinya: "Orang-Orang mukmin dalam hal saling mencintai, mengasihi, dan menyayangi bagaikan satu tubuh. Apabila ada salah satu anggota tubuh sakit, maka seluruh tubuhnya ikut merasakan tidak bisa tidur dan panas (turut merasakan sakitnya)." (HR Muslim 4685)

Berjuang membantu Palestina yang mayoritas muslim adalah Jihad yang sah. Apalagi ketika umat muslim dizalimi oleh umat lain, maka wajib hukumnya untuk membela mereka. Tentu dengan kemampuan yang dimiliki seseorang.

Hal ini diterangkan dalam Hadis yang artinya: "Jika dia berbuat zalim, maka engkau cegah dia dari kezalimannya itu, itulah yang disebut menolongnya. Tetapi bila ia dizalimi maka wajib pula bagi yang lain untuk menolongnya agar terbebas dari kezaliman itu." (HR Muslim 4681)

Jika seorang muslim tidak mampu berjihad membantu Palestina secara fisik melawan penjajah, ada cara lain yaitu dengan mengulurkan bantuan dan mendoakannya dalam sholat. Dalam Hadis disebutkan, doa merupakan sejata utama seorang kaum mukmin termasuk doa mustajab yang dikabulkan Allah.

دَعْوَةُ الْمَرْءِ الْمُسْلِمِ لِأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ مُسْتَجَابَةٌ

Artinya: "Doa seorang muslim untuk saudaranya tanpa sepengetahuannya akan dikabulkan oleh Allah (mustajab)." (HR Muslim)

Yang terpenting, seorang muslim jangan sampai mengikuti kaum munafik dan jalan yang ditempuhnya. Akan tetapi, teruslah membantu perjuangan Palestina baik lewat media sosial, bantuan donasi, maupun doa-doa yang dipanjatkan. Karena membantu Palestina adalah jalannya para Sahabat dan jihadnya para pejuang muslim.

Wallahu A'lam

(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2207 seconds (0.1#10.140)