Umar bin Khattab Menjelang Ajal: Alhamdulillah, Saya Tidak Dibunuh oleh Muslim

Rabu, 13 Desember 2023 - 15:44 WIB
loading...
A A A
Mendengar kata-kata tabib itu mereka yang hadir menangis, karena sudah merasa cemas. Tetapi Umar berkata: "Jangan menangisi kami. Barang siapa mau menangis keluarlah. Tidakkah kalian mendengar kata Rasulullah Sallallahu ‘alaihi wa sallam: Mayat itu akan mendapat azab karena ditangisi keluarganya!"



Haekal menuturkan, sementara Umar mendengarkan apa yang dikatakan orang yang disampaikan oleh Ibn Abbas, dan meminta pendapat tabib serta mendengarkan segala peringatannya, kaum Muslimin di Masjid dan di sekitarnya dalam kelompok-kelompok masih membicarakan apa gerangan yang mendorong Abu Lu'lu'ah sampai melakukan perbuatan kejinya itu.

Mengenai hal ini kalangan sejarawan mengutip beberapa sumber, yang sebagian barangkali berhubungan dengan pembicaraan kelompok-kelompok itu, dan ada pula yang agaknya mendiskusikan sumber-sumber itu.

Ada yang menerima, ada pula yang menolak, dan sebagian lagi menganggapnya hanya cerita dongeng. Haekal meyakini bahwa pembunuhan terhadap Umar itu berlatar belakang suatu persekongkolan yang perencanaannya sudah memakan waktu lama sebelum kejadian.

"Bagi jemaah yang hadir di Masjid tidak mudah untuk melacak jejaknya dalam usaha mendapatkan bukti, yang selanjutnya bukti tersebut dapat dijadikan pegangan," ujarnya.

(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1306 seconds (0.1#10.140)