5 Alasan Mengapa Kita Dianjurkan Perbanyak Sholawat di Hari Jumat

Jum'at, 15 Desember 2023 - 05:10 WIB
loading...
5 Alasan Mengapa Kita Dianjurkan Perbanyak Sholawat di Hari Jumat
Orang yang banyak membaca Sholawat pada hari Jumat maka kedudukannya paling dekat dengan Nabi Muhammad SAW. Foto/SINDOnews
A A A
Membaca Sholawat di Hari Jumat atau malamnya merupakan amalan sunnah yang paling utama. Mengapa umat Islam dianjurkan memperbanyak Sholawat pada Hari Jumat? Berikut lima alasannya.

Sekadar diketahui, Sholawat adalah salah satu amalan yang sangat dicintai Allah dan Rasul-Nya. Di dalamnya terdapat banyak keutamaan dan faedah yang agung. Disebutkan dalam Hadis bahwa siapa yang bersholawat kepada Nabi Muhammad ﷺ akan dibalas 10 kali lipat sholawat dari Allah.

Imam As-Syafi'i (150-204 Hijriyah) dalam Al-Umm mengatakan:

وأحب كثرة الصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم في كل حال وأنا في يوم الجمعة وليلتها أشد استحباب

Artinya: "Saya suka memperbanyak Sholawat kepada Nabi di setiap waktu, tetapi saya lebih banyak membacanya pada hari Jumat dan malamnya, karena ada kesunnahan." (Kitab Al-Umm)

Alasan Dianjurkan Bersholawat di Hari Jumat
Membaca Sholawat pada Hari Jumat memiliki keutamaan besar dan Rasulullah ﷺ secara khusus memerintahkan umatnya memperbanyak sholawat pada hari tersebut. Berikut lima alasannya:

1. Jumat Adalah Hari Terbaik dan Dikabulkannya Doa
Hari Jumat merupakan hari terbaik dan paling mulia sehingga dijuluki penghulu semua hari (Sayyidul Ayyam). Pada hari itu, Allah mengabulkan doa dan hajat hamba-Nya yang bermohon (meminta).

قال النبي صلى الله عليه وسلم إنَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ سيِّدُ الأيَّامِ ، وَأَعْظَمُهَا عِنْدَ اللهِ ، وَهُوَ أَعْظَمُ عِنْدَ اللهِ مِنْ يَوْمِ الْأَضْحى وَيَوْمِ الْفِطْرِ ، فِيْهِ خَمْسُ خِلَالٍ : خَلَقَ اللَّهُ فيهِ آدمَ ، وأَهْبَطَ اللَّهُ فيهِ آدمَ إِلَى الْأَرْضِ ، وَفِيْهِ تَوَفَّى اللَّهُ آدمَ ، وَفِيْهِ سَاعَةٌ لاَ يَسْألُ اللَّهَ فِيْهَا الْعَبْدُ شَيْئًا إلاَّ أَعْطَاهُ ، مَا لَمْ يَسْأَلُ حَرَامًا ، وَفِيْهِ تَقُوْمُ السَّاعُةُ – رواه الامام احمد وابن ماجة

Artinya: "Sesungguhnya Hari Jumat adalah hari terbaik dan hari agung bagi Allah melebihi hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Dan terjadi peristiwa besar di Hari Jumat. Nabi Adam 'alaihissalam diciptakan, Nabi Adam diturunkan dari surga ke bumi, wafatnya nabi Adam. Pada hari Jumat ada waktu tertentu (waktu mustajab) bila digunakan untuk berdoa maka Allah akan mengabulkannya. Terjadinya Hari Kiamat." (HR Ahmad dan Ibnu Majah)

2. Sholawat di Hari Jumat Disampaikan kepada Nabi Muhammad ﷺ
Alasan kedua yaitu sampainya Sholawat yang kita baca pada Hari Jumat atau malamnya. Sebagaimana diriwayatkan Aus bin Aus radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

إِنَّ مِنْ أَفْضَلِ أَيَّامِكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ، فِيهِ خَلَقَ اللَّهُ آدَمَ، وَفِيهِ قُبِضَ، وَفِيهِ النَّفْخَةُ، وَفِيهِ الصَّعْقَةُ، فَأَكْثِرُوا عَلَيَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِيهِ، فَإِنَّ صَلاَتَكُمْ مَعْرُوضَةٌ عَلَيَّ

Artinya: "Sesungguhnya di antara hari-hari kalian yang paling utama adalah Hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptaan dan diwafatkan, dan pada hari itu juga sangkakala ditipu dan akan terjadi kematian seluruh makhluk." Karena itu perbanyaklah Sholawat kepadaku pada hari Jumat, karena Shalawat kalian akan dipersembahkan (disampaikan) kepadaku." Para sahabat berkata: "Ya Rasulullah, bagaimana Sholawat kami sampai padamu sedangkan engkau telah hancur menjadi tanah?" (Sebagian riwayat menyebutkan kata-kata: Sedangkan Tuan telah rusak tubuhnya?) Lalu Nabi ﷺ bersabda: "Sesungguhnya Allah mengharamkan pada bumi untuk memakan jasad (tubuh) para Nabi." (HR Ibnu Majah, Abu Dawud dengan isnad Shahih)

3. Paling Dekat Kedudukannya dengan Nabi Muhammad ﷺ
Orang yang paling banyak membaca Sholawat khususnya pada hari Jumat maka kedudukannya lebih dekat kepada Nabi Muhammad ﷺ sebagaimana sabda beliau berikut:

صَلَاةُ أُمَّتِي تُعرَضُ عَلَيَّ فِي كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ؛ فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَيَّ صَلَاةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّي مَنْزِلَةً

Artinya: "Sholawat dan doa umatku sampai kepadaku pada setiap hari Jumat. Orang yang paling banyak bersholawat kepadaku di antara mereka adalah orang yang paling terdekat denganku kedudukannya." (HR Al-Baihaqi 5995)

4. Dapat Menghapus 10 Kesalahan
Alasan berikutnya karena terdapat fadhillah yang agung yaitu dihapuskannya 10 dosa dan kesalahan bagi orang menghidupkan Sholawat. Dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu, Nabi ﷺ bersabda:

مَنْ ‌صَلَّى ‌عَلَيَّ ‌صَلَاةً ‌وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ، وَحُطَّتْ عَنْهُ عَشْرُ خَطِيئَاتٍ، وَرُفِعَتْ لَهُ عَشْرُ دَرَجَاتٍ

Artinya: "Barang siapa yang bersholawat untukku sekali, maka Allah akan memberkatinya dengan sepuluh doa, dan akan dihapus sepuluh kesalahan darinya, dan ditinggikan sepuluh derajat untuknya." (HR An-Nasa'i)

5. Penggugur Dosa Selama 80 Tahun
Alasan kelima mengapa kaum muslim dianjurkan banyak bersholawat pada Hari Jumat, karena dengannya Allah menghapus dosa-dosa hamba-Nya. Dalam satu riwayat, dosa selama 80 tahun diampuni Allah berkat membaca sholawat berikut:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah ﷺ bersabda:
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2384 seconds (0.1#10.140)