Genosida Israel, 2 Pilihan: Mati di Bawah Api Neraka atau Lari ke Mesir

Sabtu, 16 Desember 2023 - 13:35 WIB
loading...
Genosida Israel, 2 Pilihan: Mati di Bawah Api Neraka atau Lari ke Mesir
70% Warga Gaza adalah korban Nakba, pengusiran Israel dari tanah mereka. Foto/Ilustrasi: Al Jazeera
A A A
Warga Palestina mengatakan mereka tidak punya niat untuk meninggalkan Jalur Gaza . Banyak dari mereka yang berani menghadapi krisis kemanusiaan saat ini adalah keturunan warga Palestina yang terpaksa mengungsi dari rumah mereka pada tahun 1948 setelah pembentukan negara Israel dalam peristiwa yang dikenal sebagai Nakba atau “bencana”. Pengungsi merupakan 70% dari populasi Gaza sebelum perang saat ini dimulai.

“Warga Palestina lebih memilih mati di Gaza daripada mengungsi, tapi apa yang Anda bayangkan akan dilakukan oleh orang-orang yang kelaparan dan berusaha menyelamatkan anak-anak mereka?” ujar Khaled Elgindy, Direktur Program Urusan Israel-Palestina di Middle East Institute, sebagaimana dilansir Middle East Eye atau MEE, 14 Desember 2023. “Ada titik kritis yang tidak berwujud.”



Penuh Tekanan

Sementara itu, sekitar 90 persen penduduk Gaza – 1,9 juta warga Palestina – menjadi pengungsi internal akibat serangan Israel, dan sekitar satu juta dari mereka, kini tinggal di Rafah yang kecil, tempat mereka hidup dalam kondisi kumuh akibat pemboman Israel.

Mesir khawatir masuknya warga Palestina dapat mengganggu stabilitas Sinai, karena pemerintah telah menghabiskan waktu bertahun-tahun memerangi pemberontakan termasuk melawan afiliasi lokal kelompok ISIS.

Kairo juga takut membiarkan masuknya pengungsi yang berpotensi memungkinkan pejuang Palestina mendirikan pangkalan untuk menyerang Israel, seperti yang terjadi di Lebanon, yang dapat mengarah pada aksi militer langsung Israel di semenanjung gurun tersebut.

“Sinai adalah tempat yang penuh tekanan. Gaza adalah sesuatu yang akan membuat seluruh semenanjung Sinai meledak,” kata Mohannad Sabry, pakar Sinai di departemen studi pertahanan King’s College London, kepada MEE.



“Tetapi Israel memberi rakyat Palestina dua pilihan, mati di bawah api neraka atau melarikan diri ke Mesir. Pertanyaan sebenarnya adalah bagaimana jika arus masuk itu terjadi? Akankah Mesir menembaki warga Palestina? Itu adalah mimpi buruk."

Namun jika Mesir mengizinkan warga Palestina untuk menetap di Sinai, itu berarti Kairo memberi lampu hijau untuk Nakba kedua. Jadi, Mesir tidak punya pilihan bagus.
(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2136 seconds (0.1#10.140)