Genosida Israel: Analis Pesimistis Israel Bisa Menangkan Perang Kota di Gaza

Minggu, 17 Desember 2023 - 13:55 WIB
loading...
A A A


Setelah beberapa kali upaya untuk mengirim pasukan ke bawah tanah yang berakhir dengan bencana, dan pasukan menjadi korban jebakan Hamas, komando tinggi membatalkan pendekatan tersebut. Mereka kemudian dilaporkan mempertimbangkan gagasan untuk mengisi terowongan dengan air laut, mengklaim bahwa uji coba banjir berhasil namun belum memutuskan untuk melakukan operasi banjir besar-besaran.

Tindakan Israel di lapangan minggu ini dengan kuat menunjukkan bahwa kepemimpinan tentara Israel menyadari bahwa satu-satunya cara untuk mencapai tujuan yang dicanangkan untuk memusnahkan Hamas adalah dengan mengambil, menguasai dan mengendalikan wilayah di seluruh pusat Kota Gaza dan Khan Younis yang saat ini dikepung.

Hal ini tidak menjamin kemenangan namun dapat menciptakan kondisi yang memaksa pejuang Hamas masuk ke dalam terowongan, yang setelahnya pasukan Israel dapat memblokir dan menghancurkan semua pintu masuk.

Mengusir Hamas mungkin akan memakan waktu berminggu-minggu dengan peperangan perkotaan yang hebat dan lebih banyak lagi kerugian besar – di kedua sisi.

Semakin banyak tentara Israel yang terbunuh di pusat kota Gaza, tanpa bisa mengklaim kehancuran Hamas, maka dukungan terhadap kelanjutan operasi militer akan semakin berkurang. Pada titik tertentu, seruan Israel untuk menghentikan perang bisa menjadi lebih keras dibandingkan seruan untuk terus melanjutkannya.

(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2242 seconds (0.1#10.140)