Doa Nabi Isa Memohon Rezeki yang Tercantum dalam Al Qur'an

Rabu, 20 Desember 2023 - 10:56 WIB
loading...
Doa Nabi Isa Memohon Rezeki yang Tercantum dalam Al Quran
Doa Nabi Isa alaihissalam untuk memohon rezeki tercantum dalam beberapa ayat al-Quran, yang bisa diamalkan kaum muslim. Foto ilustrasi/ist
A A A
Doa Nabi Isa alaihissalam untuk memohon rezeki tercantum dalam beberapa ayat al-Qur'an, yang bisa diamalkan kaum muslim. Nabi Isa AS, merupakan salah satu Rasul Allah yang banyak diceritakan dalam Al-Quran adalah Isa putra Maryam.

Nabi Isa juga termasuk ke dalam golongan Nabi Ulul Azmi , yakni Nabi yang keteguhannya dalam menyampaikan kebenaran luar biasa kuat.

Satu di antara mukjizat Nabi Isa yakni dapat mendatangkan hidangan dari langit untuk umatnya. Tentu saja, mukjizat tersebut diwujudkan atas izin Allah SWT.

Untuk mendatangkan hidangan tersebut, Nabi Isa AS memanjatkan doa. Doa tersebut sebagaimana tercantum dalam Al Quran Surat Al Maidah ayat 114.

Dalam doa tersebut Nabi Isa AS berdoa meminta rezeki untuk umatnya. Berikut doa Nabi Isa AS ketika meminta rezeki:

قَالَ عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ : اللَّهُمَّ رَبَّنَا أَنْزِلْ عَلَيْنَا مَائِدَةً مِنَ السَّمَاءِ تَكُونُ لَنَا عِيدًا لِأَوَّلِنَا وَآَخِرِنَا وَآَيَةً مِنْكَ وَارْزُقْنَا وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ.

قَالَ اللهُ إِنِّي مُنَزِّلُهَا عَلَيْكُمْ فَمَنْ يَكْفُرْ بَعْدُ مِنْكُمْ فَإِنِّي أُعَذِّبُهُ عَذَابًا لاَ أُعَذِّبُهُ أَحَدًا مِنَ الْعَالَمِينَ


Artinya:

Isa putera Maryam berdoa: “Ya Tuhan kami turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; beri rezekilah kami, dan Engkaulah pemberi rezeki Yang Paling Utama.”

Dalam ayat berikutnya 115, Allah berfirman:

“Sesungguhnya Aku akan menurunkan hidangan itu kepadamu, barangsiapa yang kafir di antaramu sesudah (turun hidangan itu), maka sesungguhnya Aku akan menyiksanya dengan siksaan yang tidak pernah Aku timpakan kepada seorangpun di antara umat manusia.” (QS. Al-Maidah (5): 114-115)

Demikian, dari ayat di atas terdapat doa Nabi Isa AS berbunyi:

اللَّهُمَّ رَبَّنَا أَنْزِلْ عَلَيْنَا مَائِدَةً مِنَ السَّمَاءِ تَكُونُ لَنَا عِيدًا لِأَوَّلِنَا وَآَخِرِنَا وَآَيَةً مِنْكَ وَارْزُقْنَا وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ


Allahumma rabbanaa anzil ‘alainaa maaidatan minas-samaa`i takuunu lanaa iida liawwalinaa wa akhirinaa wa ayatan minka warjuqnaa wa anta khairu rraajiqiin

“Ya Tuhan kami turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; beri rezekilah kami, dan Engkaulah pemberi rezeki Yang Paling Utama.”

Tafsir Al-Qur'am tentang Doa Nabi Isa

Dilansir dari fatwatarjih.or.id, dalam tafsir Al Quran ayat tersebut, bahwa Nabi Isa AS meminta rezeki kepada Allah SWT. Dalam hal ini memohon supaya Allah SWT menurunkan hidangan dari langit kepada orang-orang Hawariyyun.

Hawariyyun adalah sebutan bagi orang-orang atau pengikut setia Nabi Isa AS. Orang-orang Hawariyyun adalah mereka yang mendampingi dakwah Nabi Isa AS.

Mereka juga suka menolong sesama, membela orang-orang lemah dan sakit dan menegakkan sosial dan kemanusiaan. Dijelaskan bawah doa Nabi Isa AS ini adalah permintaan Nabi Isa AS untuk menetramkan pengikutnya.

Karena bila bepergian ia kerapkali diikuti ribuan pengikutnya. Hal itu membuat Nabi Isa AS membutuhkan persediaan makanan yang cukup untuk pengikut dan umatnya tersebut.

Selain itu, doa Nabi Isa AS tersebut menjadi sebagai mukjizat atau bukti kenabiannya. Karenanya ia bisa mendatangkan rezeki dari langit secara langsung dari Allah SWT. Hal ini juga menjadi bukti mukjizat kongrit bisa dilihat oleh indera mereka.

Demikian, betapa mustajab doa Nabi Isa AS tersebut.


Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3433 seconds (0.1#10.140)