Pembantaian Israel di Gaza, Kisah Bersambung Ancaman Holocaust

Senin, 01 Januari 2024 - 15:08 WIB
loading...
Pembantaian Israel di Gaza, Kisah Bersambung Ancaman Holocaust
Matan Vilnai. Foto/Ilustrasi: The Times of Israel
A A A
Pada bulan Februari 2008, Matan Vilnai, yang saat itu menjabat sebagai wakil menteri pertahanan Israel , mengancam warga Palestina di Gaza dengan “ holocaust ”. “Mereka akan menimbulkan masalah yang lebih besar karena kami akan menggunakan seluruh kekuatan kami untuk membela diri,” katanya dalam sebuah wawancara untuk stasiun radio tentara Israel, menggunakan kata Ibrani untuk holocaust.

Associate Professor di Universitas Al-Aqsa di Gaza, Haidar Eid, dalam artikelnya berjudul "On the Gaza ‘shoah’ and the ‘banality of evil’ mengingatkan bahwa saat ini para aktivis dan analis membandingkan apa yang terjadi saat ini di Gaza dengan apa yang dialami warga Yahudi Eropa di tangan Nazi pada abad lalu.



Haidar Eid mengatakan kata “shoah” tidak pernah digunakan di Israel di luar diskusi tentang pemusnahan orang Yahudi oleh Nazi selama Perang Dunia II. Banyak orang Israel, terutama Zionis, mempunyai masalah serius dengan orang-orang yang menggunakan kata tersebut untuk menggambarkan genosida lainnya.

Namun, wakil menteri memutuskan untuk mengancam Palestina dengan “shoah”. Jelas dia tahu apa yang dia maksud dan dia tidak berbasa-basi.

Pada bulan Desember 2008, 10 bulan setelah wawancara Vilnai, pasukan pendudukan Israel melancarkan serangan militer besar-besaran di Jalur Gaza yang berlangsung selama 22 hari. Israel membunuh lebih dari 1.400 orang dalam serangan gencar ini, sebagian besar di antaranya adalah anak-anak dan perempuan.

Saat itu, tidak ada seorang pun yang merujuk pada kata terlarang tersebut. Tidak ada yang berani membandingkan operasi militer, yang dijuluki “Cast Lead”, dengan “shoah”.

Apa yang disebut “komunitas internasional” tidak melakukan apa pun untuk melindungi warga sipil Palestina. Sama seperti mereka yang tidak melakukan apa pun di akhir tahun 1930-an, ketika mereka berdiri di samping dan hanya menonton dengan diam, menolak memberikan perlindungan kepada warga sipil tak berdosa yang melarikan diri dari pembantaian di tangan rezim monster Nazi.



Para penjahat perang Nazi bertindak dengan impunitas penuh untuk jangka waktu yang lama, mengandalkan dukungan masyarakat Jerman dan ketidakpedulian “komunitas internasional”, yang memfasilitasi apa yang disebut oleh mendiang filsuf Hannah Arendt sebagai “banalitas kejahatan”.

Karena itu, Nazi merasa nyaman mengulangi kejahatan yang sama berulang kali. Apa yang dilakukan para perwira Nazi saat itu tampak “sangat normal”. Seperti yang dijelaskan Arendt tentang tindakan seorang birokrat Nazi: dia melakukan kejahatan “dalam keadaan yang membuatnya hampir mustahil untuk mengetahui atau merasa bahwa dia melakukan kesalahan”. Nazi membunuh dan setelah itu tidak merasakan penyesalan apa pun.

"Saat ini, kami menggambarkan hal ini sebagai normalisasi kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan. Di Palestina, saat ini kita menyaksikan normalisasi genosida, pembersihan etnis, dan apartheid," tutur Haidar Eid.

Hal ini, karena pertumpahan darah tahun 2008 yang dilakukan oleh apartheid Israel tidak dianggap serius oleh PBB, Dewan Keamanan PBB, Uni Eropa, dan dunia Arab dan Muslim, maka pengepungan dan pembantaian warga Palestina di Gaza di kamp konsentrasi menjadi “normal”. atau sebagaimana Arendt menyebutnya, “dangkal”.

Akibatnya, Israel dapat dengan mudah mengulangi pertumpahan darah pada tahun 2012, 2014, 2021, dan hari ini pada tahun 2023 – sambil mempertahankan pengepungan abad pertengahan yang dilakukan pada tahun 2006.



Pembunuhan massal warga sipil serta pemadaman listrik dan makanan, air, obat-obatan, internet, komunikasi, serta barang dan jasa penting lainnya semuanya menjadi “normal”. Bagaimanapun, warga Palestina di Gaza adalah “manusia hewan” – seperti yang diungkapkan dengan jujur oleh Menteri Pertahanan Israel saat ini, Yoav Gallant – dan kematian mereka tidak menimbulkan penyesalan apa pun.

Misi Peradaban Kulit Putih

Dalam menormalkan kekerasan genosida, Israel telah dibantu dan bersekongkol oleh kolonial Barat. Hal ini tidak mengherankan mengingat rekam jejak negara-negara Barat dalam melancarkan perang di seluruh dunia, mulai dari Asia, Afrika, hingga Amerika Latin, yang dalam prosesnya menghancurkan budaya dan peradaban masyarakat adat. Negara-negara ini telah melakukan kejahatan keji sebagai bagian dari “misi peradaban” orang kulit putih.

Di Dunia Arab, mereka juga mempertahankan proyek imperialis yang memiliki dua tujuan: pertama, melindungi kepentingan Barat dalam menjaga ladang minyak dan menghancurkan sentimen nasionalis yang meningkat; dan kedua, mengelola rasa bersalah kaum liberal sehubungan dengan pogrom terburuk yang terjadi pada abad ke-20, yaitu “shoah”.

Inilah sebabnya mengapa “shoah” Gaza ditoleransi. Warga Palestina berkulit coklat di Gaza tidak membebani hati nurani liberal Barat, dan kematian “dangkal” 21.000 warga Palestina di tangan tentara genosida, tidak mengancam kepentingan Barat di Dunia Arab. Oleh karena itu, kegagalan Dewan Keamanan PBB untuk menegakkan gencatan senjata total di Gaza.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2542 seconds (0.1#10.140)