Arab Saudi Siapkan 4.000 Gedung untuk Menampung 2 Juta Jemaah Haji

Senin, 29 Januari 2024 - 11:32 WIB
loading...
Arab Saudi Siapkan 4.000 Gedung untuk Menampung 2 Juta Jemaah Haji
Arab Saudi menyiapkan 4000 gedung untuk tempat menginap jemaah haji. Foto/Ilustrasi: Gulf News
A A A
Arab Saudi menyiapkan 4.000 gedung yang terdiri dari hampir 500.000 kamar yang diperkirakan dapat menampung sekitar 2 juta jamaah haji pada musim haji tahun ini.

Juru bicara Walikota Makkah , Osama Zaytuni, mengatakan pemerintah kota akan memberi izin pemilik 4.000 gedung tersebut untuk dijadikan tempat penginapan bagi jemaah haji tahun ini.

“Kami mengharapkan peningkatan jumlah (jamaah) tahun ini dibandingkan tahun lalu,” katanya kepada TV berita Saudi Al Ekhbariya sebagaimana dikutif Gulf News.

Sekitar 1,8 juta jemaah datang ke tanah suci pada musim haji tahun lalu, yang menandai kembalinya jumlah jamaah ke tingkat sebelum epidemi.



Menurut Zaytuni, sejauh ini 1.000 bangunan telah diberi izin untuk menampung jamaah haji di Makkah, yang dikenal sebagai Ibu Kota Suci.

“Pendaftaran sedang meningkat. Masih ada ruang untuk mendapatkan izin hingga akhir Rajab ,” tambahnya. Bulan Rajab menurut kalender Islam saat ini diperkirakan akan berakhir pada 10 Februari.

Arab Saudi telah memulai persiapan awal untuk ibadah haji tahun ini yang dijadwalkan pada bulan Juni.

Berdasarkan aturan baru, tidak ada lagi tempat khusus yang diberikan untuk negara-negara di tempat suci pada musim haji baru.

Sebaliknya, tempat untuk negara yang berbeda akan ditentukan tergantung pada penyelesaian kontrak.

“Negara yang menandatangani kontrak lebih awal akan diberi prioritas untuk mengambil tempat yang sesuai di tempat-tempat suci,” kata Kementerian Haji Saudi Tawfiq Al Rabiah.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2042 seconds (0.1#10.140)