PM India Resmikan Kuil Hindu Terbesar dan Pertama di Timur Tengah

Kamis, 15 Februari 2024 - 08:28 WIB
loading...
PM India Resmikan Kuil Hindu Terbesar dan Pertama di Timur Tengah
Perdana Menteri India Narendra Modi secara resmi meresmikan BAPS Hindu Mandir - kuil Hindu terbesar di Timur Tengah dan pertama di Abu Dhabi. Foto: Gulf News
A A A
Perdana Menteri India Narendra Modi secara resmi meresmikan BAPS Hindu Mandir - kuil Hindu terbesar di Timur Tengah dan pertama di Abu Dhabi pada Rabu malam.

Gulf News melaporkan pada saat peresmian, Modi bergabung dengan Yang Mulia Mahant Swami Maharaj, guru spiritual BAPS Swaminarayan Sanstha saat ini, yang membangun BAPS Hindu Mandir senilai Dh350 juta di atas tanah yang disumbangkan oleh Presiden UEA Yang Mulia Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan.

Sumbangan itu diberikan ketika Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan masih sebagai Putra Mahkota Abu Dhabi selama kunjungan Modi ke UEA pada tahun 2015.



BAPS Hindu Mandir dibangun di atas lahan seluas 27 hektar di gurun Abu Dhabi. Ini adalah mandir batu tradisional Hindu pertama di kota ini. Kolom batu pasir merah jambu di atasnya terdapat tujuh menara yang melambangkan jumlah Syekh yang memerintah masing-masing UEA.

Modi disambut dengan pelukan oleh Presiden negara tersebut, Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan, dan diberikan penghargaan Guard of Honor, yang menunjukkan betapa dekatnya hubungan strategis dan ekonomi kedua negara.

Islam adalah agama resmi UEA. Kunjungan Modi terjadi ketika umat Islam di India merasa terpinggirkan dan terancam karena kebijakan nasionalis Hindu Partai Bharatiya Janata.

Para analis memperkirakan tidak akan menjadi masalah bagi Modi selama kunjungannya, mengingat semakin menonjolnya India, pertumbuhan ekonominya, dan posisi strategisnya di panggung global. Dan di dalam negeri, para analis mengatakan peran utama Modi dalam peresmian kuil tersebut dapat memberikan dorongan bagi partainya untuk mempersiapkan diri menjelang pemilu dalam waktu beberapa bulan mendatang.



Dalam satu dekade kekuasaannya, Modi telah menciptakan citra dirinya sebagai “pelindung agama Hindu,” kata analis politik yang berbasis di New Delhi, Asim Ali, dan kini membawa pesan tersebut melampaui batas-batas India.

“Dia mengibarkan bendera Hindu di seluruh dunia. Ini seperti agama dan kebanggaan India pergi ke luar negeri,” kata Ali. “Dia mengirimkan pesan kepada dunia: India adalah pelindung agama Hindu.”

Pembukaan Kuil Abu Dhabi terjadi hanya beberapa minggu setelah Modi meresmikan Ram Mandir yang kontroversial, sebuah kuil yang dibangun di atas fondasi masjid berusia berabad-abad yang dirobohkan oleh kelompok Hindu garis keras pada awal tahun 1990-an di India utara.

Upacara tersebut dipandang sebagai pergeseran besar dari prinsip-prinsip pendirian India modern yang sekuler.

Pembukaan kuil di Abu Dhabi “harus dilihat sebagai operasi politik bagi Modi dalam kaitannya dengan konstituen di luar negeri dan di dalam negeri,” kata Nicolas Blarel, Profesor Hubungan Internasional di Institut Ilmu Politik, Universitas Leiden di Belanda.



Kuil ini memiliki sejarah yang panjang karena umatnya yang berbasis di UEA telah lama menganjurkan pembangunannya, kata Blarel, yang fokus pada kebijakan luar negeri di Asia Selatan dan Timur Tengah.

Negara berpenduduk 9 juta jiwa ini adalah rumah bagi sekitar 3,5 juta warga negara India, menjadikannya negara dengan populasi warga negara India terbesar di dunia.

Pada tahun 2015, pemerintah UEA mengalokasikan lahan untuk pembangunan kuil, yang merupakan sebuah kemenangan besar bagi diaspora.

“Ini kemudian menjadi usaha patungan karena pemerintah India dan UEA mempercayakan BAPS Swaminarayan Sanstha tanggung jawab untuk membangun dan mengelola mandir,” kata Blarel.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2304 seconds (0.1#10.140)