Genosida Israel: Ketika Mesir Ketakutan dengan Serangan Zionis di Rafah

Selasa, 20 Februari 2024 - 12:16 WIB
loading...
A A A
Bahkan ketika pasukan Israel menduduki Gaza sebelum tahun 2005, koridor Philadelphi tetap menjadi zona penyangga demiliterisasi, kata Sabry.

Namun, Sabry berpendapat, bahkan jika Israel melanggar perjanjian tersebut, konfrontasi militer penuh dengan Mesir sangat kecil kemungkinannya.

“Perjanjian damai tidak akan berhasil. Seperti yang dikatakan Menteri Shoukri, perjanjian itu akan tetap utuh,” katanya.

“Pernyataan bolak-balik di media adalah untuk konsumsi publik. Yang penting adalah apa yang terjadi secara tertutup, dalam pertemuan koordinasi intelijen di Kairo dan ibu kota lainnya.”



Joost Hiltermann, seorang analis di lembaga think tank International Crisis Group, mengatakan penangguhan perjanjian tersebut “tidak akan terjadi”.

“Hubungan antara Israel dan Mesir tetap kuat, meskipun apa yang terjadi di Gaza.”

Menurut Sabry, Mesir tidak berbuat banyak untuk menghadapi invasi Israel ke Gaza, meskipun hampir 30.000 warga Palestina terbunuh dan ratusan ribu lainnya terpaksa mengungsi ke perbatasannya.

Kekhawatiran utama Mesir mengenai serangan Rafah adalah masuknya warga Palestina dalam jumlah besar, bukannya perdamaian dengan Israel.

“Pendudukan kembali Rafah, termasuk atau tidak termasuk Koridor Philadelphi, pada dasarnya tidak ditolak,” kata Sabry. “Itu diterima dalam keadaan tertentu.”

Bagi Mesir dan Amerika Serikat, serangan Israel terhadap Rafah, yang menurut mereka merupakan markas empat batalion Hamas, dapat diterima selama ada tempat bagi warga sipil Palestina untuk melarikan diri dengan aman.

“Ini satu-satunya syarat,” kata Sabry.



Daerah Penyangga

Memang benar, ke mana warga Palestina bisa mengungsi jika Israel pindah ke Rafah adalah pertanyaan besar bagi Mesir dan komunitas internasional. Ada indikasi bahwa Mesir sedang mempersiapkan masuknya pengungsi.

Pada hari Rabu, Yayasan Hak Asasi Manusia Sinai mengatakan pihak berwenang Mesir sedang mempersiapkan zona penyangga sepanjang 10 km untuk menerima pengungsi Palestina.

Kontraktor yang mengerjakan proyek tersebut mengatakan kepada kelompok hak asasi independen bahwa pekerjaan tersebut dilakukan di bawah pengawasan Otoritas Teknik Angkatan Bersenjata, dan diperkirakan akan selesai dalam waktu 10 hari.

Citra satelit yang dirilis pada Kamis menunjukkan pembangunan tembok beton di sepanjang perbatasan. The Wall Street Journal melaporkan bahwa pihak berwenang sedang membangun “pagar berdinding” seluas 8 meter persegi untuk menampung hingga 100.000 warga Palestina. Sejumlah besar tenda telah dikirim ke lokasi tersebut.

Sebuah sumber militer, yang berbicara kepada MEE tanpa menyebut nama, membenarkan laporan Sinai Foundation, namun membantah bahwa Mesir akan menerima “masuknya warga Palestina dalam jumlah besar”.

Dia mengatakan pembangunan tersebut “untuk menciptakan kawasan terpusat untuk membatasi infiltrasi militan ke Sinai dan bersiap menghadapi kemungkinan terburuk.”
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3012 seconds (0.1#10.140)