Kisah Mahmoud dan Shaima: Merayaan Perkawinan di Kamp Gaza

Selasa, 20 Februari 2024 - 18:15 WIB
loading...
Kisah Mahmoud dan Shaima: Merayaan Perkawinan di Kamp Gaza
Mahmoud, 23, dan Shaima Khaziq, 18, telah merencanakan untuk menikah lebih dari delapan bulan yang lalu. Foto/Ilustrasi: Al Jazeera
A A A
Di tengah kamp darurat bagi para pengungsi di Deir el-Balah, Jalur Gaza tengah, suasana dipenuhi dengan suara perayaan. Puluhan orang berkumpul untuk merayakan pernikahan pasangan Palestina dari utara.

Mahmoud, 23, dan Shaima Khaziq, 18, telah merencanakan untuk menikah lebih dari delapan bulan yang lalu, namun menunda acara tersebut karena perang Israel di Gaza meletus sejak Oktober lalu.

Selama lebih dari dua bulan, pasangan pengungsi tersebut, bersama keluarga mereka, tinggal di kamp darurat di Deir el-Balah setelah terpaksa meninggalkan lingkungan Shujayea di Kota Gaza. “Kami meninggalkan rumah kami di tengah pemboman dan tembakan, mencari perlindungan di sini, sehingga menunda pernikahan kami,” kata Mahmoud kepada Al Jazeera.

“Kami berharap menunggu sampai akhir perang untuk merayakannya, namun karena perang belum terlihat berakhir, kami memutuskan untuk merayakannya dengan sederhana,” katanya.



Pasangan ini mengadakan upacara sederhana dengan harapan dapat membawa kegembiraan di hati mereka dan tetangga serta teman-teman mereka yang mengungsi.

Di bawah tenda kain dan nilon, anggota keluarga dan simpatisan berkumpul untuk menyaksikan pernikahan tersebut. Shaima dikelilingi oleh ibu, saudara perempuan, dan teman-temannya, sementara para wanita di luar menyanyikan lagu. Wajah Mahmoud berseri-seri dengan kebahagiaan saat dia memegang tangan Shaima.

Itu adalah peristiwa yang menyedihkan.

“Kegembiraan kami hari ini terasa belum lengkap,” kata Mahmoud. “Kami mengharapkan ketenangan, merayakannya di aula acara besar, dan kembali ke apartemen kami, yang kini hancur akibat bom."

Shaima menggambarkan kebahagiaan mereka sebagai “pahit manis”.

“Kami memimpikan sebuah pernikahan dalam keadaan normal, dengan gaun yang indah, namun kerusakan akibat perang merenggut segalanya dari kami,” katanya. “Rumah kami, harta benda kami, semuanya hancur.

“Namun, kami tidak membiarkan keputusasaan menang. Kami akan merayakannya, bahkan di tengah kehancuran.”



Sejak 7 Oktober 2023, Gaza telah mengalami perang dahsyat yang dilancarkan Israel, yang mengakibatkan puluhan ribu korban sipil, terutama anak-anak dan perempuan. Konflik tersebut telah meninggalkan krisis kemanusiaan yang belum pernah terjadi sebelumnya dan kerusakan infrastruktur yang meluas.
(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2321 seconds (0.1#10.140)