Mustajabnya Doa di Waktu Buka Puasa dan Waktu Sahur, Jangan Lupa Amalkan!

Senin, 11 Maret 2024 - 12:51 WIB
loading...
Mustajabnya Doa di Waktu Buka Puasa dan Waktu Sahur, Jangan Lupa Amalkan!
Semua waktu di bulan Ramadan adalah waktu mustajab untuk berdoa. Namun ada dua waktu yang jangan dilewatkan untuk berdoa terlebih dahulu, yang doanya langsung menembus langit, yakni waktu saat berbuka puasa dan waktu sahur. Foto ilustrasi/SINDOnews
A A A
Semua waktu di bulan Ramadan adalah waktu mustajab untuk berdoa . Namun ada dua waktu yang jangan dilewatkan untuk berdoa terlebih dahulu, yang doanya langsung menembus langit, yakni waktu saat berbuka puasa dan waktu sahur. Berikut penjelasannya:

1. Doa di Waktu Berbuka Puasa

Di dalam Al-Qur’an, terdapat sebuah ayat yang membahas umum perihal doa. Namun menurut Ibnu Katsir, ayat tersebut turun di antara penyebutan hukum puasa. Berikut bunyi ayatnya, Rabb Ta’ala berfirman,

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo’a apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al Baqarah: 186).

Ibnu Katsir dalam tafsirnya memaparkan bahwa perihal doa dalam ayat tersebut menunjukkan anjuran untuk memperbanyak doa. “(Adanya) anjuran memperbanyak doa ketika bulan itu sempurna, bahkan diperintahkan memperbanyak doa di setiap kali berbuka puasa.”

2. Doa di Waktu sahur

Waktu sahur, termasuk dalam waktu sepertiga malam terakhir yang menjadi waktu mustajab untuk berdoa. Terkabulnya doa di waktu sahur pun masuk dalam keumuman hadis keutamaan malam yang terakhir.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu, Rasulullah bersabda, “Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, ‘Siapa saja yang berdo’a kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni’.” (HR.Bukhari dan Muslim).

Allah juga berfirman dalam Al Qur’an Al Karim,

وَبِالۡاَسۡحَارِ هُمۡ يَسۡتَغۡفِرُوۡنَ


“Ketika waktu sahur (akhir-akhir malam), mereka berdoa memohon ampunan.” (QS. Adz Dzariyat: 18).



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1282 seconds (0.1#10.140)