Masjid Tokyo Mengundang Non-Islam Buka Puasa Bersama

Kamis, 21 Maret 2024 - 02:00 WIB
loading...
Masjid Tokyo Mengundang Non-Islam Buka Puasa Bersama
Buka puasa bersama dengan non-muslim di Masjid Tokyo. Foto: Daily Sabah
A A A
Masjid Tokyo mengadakan buka puasa bersama dengan mengundang non-Muslim Jepang . Non-Muslim yang berpartisipasi dalam tur budaya di masjid tersebut pada siang hari, belajar tentang Islam dan berbuka puasa bersama.

Seorang warga Jepang bernama Iwata mengatakan bahwa dia pernah ke masjid tersebut sebelumnya, dan menambahkan: "Makan bersama itu menyenangkan. Saya datang setiap tahun. Saya rasa saya tidak bisa merasakan suasana seperti itu di tempat lain di Jepang."

"Saya suka suasana di sini. Tidak ada bangunan seperti ini di Jepang. Saat saya datang ke sini, saya merasa seperti berada di Türkiye."

Masjid Tokyo memang berafiliasi dengan Kepresidenan Urusan Agama Turki (Diyanet).



Iwata menyatakan bahwa di Jepang, ada kepercayaan lokal mengenai "puasa serupa di mana Anda minum air tetapi tidak makan."

“Saya merasakan persatuan selama Ramadan,” kata Nanbaryuu, seorang mahasiswa yang tinggal di ibu kota. Ia mengaku mengunjungi Masjid Tokyo karena menyukai budaya Islam yang ia pelajari di negara Muslim yang pernah ia kunjungi sebelumnya.

Pengunjung lainnya, Saito, juga menyatakan bahwa dia tinggal di Uni Emirat Arab (UEA) selama lima tahun dan belum pernah berpuasa sebelumnya, namun dia menyukai "ide dan suasana acara buka puasa" di masjid.

“Menyenangkan sekali bisa mengetahui berbagai budaya,” kata seorang siswa sekolah menengah bernama Kanon. Kanon mengaku baru pertama kali datang ke masjid tersebut dan baru pertama kali merasakan apa arti bulan Ramadan dalam Islam.

Kanon menggambarkan betapa bahagianya orang-orang yang berpuasa dan tidak berpuasa diundang untuk berbuka puasa di masjid.

Menyatakan bahwa "budaya Islam dapat disentuh" dengan datang ke Masjid Tokyo, Kanon mengatakan, "Saya rasa ada gunanya melihat salat dan mengenal berbagai budaya."



Adem Levent, yang mengambil alih posisi barunya sebagai imam Masjid Tokyo pada bulan Februari, mengatakan, "Tamu kami pada hari kerja rata-rata berjumlah 400-500 orang dan jumlah ini meningkat menjadi 700 pada akhir pekan." Ia menyatakan, peminat terhadap masjid meningkat memasuki bulan Ramadan.

Levent menyatakan, mereka menerima tamu Jepang dengan sistem janji temu, memberikan informasi tentang puasa dan menjawab pertanyaan tentang Islam.

Menjelaskan bahwa masyarakat Jepang menunjukkan minat yang besar terhadap Mukabele (pembacaan tradisional Al-Qur'an selama Ramadan) sebelum salat magrib, Levent berkata: "Duduk di meja buka puasa dan berbuka puasa bersama kami memberi mereka perasaan istimewa. Mereka melihat sekeliling dan bertanya dengan senyuman di wajah mereka mengapa puasa di sini dibatalkan secara kolektif. Mereka pulang dengan perasaan puas dan berterima kasih kepada kami dengan janji akan mengunjungi masjid lagi."

Mereka melaksanakan Tarawih setelah buka puasa, Levent berkata: "Tahun lalu saya berada di Bulgaria. Tahun ini saya diberkati berada di sini. Sungguh perasaan yang sangat menyenangkan yang tidak dapat saya bayangkan."

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1873 seconds (0.1#10.140)