Tradisi Anak-Anak Arab Saudi di Malam bulan Ramadan: Salah Satunya Main Kartu

Minggu, 24 Maret 2024 - 02:00 WIB
loading...
Tradisi Anak-Anak Arab Saudi di Malam bulan Ramadan: Salah Satunya Main Kartu
Bulan suci Ramadan adalah kesempatan bagi keluarga dan sahabat untuk berkumpul dan meningkatkan semangat kebersamaan dan kegembiraan. Foto: Arab News
A A A
Bulan suci Ramadan adalah kesempatan bagi keluarga dan sahabat untuk berkumpul dan meningkatkan semangat kebersamaan dan kegembiraan. Begitu juga yang terjadi di Arab Saudi .

Arab News melansir, meskipun permainan seperti carrom, UNO, Jackaroo, Cluedo, dan Jenga dinikmati sepanjang tahun, namun permainan tersebut memiliki arti khusus selama bulan puasa .

Menekankan pentingnya memperkuat ikatan keluarga, Ramadan mendorong peningkatan interaksi sosial di antara orang-orang terkasih, dengan permainan ini memainkan peran sentral dalam pengalaman kolektif.



Bermain permainan kartu seperti tarneeb atau baloot mempunyai tempat penting dalam budaya Saudi. Setelah berakhirnya puasa dan salat Tarawih larut malam, orang dewasa dalam keluarga dan kelompok teman sering memilih untuk menghabiskan malam mereka dengan bermain permainan kartu.

“Di bulan ini, keluarga-keluarga, termasuk mereka yang sudah lama tidak kita temui, berkumpul. Pertemuan kami berubah menjadi percakapan keluarga yang meriah sambil menikmati permainan kartu yang menantang. Kami bersenang-senang mengobrol dan tertawa, sambil mematuhi aturan ketat permainan ini,” kata Mohammed Hamzah, yang memproklamirkan dirinya sebagai “raja kartu”.

Berkaca pada pengalamannya, ia menambahkan: “Saya belajar bermain kartu dari ayah saya, dan ini adalah permainan tradisional yang memiliki akar yang dalam. Kadang-kadang, permainan kartu dimainkan di tempat-tempat di Al-Balad, dan tenda khusus dengan pengaturan tempat duduk disiapkan untuk bermain selama Ramadan.”

Abdullah Ghamdi, salah satu penggila permainan kartu, menekankan pentingnya menyediakan hiburan untuk menyatukan generasi muda, dibandingkan asyik dengan ponsel dan televisi.

“Melakukan kegiatan yang menyenangkan dapat mempersatukan individu, mempererat hubungan, dan menumbuhkan rasa persahabatan dalam masyarakat. Tradisi bermain kartu yang terinspirasi dari nenek moyang kita telah dianut di Arab Saudi, dimana permainan ini dimainkan dengan semangat sportivitas dan keadilan,” ujarnya.



Banyak toko yang menawarkan paket Ramadan khusus untuk anak-anak, termasuk permainan dan buku Islami. Beberapa toko online menyediakan kegiatan menarik dalam kotak Ramadan agar anak-anak muda dapat belajar dan berpartisipasi dalam kegiatan yang berkaitan dengan bulan suci.

Salah satu toko, Lionstory, menawarkan buku pribadi yang merinci tradisi dan kewajiban selama Ramadan, menjadikannya pilihan hadiah yang bermakna.

Toko ini menyediakan buku khusus tentang tradisi Ramadan yang cocok untuk anak-anak berusia 3 hingga 7 tahun, boneka mewah gadis Muslim, sajadah buatan tangan, dan teka-teki langkah salat dari kayu.

Begitu pula dengan toko Wardah yang menawarkan cerita-cerita Islami yang dapat dibagikan dan dibacakan kepada anak-anak disertai dengan kegiatan seni.

Membaca buku-buku ini dapat mempersatukan keluarga dan anak-anak dalam terlibat dalam pendidikan Islam. Bagi mereka yang ingin mendalami sejarah Islam lebih jauh, Toko Buku Jarir menawarkan Permainan Kartu Trivia Islami yang menampilkan peristiwa-peristiwa penting mulai dari zaman Nabi Muhammad hingga kehidupan berbagai sahabat, serta nama-nama Allah.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1507 seconds (0.1#10.140)