Mengapa Penamaan Malam Mulia Itu Lailatul Qadar?

Jum'at, 29 Maret 2024 - 02:00 WIB
loading...
Mengapa Penamaan Malam Mulia Itu Lailatul Qadar?
Sesungguhnya pada malam lailatul Qadar ini, Allah menetapkan (at-taqdiir) semua rizeki. Ilustrasi: Ist
A A A
Lailatul Qadar merupakan malam yang paling utama. Malam ini dimuliakan oleh Allah daripada malam-malam lainnya. Maka, ia merupakan malam yang penuh keberkahan sebagaimana yang difirmankan Allah Jalla wa ‘Alaa:

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ

Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi.” [ QS ad-Dukhaan/44 : 3]

Imam al-Qurthubi dalam tafsirnya mengatakan, “Allah mensifati malam ini dengan keberkahan, karena Dia menurunkan kepada hamba-hamba-Nya berbagai berkah, kebaikan dan pahala pada malam yang mulia ini.”

Lalu, mengapa penamaan malam mulia itu dengan nama Lailatul Qadr?



Dr Nashir bin ‘Abdirrahman bin Muhammad al-Juda’i dalam bukunya berjudul "At Tabaruk Anwaa’uhu wa Ahkaamuhu" yang dalam edisi Indonesia menjadi "Amalan Dan Waktu Yang Diberkahi" menyebut beberapa pendapat.

Pertama, mengapa penamaan malam mulia itu dengan nama Lailatul Qadr karena sesungguhnya pada malam lailatul Qadar ini, Allah menetapkan (at-taqdiir) semua rezeki , ajal kematian dan semua peristiwa untuk setahun ke depan, dan para malaikat mencatat semua hal itu.

Kedua, kemulian (al-Qadr), kehormatan dan suasana malam ini disebabkan oleh diturunkannya (permulaan) al-Qur-an, atau pada malam ini para Malaikat turun atau turunnya keberkahan, rahmat dan maghfirah pada malam kemuliaan ini.

Ketiga, orang yang menghidupkan malam ini akan mendapatkan al-Qadr (kemuliaan) yang besar, yang belum pernah dia miliki sebelumnya. Malam ini akan menambah kemuliaannya di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2052 seconds (0.1#10.140)