5 Manfaat Membaca Surat Al Mulk sebelum Tidur, Yuk Amalkan!

Rabu, 17 April 2024 - 19:53 WIB
loading...
5 Manfaat Membaca Surat Al Mulk sebelum Tidur, Yuk Amalkan!
Setidaknya ada 5 manfaat membaca Surat Al-Mulk sebelum tidur. Ilustrasi: SINDOnews
A A A
Manfaat membaca surat Al Mulk sebelum tidur menarik diketahui. Umat Islam bisa mencoba mengamalkannya untuk meraih berbagai keutamaannya.

Surat Al Mulk merupakan surat ke-67 dalam Al-Quran . Terdiri atas 30 ayat, surat ini menjadi salah satu surat yang dianjurkan untuk dihafal umat Islam.

Pada berbagai keutamaannya, Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk membaca Al Mulk sebelum tidur. Berikut ini beberapa manfaatnya yang dapat diketahui.



1. Perlindungan dari siksa kubur

Pada sejumlah hadis disebutkan bahwa surat Al Mulk kelak bisa melindungi dan membela pembacanya dari siksa kubur. Diriwayatkan dari Ibnu Abbas yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

"Surah Al-Mulk adalah surah yang memiliki tiga puluh ayat dan menyelamatkan orang yang membacanya dari siksa kubur." (HR An-Nasa'i).

Selain itu, dari Ibnu Abbas yang mengatakan bahwa salah seorang sahabat Nabi Saw pernah membuat tenda di dekat sebuah kuburan, padahal ia tidak mengetahui bahwa tempat itu adalah kuburan. Kemudian, ia baru menyadari bahwa itu adalah kuburan seseorang dan ia mendengarnya sedang membaca surat Al-Mulk hingga khatam.

Segera, ia datang kepada Nabi SAW dan bertanya, "Wahai Rasulullah, aku telah memasang tendaku di dekat sebuah kuburan, sedangkan aku tidak menyadari bahwa tempat itu adalah kuburan. Tiba-tiba kudengar dari dalamnya seseorang membaca surat Al-Mulk sampai selesai."

Maka Rasulullah SAW pun bersabda:

هِيَ الْمَانِعَةُ هِيَ الْمُنْجِيَةُ تُنْجِيهِ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ

Artinya: “Itu adalah surat penangkal dan juga penyelamat, yang menyelamatkan pembacanya dari siksa kubur”



2. Penolong di hari kiamat

Berikutnya adalah mendapat pertolongan di hari kiamat. Dalam hal ini, surat Al Mulk kelak dapat menjadi penolong pembacanya di hari kiamat.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: "Bahwasannya satu surat dari kitab Allah yang isinya 30 ayat, dapat memberikan syafaat pada seseorang pada hari kiamat, mengeluarkannya dari neraka dan memasukkannya ke surga yaitu Surat 'Tabarak'. (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)

3. Dibela hingga masuk surga

Surat Al Mulk kelak juga bisa menjadi pembela pembacanya agar kelak masuk surga, tentunya dengan izin Allah SWT. Hal ini pernah disampaikan dalam sebuah hadis berikut.

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

سُورَةٌ فِي الْقُرْآنِ خَاصَمَتْ عَنْ صَاحِبِهَا حَتَّى أَدْخَلَتْهُ الْجَنَّةَ: تَبارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ

Artinya: “Ada suatu surat yang membela pembacanya hingga memasukkannya ke dalam surga, yaitu Tabarakal Lazi Biyadihil Mulku”

Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1064 seconds (0.1#10.140)