Inilah 6 Rekomendasi Pondok Pesantren Modern di Lampung

Sabtu, 27 April 2024 - 10:52 WIB
loading...
Inilah 6 Rekomendasi Pondok Pesantren Modern di Lampung
Pondok Pesantren Madarijul Ulum Lampung dan para santriwatinya. Foto istimewa
A A A
Sedikitnya ada 5 pondok pesantren terbaik yang berlokasi di Bandar Lampung. Model pendidikan ini merupakan salah satu jalan yang dapat dipilih ketika hendak memperdalam Ilmu Agama.

Kehadiran pondok pesantren yang semakin marak ini memang dapat menjadi pilihan untuk meneruskan jenjang pendidikan. Kebanyakan orang mengirimkan anaknya ke pesantren agar lebih mengenal dan memahami agama Islam.

Lampung sendiri diketahui merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki banyak pondok pesantren. Ada sekitar 63 total dengan santrinya yang lebih dari 4.000 siswa.

Berikut 5 Rekomendasi Pondok Pesantren Modern di Lampung :

1. Pondok Pesantren Mahasiswa Darussa’adah

Pondok Pesantren yang lokasinya di daerah Universitas yang berada di Lampung ini merupakan pesantren khusus bagi mahasiswa.

Universitas Lampung, UIN, Universitas Mitra Indonesia (UMITRA) merupakan deretan kampus besar yang mengelilinginya.

Selain berada di Lampung, Pondok Pesantren ini juga ada cabang yang terletak di Pulau Jawa. Ajaran agama yang nantinya dapat diperoleh diantaranya pendalaman kitab kuning. Kajian fiqih, sharf, nahwu, tafsir, tauhid, dal lain sebagainya.

Konsumsi nantinya juga akan ditanggung bersama melalui iuran. Pondok Pesantren ini beralamat lengkap di Jalan Purnawirawan 7 Gg. H. Abdul Latif, Kelurahan Gunung Terang, Kecamatan Langkapura, Kota Bandar Lampung.

2. Pondok Pesantren Darul A’mal

Pondok Pesantren yang berlokasi di Jalan Pesantren Mulyojati 16 B, Kelurahan Mulyojati, Kecamatan Metro Barat, Kota Metro, Provinsi Lampung ini memiliki ribuan santri.

Pendidikan formal yang diselenggarakan Pondok Pesantren Darul A’mal dimulai dari tingkatan MI hingga MA dan SMK Darul A'mal.

3. Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Bersanad Miftahul Jannah

Pondok Pesantren yang baru berdiri pada 2010 ini juga memiliki spesialisasi di bidang Al Quran. Jenjangnya sendiri dapat diikuti mulai dari SD hingga SMA.

Nantinya untuk jenjang SMP akan diberikan target target untuk menghafal Al-Qur’an 30 juz dalam waktu 3 tahun. Selain itu terdapat juga program khusus menghafal Al-Qur’an 30 juz tanpa sekolah.

Untuk lokasinya sendiri Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an berada di Jalan H Komarudin-Bhayangkara Gg. Kutilang, Rajabasa Raya, Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung.

4. Pondok Pesantren Al Hikmah Bandar Lampung

Pesantren dengan corak NU ini memiliki fasilitas pembelajaran yang cukup lengkap dengan lab Bahasa, lab computer, klinik kesehatan, lapangan olahraga, perpustakaan dan berbagai fasilitas lainnya.

Selain kegiatan belajar mengajar ada juga berbagai kegiatan ekstrakulikuler seperti bela diri, kepramukaan, drumband, qasidah, pengembangan jurnalistik, dan lainnya.

Untuk saat ini Pondok Pesantren tersebut hanya menyelenggarakan pendidikan di tingkat MTS-MA. Sementara lokasinya Jalan Sultan Agung Gg Raden Saleh Raya No.23, Kedaton, Kec. Kedaton, Kota Bandar Lampung.

5. Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor 9

Pondok Pesantren Gontor telah menjadi salah satu pesantren yang telah banyak tersebar di berbagai wilayah di Indonesia dengan kurikulum pendidikannya yang mengacu pada sama seperti di Gontor Pusat.

Letaknya sendiri berada di Kubu Panglima, Tajimalela, Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung. Bisa dibilang pondok pesantren modern ini merupakan salah satu yang terbaik.

6. Pondok Pesantren Madarijul Ulum

Keunggulan dari Pondok Pesantren ini ialah memiliki banyak santri yang berprestasi dalam berbagai perlombaan. Salah satunya dalam bidang hafiz dan tilawah Al Quran.

Hal tersebut memang berkaitan dengan program khusus yang diusung pesantren ini yaitu bidang seni baca al Qur’an.

Suasana di sekitarnya juga asri dan sejuk sehingga menambah kenyamanan dalam belajar dan berkegiatan. Alamat lengkapnya berada di Jalan Wan Abdul Rahman, Gang Simpang Makmur Nomor 1, Kampung Cibiah, Batu Putu, Kecamatan Telukbetung Barat, Kota Bandar Lampung.

(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1150 seconds (0.1#10.140)