Dubes Kanada Akui Pentingnya Agama, Budaya dan Ekonomi Madinah bagi Arab Saudi

Sabtu, 18 Mei 2024 - 08:55 WIB
loading...
Dubes Kanada Akui Pentingnya Agama, Budaya dan Ekonomi Madinah bagi Arab Saudi
Duta Besar Jean-Philippe Linteau (kanan), Konsul Kehormatan Kanada di Jeddah, Mohammed Attar (kiri) dan Sekretaris Kedua Kedutaan Besar Kanada di Riyadh, Kamiliya Akkouche (tengah) mengunjungi Masjid Nabawi. Foto: Arab News
A A A
Baru-baru ini Duta Besar Kanada untuk Kerajaan Arab Saudi , Jean-Philippe Linteau, memulai kunjungan pertama ke kota suci Madinah . Kunjungan ini penting karena ini adalah perjalanan pertama duta besar Kanada untuk Arab Saudi ke Madinah dalam lebih dari 10 tahun.

"Hal ini merupakan bagian dari keterlibatan saya yang lebih luas dengan warga Saudi di semua tingkatan dan di berbagai wilayah di Kerajaan, menyusul pemulihan hubungan diplomatik penuh antara Kanada dan Arab Saudi pada tahun 2023," tulis Jean-Philippe Linteau dalam artikelnya berjudul "Madinah embodies the spirit of the new Saudi Arabia" yang dilansir Arab News 17 Mei 2024.



Berikut selengkapnya catatan Jean-Philippe Linteau tersebut:

Saya sangat menikmati bertemu dengan warga Saudi di Riyadh dan di seluruh Kerajaan. Saya selalu terkesan akan keramahtamahan mereka, dorongan mereka untuk mewujudkan Visi 2030 dan harapan mereka untuk masa depan.

Dengan kunjungan ini, saya ingin mengakui pentingnya agama, budaya dan ekonomi Madinah bagi Arab Saudi. Dua Masjid Suci, dua situs paling suci dalam Islam, berada di bawah pengawasan Raja Salman. Tempat suci kedua, Masjid Nabawi, berada di Madinah, sebuah kota yang terus memainkan peran penting dalam memajukan kepemimpinan tradisional Arab Saudi di dunia Muslim.

Kunjungan ini juga dimaksudkan untuk menyampaikan kepada 2 juta Muslim yang tinggal di Kanada (yang merupakan lebih dari 5 persen total populasi) bahwa saya fokus pada isu-isu yang penting bagi mereka sebagai duta besar mereka untuk Arab Saudi, terutama karena Kerajaan Arab Saudi memainkan peran penting dalam memfasilitasi pengalaman ziarah yang memuaskan bagi mereka.

Dengan dimulainya musim haji, banyak warga Muslim Kanada yang akan melakukan perjalanan ke Kerajaan Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji dan akan disambut dengan aman dan hangat.

Secara lebih luas, jutaan umat Islam dari berbagai negara berbondong-bondong ke Madinah untuk menunaikan ibadah haji dan umrah setiap tahunnya, termasuk peningkatan jumlah warga Kanada.



Faktanya, sebagai bagian dari Program Pengalaman Haji Visi 2030 di bawah kepemimpinan Menteri Haji dan Umrah Tawfiq Al-Rabiah, Kerajaan Saudi menargetkan untuk menerima 30 juta jamaah pada tahun 2030, naik dari sekitar 15 juta pada tahun ini.

Saya menyaksikan secara langsung selama kunjungan saya bagaimana Madinah menerima tantangan ini, meningkatkan penawaran keramahtamahannya dan mendiversifikasi pilihan tujuan untuk memasukkan lebih banyak pilihan keagamaan dan non-agama bagi para peziarah yang mengunjungi kota tersebut.

Saya juga mengadakan diskusi konstruktif dengan lawan bicara Saudi, termasuk pertemuan bermanfaat dengan Gubernur Madinah Pangeran Salman bin Sultan, serta Walikota Madinah Fahad Al-Bulihshi. Di bawah kepemimpinan mereka, kemajuan besar sedang dibuat di kota ini dalam hal mewujudkan Program Kualitas Hidup Visi 2030 demi kepentingan penduduk dan pengunjung Saudi.

Sambil mewujudkan Visi 2030 dan mengembangkan penawaran wisata, kepemimpinan Saudi masih berupaya melestarikan dan melindungi keaslian dan integritas Madinah.

Saya senang bisa merasakan kekayaan warisan Islam dan sejarah kota ini dengan mengunjungi Museum Biografi Nabi dan Peradaban Islam serta situs lain seperti Gunung Uhud. Terbukti bahwa Provinsi Madinah memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada pengunjung Kanada dan internasional, termasuk situs arkeologi dan situs warisan yang kaya untuk dilihat, seperti Situs Warisan Dunia UNESCO AlUla dan lokasi alam menakjubkan di dekat Laut Merah.

Di Kanada, keberlanjutan juga merupakan bagian integral dari etos nasional kita. Kami menyadari pentingnya menyelaraskan upaya kami dengan prioritas Arab Saudi, khususnya dalam memajukan pembangunan berkelanjutan dan mitigasi perubahan iklim.



Selama di Madinah, saya berkesempatan mengendarai sepeda Careem, jaringan sepeda listrik publik pertama di Arab Saudi. Betapa menyenangkannya bersepeda keliling Madinah.

Solusi Perkotaan PBSC Kanada adalah mitra dalam proyek ini, yang menawarkan pilihan transportasi berkelanjutan bagi pengunjung untuk menjelajahi kota dengan cara yang ramah lingkungan, mengurangi kemacetan lalu lintas dan tingkat kebisingan.

Komitmen terhadap keberlanjutan ini juga tercermin dalam rencana pengembangan dan rehabilitasi Wadi Al-Aqeeq, salah satu landmark geografis dan sejarah paling terkenal di wilayah Madinah dan sedang dibentuk menjadi oasis hijau di dalam kota.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1616 seconds (0.1#10.140)
pixels