Benarkah Linda Dirasuki Roh Vina Cirebon? Ini Jawaban Ustaz Faizar

Jum'at, 31 Mei 2024 - 13:01 WIB
loading...
Benarkah Linda Dirasuki Roh Vina Cirebon? Ini Jawaban Ustaz Faizar
Ustaz Faizar Foto istimewa
A A A
Polemik soal Linda yang dirasuki roh Vina Cirebon menjadi bola panas yang terus bergulir di tengah masyarakat. Ada sebagian orang percaya, namun tak sedikit pula yang menyangkalnya.

Sekadar informasi, semua ini berkaitan dengan kasus pembunuhan yang menimpa Vina Cirebon pada 2016 lalu. Sebagaimana diketahui, kasusnya belum tuntas dan masih terus diselidiki sampai sekarang.

Pada perjalanan penuntasan kasusnya, muncul beberapa orang yang disebut dekat dengan Vina, termasuk Linda. Beberapa kali, ia bahkan diduga kesurupan roh almarhum Vina. Benarkah demikian?

Benarkah Linda Dirasuki Roh Vina Cirebon?

Berkaitan dengan narasi yang menyebut Linda kerasukan roh Vina, terdapat pandangan berbeda di antara beberapa orang. Sebagai contoh, bisa diambil dari pendapat Ustaz Faizar yang disampaikannya baru-baru ini dalam sebuah podcast di kanal YouTube RJL 5 - Fajar Aditya.

Sebagai informasi, Ustaz Faizar ini dikenal sebagai sosok pendakwah yang juga kerap memakai metode ruqyah syariah . Ia pun cukup sering berkolaborasi dengan sejumlah influencer atau tokoh kenamaan di Tanah Air.

Pertama, Ustaz Faizar merasa miris terkait banyaknya narasa yang menyebut Linda kesurupan karena roh dari almarhum Vina. Menurutnya, roh orang yang sudah meninggal tidak bisa merasuki tubuh manusia apalagi gentayangan.

"Saya miris ketika ada orang yang mempercayai bahwa itu adalah rohnya mba Vina. Karena yang namanya roh orang meninggal itu tidak bisa merasuki tubuh manusia, apalagi gentayangan. Mereka sudah ada di alam yang namanya barzah," ucap Ustaz Faizar sebagaimana dikutip dari kanal YouTube RJL 5 - Fajar Aditya, Jumat (31/5/2024).

Lebih lanjut, Ustaz Faizar merujuk pada surat Al Mu'minun ayat 99-100. Jadi, para roh itu akan tetap di alam barzakh sampai hari kebangkitan.

"Makannya ketika ada orang yang mengatakan mba Linda ini kesurupan ruh dari sahabat atau temannya (Vina), maka ini wajib disanksikan, tidak benar," lanjut Ustaz Faizar.

Terkait penyebab Linda yang kesurupan, Ustaz Faizar menyebut ada beberapa faktor yang mungkin memicunya. Misal karena gangguan jin, rekaman alam bawah sadar, atau potensi gangguan lain seperti post-traumatic stress disorder (PTSD).

Merujuk pada hadis dan Al Qur'an, Ustaz Faizar juga belum pernah menemukan bahwa ada jin yang dapat membantu mengungkap sebuah kasus. Maka dari itu, ketika ada orang kesurupan jin, perkataannya tidak bisa dipercaya.

Intinya, semua itu harus diteliti dengan seksama dan hati-hati, lalu jangan buru-buru menyimpulkan. Lebih jauh, Ustaz Faizar sendiri mengaku tidak bisa berkata banyak karena belum pernah bertemu juga dengan Linda dan tidak mengetahui asal-usulnya.

"Maka, saya cuma kasih statement bahwa kesurupan itu penyakit mas. Terlepas itu dari jin atau apa, yang jelas itu penyakit dan bukan dari roh orang yang sudah meninggal" ucap Ustaz Faizar.

Demikian ulasan mengenai pandangan Ustaz Faizar terkait polemik Linda dirasuki roh Vina Cirebon.

(wid)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2216 seconds (0.1#10.140)
pixels