Habib Ali Hasan Ajak Jemaah Haji Maknai Wukuf Arafah Tempat Membuka Mata dan Tak Bedakan Manusia

Sabtu, 15 Juni 2024 - 20:01 WIB
loading...
Habib Ali Hasan Ajak Jemaah Haji Maknai Wukuf Arafah Tempat Membuka Mata dan Tak Bedakan Manusia
Habib Ali Hasan Al Bahar mengajak jemaah haji Indonesia untuk memaknai wukuf di Arafah sebagai tempat membuka mata dan tidak membeda-bedakan manusia. Foto/SINDOnews/riana rizkia
A A A
JAKARTA - Jemaah haji Indonesia hari ini melaksanakan prosesi wukuf di Arafah. Kegiatan tersebut digelar di tenda Misi Haji Indonesia dan di sebagian tenda jemaah haji lainnya.

Dalam khotbah wukuf, Habib Ali Hasan Al Bahar mengajak jemaah haji Indonesia untuk memaknai wukuf di Arafah sebagai tempat membuka mata dan tidak membeda-bedakan manusia.

"Mari kita ingat dan mengingatkan, kita mengingat keberadaan kita yang semua berbaju putih berselimut kain ihram. Pakaian kita sama dan harapan kitapun sama. Keanggunan Arafah betul-betul kita rasakan pada siang hari ini," katanya dilansir dari YouTube Kemenag RI, Sabtu (15/6/2024).



"Arafah tempat yang membuka mata hati kita, melihat diri kita sebagai manusia dan melihat manusia lainnya dengan pandangan kemanusiaan," sambungnya.

Di sisi lain, Habib Ali Hasan mengajak seluruh jemaah haji Indonesia untuk tetap menjunjung tinggi harkat martabat bangsa, dengan menjaga akhlak selama melaksanakan ibadah haji.



"Di Padang Arafah ini kita melihat seluruh saudara kita umat Islam seluruh dunia membawa panji kehormatan bangsanya masing masing, seperti itu juga kita sebagai bangsa Indonesia, membawa diri kita dalam ketinggian harga diri bangsa, akhlak di mana pun kita berada," katanya.

Dengan begitu, kata Habib Ali Hasan, Indonesia dapat menjadi gambaran Islam sebagai rahmat untuk semesta alam. "Akhlak dan karakter masyarakat Indonesia mampu memberikan gambaran yang nyata dari Islam sebagai rahmat untuk alam semesta," ucapnya.
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1472 seconds (0.1#10.140)
pixels