1,8 Juta Jemaah Haji Menerjang Cuaca Panas Ekstrem, Hari Ini Kembali ke Mina

Minggu, 16 Juni 2024 - 11:21 WIB
loading...
1,8 Juta Jemaah Haji Menerjang Cuaca Panas Ekstrem, Hari Ini Kembali ke Mina
Panas ekstrem di Arafah menjadi tantangan berat bagi jemaah haji tahun ini. Foto: Andryanto Wisnuwidodo
A A A
Sejumlah 1,8 juta jemaah haji dari seluruh dunia pada hari Sabtu kemarin menerjang sengatan matahari menuju Arafah . Saat matahari terbenam, jemaah meninggalkan Arafah, menuju Muzdalifah mengumpulkan kerikil untuk lempar jumrah . Setelah itu jemaah akan kembali ke Mina selama tiga hari, bertepatan dengan hari raya Iduladha .

Jemaah haji akan kembali ke Makkah untuk melakukan pradaksina terakhir yang dikenal dengan Tawaf Perpisahan setelah hari Tasyrik . Setelah haji selesai, laki-laki mencukur rambut mereka, dan perempuan memotong seikat rambut sebagai tanda pembaharuan.

Saat ke Arafah kemarin, suhu diperkirakan mencapai 43 derajat Celcius, sehingga menciptakan tantangan bagi jemaah yang tiba di Gunung Arafat.



Ritual di Gunung Arafah yang dikenal dengan bukit rahmat ini dianggap sebagai puncak ibadah haji. Hal ini sering kali menjadi kenangan paling berkesan bagi para peziarah, yang berdiri bersama memohon belas kasihan, berkah, kemakmuran, dan kesehatan yang baik kepada Tuhan.

Ribuan peziarah berjalan di sini melewati kegelapan dini hari. Mereka membacakan “Labbaik Allahumma Labbaik” (Ya Tuhan, inilah saya menjawab panggilan-Mu) dan ayat-ayat Al-Qur'an.

Menurut Saudi Press Agency, jumlah jamaah haji mencapai 1.833.164 orang.

Ibadah haji tahun ini dilatarbelakangi oleh perang Israel-Hamas, yang mendorong Timur Tengah ke jurang konflik regional. Sekitar 2.000 warga Palestina menunaikan ibadah haji atas undangan khusus Raja Saudi Salman.

Dalam khotbahnya di Masjid Namira di Arafat, Imam Maher bin Hamad Al-Mu'wiqly, mendesak para jamaah untuk berdoa bagi warga Palestina yang telah “dirugikan dan disakiti oleh musuh mereka” yang membunuh mereka, dan “merampas apa yang mereka butuhkan. mulai dari makanan, obat-obatan, dan pakaian.”



Sebagian besar jamaah haji di Gunung Arafah membawa payung, sementara sebagian lainnya duduk di bawah naungan. Banyak yang terlihat memercikkan air ke wajah dan tubuh mereka.

Menteri Kesehatan Saudi Fahd bin Abdurrahman Al-Jalajel mengatakan lebih dari 150 jamaah telah dirawat karena kelelahan akibat panas.

Dia menghimbau para jamaah untuk minum air dan membawa payung saat mereka menunaikan ibadah haji.

Saat matahari terbenam pada hari Sabtu, jamaah meninggalkan Gunung Arafat, menuju ke situs terdekat yang dikenal sebagai Muzdalifah untuk mengumpulkan kerikil yang akan mereka gunakan dalam pelemparan batu secara simbolis pada pilar yang melambangkan setan di Mina.

(mhy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1640 seconds (0.1#10.140)
pixels