10 Panduan Melempar Jumrah di Jamarat

Selasa, 18 Juni 2024 - 13:04 WIB
loading...
10 Panduan Melempar Jumrah di Jamarat
Prosesi melempar jumrah yang dilakukan para jemaah haji. Foto andryanto wisnuwidodo/SINDOnews
A A A
Melontar jumrah merupakan bagian dari rangkaian ibadah haji yang membutuhkan tenaga ekstra. Selain berjalan kaki yang melelahkan, jemaah Indonesia langsung berhadapan dengan jemaah negara lain yang posturnya lebih besar dan memiliki tradisi budaya yang berbeda dengan jemaah haji Indonesia .

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan agar pelaksanaan jumrah dapat dilakukan dengan aman dan nyaman.

1. Melempar Jumrah Sesuai Jadwal yang Telah Ditentukan PPIH

Sebaiknya ikuti jadwal yang telah ditetapkan oleh PPIH Arab Saudi. Melempar jumrah pada waktu yang disarankan dapat mengurangi kepadatan jemaah dan meminimalisasi risiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Gunakan Pakaian dan Alas Kaki yang Nyaman

Pilihlah pakaian yang ringan, menyerap keringat, dan tidak terlalu ketat. Meski menggunakan seragam KBIH atau travel, usahakan untuk tetap memperhatikan kerapian dan kesopanan.

Selain itu, gunakan alas kaki yang nyaman. Hal ini penting karena perjalanan dari maktab atau hotel menuju tempat jamarat cukup panjang. Jika salah memakai model alas kaki, kaki akan terasa sakit atau melepuh.

3. Bawa Air dan Camilan yang Cukup

Selalu bawa air minum untuk menghindari dehidrasi, terutama saat cuaca panas. Bawa juga wadah minum seperti tumbler atau semacamnya. Jika kehabisan air, kamu bisa mengisi ulang di tempat-tempat pengisian air yang tersedia di area menuju jamarat.

Selain itu, bawa camilan ringan seperti buah, permen, atau makanan manis yang dapat membantu menjaga energi selama perjalanan.

4. Jangan Terpisah dari Kelompok dan Tidak Meninggalkan Anggota Kelompok

Usahakan untuk selalu bersama kelompok atau rombongan. Berjalan bersama kelompok membuat jemaah saling menjaga.

Jika ada anggota kelompok yang kelelahan, usahakan berhenti sebentar di tempat yang nyaman. Jalan pelan-pelan dan jangan tinggalkan anggota kelompok.

5. Hindari Membawa Barang Berharga

Bawa barang seperlunya dan hindari membawa barang berharga seperti perhiasan atau uang dalam jumlah besar.

Simpan barang berharga di tempat yang aman, misalnya di penginapan atau di dalam tas yang selalu berada di dekat Anda.

6. Tetap Tenang dan Sabar

Tetap tenang dan sabar dalam menghadapi keramaian. Dorong-dorongan atau terburu-buru hanya akan menambah risiko terjadinya kecelakaan.

Saling menghormati dan menjaga ketertiban adalah kunci utama untuk melempar jumrah dengan aman.

7. Ambil Sisi Jamarat yang Paling Ujung

Saat berada di lokasi melempar jumrah, ambil posisi di ujung terakhir. Jangan terburu-buru untuk melempar di sudut awal setiap jumrah. Biasanya jemaah akan fokus pada sudut awal jamarat. Sehingga terjadi penumpukan.

Melempar di sudut akhir membuat kamu mendapatkan ruang lebih luas dan memberikan tempat untuk melempar yang lebih nyaman

8. Lempar pada Bagian yang lebih Tinggi

Saat melempar jumrah, pastikan untuk melempar pada bagian yang lebih tinggi. Hal ini membantu menghindari batu mengenai jemaah lain dan memastikan batu sampai ke tempat yang dituju.

9. Hindari Berkumpul dengan Jemaah dari Negara Lain yang Memiliki Postur Badan Lebih Besar

Jika memungkinkan, hindari berkumpul atau berada di tengah-tengah jemaah dari negara lain yang memiliki postur tubuh lebih besar. Ini dapat membantu menghindari risiko terdesak atau terjepit dalam kerumunan.

10. Patuhi Arahan Petugas Haji Indonesia

Ikuti arahan petugas haji yang ada di lapangan. Mereka ada untuk memastikan keselamatan dan kelancaran pelaksanaan melempar jumrah. Jangan ragu untuk bertanya jika merasa bingung atau butuh bantuan.

Semoga dengan memperhatikan tips-tips di atas, para jemaah haji dapat melaksanakan ibadah melontar jumrah dengan aman dan nyaman.

(wid)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1289 seconds (0.1#10.140)
pixels