Kumpulan Artikel: Rukun Haji

  • Badal Haji : Pengertian, Syarat dan Hukum
    Tausyiah
    Kamis, 29 Juni 2023 - 16:24 WIB
    Pengertian tentang Badal Haji perlu dipahami oleh setiap umat muslim, supaya dalam prakteknya nanti sesuaai dengan hukum yang berlaku dan tidak salah kaprah.
  • Apakah Tahallul Harus Sampai Botak? Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Kamis, 22 Juni 2023 - 20:03 WIB
    Tahallul atau mencukur rambut merupakan salah satu rukun haji yang wajib dilaksanakan oleh setiap jamaah haji. Oleh karenanya, tidak tuntas ibadah haji jika tidak melaksanakan rukun yang satu ini.
  • Hukum Badal Haji untuk Orang yang Telah Meninggal
    Tausyiah
    Kamis, 08 Juni 2023 - 19:49 WIB
    Mengetahui hukum badal haji untuk orang yang sudah meninggal perlu diketahui oleh kaum muslim. Terutama bagi mereka yang telah mendaftar haji dan terkena musibah tersebut.
  • Bacaan Doa Wukuf di Arafah untuk Jemaah Haji 2023
    Tips
    Rabu, 31 Mei 2023 - 12:06 WIB
    Bacaan doa wukuf di Arafah menjadi informasi penting yang perlu diketahui jemaah haji. Seperti apa doanya?
  • Berikut Ini Ringkasan Rukun, Wajib Umrah dan Haji
    Tips
    Rabu, 24 Mei 2023 - 09:07 WIB
    Di antara wajib umrah dan haji adalah ihram dari miqat . Ketentuan ini adalah bagi mereka yang datang dari wilayah yang berada di belakang miqat.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Hukum dan Tata Cara Lempar Jumrah
    Tausyiah
    Rabu, 24 Mei 2023 - 06:21 WIB
    Lempar Jumrah merupakan salah satu kegiatan yang dijalani ketika melaksanakan ibadah haji. Lempar jumrah ini termasuk dalam wajib haji dan bukan rukun haji.
  • 6 Rukun Haji, Pengertian, Syarat dan Keutamaannya
    Dunia Islam
    Selasa, 23 Mei 2023 - 12:49 WIB
    Rukun haji menjadi salah satu rukun yang penting untuk diketahui oleh umat Islam. Terutama bagi mereka yang akan menyempurnakan rukun Islam yang kelima.
  • Pengertian Tawaf, Beserta Syarat dan Macamnya
    Dunia Islam
    Senin, 22 Mei 2023 - 18:47 WIB
    Tawaf merupakan salah satu rangkaian amalan yang dilakukan ketika ibadah Haji maupun Umrah. Salah satu Rukun Haji ini memiliki beberapa syarat dan macam yang harus dipahami umat muslim.
  • Syarat Wajib Haji dalam Islam yang Penting Diketahui
    Dunia Islam
    Senin, 22 Mei 2023 - 17:54 WIB
    Syarat wajib haji dalam Islam perlu diketahui setiap muslim yang akan dan berniat menunaikan ibadah haji. Sedangkan melaksanakan ibadah haji wajib hukumnya bagi yang mampu.
  • Mengenal 6 Rukun Haji, Pengertian dan Syaratnya
    Tips
    Sabtu, 06 Mei 2023 - 13:12 WIB
    Rukun haji menjadi pengetahuan penting yang perlu dipahami umat Islam. Terlebih bagi mereka yang akan berangkat menunaikan ibadah haji sebagai penyempurnaan rukun Islam kelima.
  • Bacaan Doa Mencukur Rambut Saat Ibadah Tahallul
    Tips
    Selasa, 11 Oktober 2022 - 22:10 WIB
    Tahallul merupakan bagian dari rukun haji dan umrah. Secara bahasa, Tahallul artinya boleh atau dihalalkan ditandai dengan mencukur rambut minimal 3 helai.
  • Bacaan Doa Tawaf dari Putaran Awal Hingga Akhir Lengkap Arab dan Latin
    Tips
    Selasa, 04 Oktober 2022 - 22:10 WIB
    Bacaan doa Tawaf (thawaaf) merupakan salah satu amalan yang harus dibaca ketika melaksanakan Haji atau Umrah. Tawaf termasuk bagian dari rukun Haji dan Umrah.
  • Haji Mabrur: Membaca Ulang Sai dan Mencukur Rambut Kita
    Tausyiah
    Sabtu, 16 Juli 2022 - 08:58 WIB
    Ketika berdiri di bukit Shafa, sucikan ruh dan batinmu untuk menemui Tuhan pada hari pertemuan dengan-Nya dan menempatkan diri pada pengawasan-Nya dengan membersihkan perilaku di Marwa.
  • Haji Mabrur: Penyembelihan Kurban Adalah Mengurbankan Hawa Nafsu
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Juli 2022 - 11:26 WIB
    Ketika engkau sampai di tempat penyembelihan dan melakukan kurban, apakah engkau telah mengurbankan segala hawa nafsumu? tanya Imam Junaid Al-Baghdadi.
  • Sudah Mabrurkah Haji Anda? Melihat Kembali Jejak Kita di Muzdalifah Sampai saat Melempar Jumrah
    Tausyiah
    Kamis, 14 Juli 2022 - 12:18 WIB
    Ketika engkau pergi ke Muzdalifah dan mencapai keinginanmu, apakah engkau sudah meniadakan semua hawa nafsumu? tanya Imam Junaid. Saat engkau datang ke Mina, apakah semua keinginanmu sirna?
  • Ibadah Haji, Quraish Shihab: Kumpulan Simbol-Simbol yang Sangat Indah
    Tausyiah
    Selasa, 12 Juli 2022 - 18:51 WIB
    Ibadah haji apabila dihayati dan diamalkan secara baik dan benar, maka pasti akan mengantarkan setiap pelakunya dalam lingkungan kemanusiaan yang benar.
  • Sudah Mabrurkah Haji Anda? Teliti Kembali Tawaf yang Telah Dilakukan
    Tausyiah
    Selasa, 12 Juli 2022 - 05:15 WIB
    Ketika engkau mengelilingi Kakbah (thawaf), apakah engkau sudah memandangi keindahan nonmateriil Tuhan di tempat-Nya yang suci? tanya Imam Junaid al-Baghdadi.
  • Ini Hal-Hal yang Dilakukan Jamaah Haji pada Hari Nahar, 10 Zulhijah
    Tips
    Kamis, 07 Juli 2022 - 16:18 WIB
    Amal yang utama yang dilakukan jamaah haji pada hari nahar atau 10 Zulhijah sebagaimana dicontohkan Rasulullah SAW antara lain adalah melontar jumrah aqabah sebanyak tujuh kali.
  • Ibadah Haji: Haruskah Mencium Hajar Aswad dan Mengusap Rukun Yamani?
    Tips
    Rabu, 06 Juli 2022 - 17:36 WIB
    Mereka melakukan itu dalam rangka mengikuti Rasulullah SAW dan menjadikan Beliau sebagai suri tauladan, bukan karena meyakini bahwa Hajar Aswad bisa mendatangkan manfaat atau bisa mendatangkan celaka.
  • Mabit di Mina: Berapa Lama dan Bagaimana Hukum Bermalam di Luar Mina
    Tips
    Senin, 04 Juli 2022 - 05:15 WIB
    Jamaah haji yang karena berhalangan menurut syari, misalnya karena Mina penuh sesak sehingga tidak bisa mabit atau menginap di Mina maka boleh menginap di luar Mina dan tidak terkena kifarat.