Kapan Sebaiknya Membaca Yasin Fadilah? Ini Penjelasannya

Kamis, 27 Juni 2024 - 13:52 WIB
loading...
Kapan Sebaiknya Membaca Yasin Fadilah? Ini Penjelasannya
Yasin Fa?ilah merupakan istilah yang digunakan pada rangkaian doa yang disisipkan dalam sejumlah ayat surat Yasin. Selain itu, ada pula bagian ayat yang pembacaannya diulang beberapa kali. Foto ilustrasi/ist
A A A
Kapan sebaiknya membaca Yasin Fadilah ? Pertanyaan semacam ini mungkin pernah terlintas di pikiran sebagian umat Muslim yang mengamalkannya.

Mengutip laman Repository UIN Jakarta, Yasin Faḍilah merupakan istilah yang digunakan pada rangkaian doa yang disisipkan dalam sejumlah ayat surat Yasin . Selain itu, ada pula bagian ayat yang pembacaannya diulang beberapa kali.

Dasar amalan Yasin Fadilah bisa dilihat melalui salah satu riwayat yang menyebutkan bahwa Rasulullah Saw pernah membaca doa di sela-sela bacaan Al-Qur’an. Sebagaimana disampaikan oleh Abu Hurairah:

عن أَبِي هَرَيْرَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صلّى الله عليه وسلّم كَانَ إِذَا قَرَأَ أَلَيْسَ ذَلِكَ بِقَادِرٍ عَلَى أَن يُحْيِيَ الْمَوْتَى قَالَ بَلَى وَإِذَا قَرَأَ أَلَيْسَ اللهُ بِأَحْكَمِ الْحَاكِمِيْنَ قَالَ بَلَى (رواه الحاكم رقم ٢٨٨٣ وقال هذا حديث صحيحاإسناد ولم يخرجاه تعليق الذهبي قي التلخيص : صحيح. وكذا أبو داود والترمذى وابن السنى فى عمل يوم وليلة والبيهقى عن أبي هريرة


Artinya: "Jika Rasulullah membaca akhir Surat Al Qiyamat (Ayat 40), Rasulullah menjawab: Balaa (Ya, Allah Maha Kuasa). Dan ketika beliau membaca akhir Surat At-Tiin, maka Rasulullah menjawab: Balaa, (dalam riwayat lain: Wa ana ‘ala dzalika min asy-syaahidiin, artinya: Ya, saya bersaksi)." (HR Al Hakim nomor 3882. Ia menilainya sahih dan disetujui Adz-Dzahabi. Hadits yang sama juga diriwayatkan Abu Dawud, Turmudzi, Ibnu Sunni, dan Al Baihaqi).

Lantas, kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk mengamalkan Yasin Fadilah ini? Berikut ulasannya.

Kapan Sebaiknya Membaca Yasin Fadilah?

Pada pengamalannya, Yasin Fadilah dipercaya memiliki beragam manfaat. Di antaranya seperti mendatangkan rezeki, mendapat ampunan dari Allah SWT hingga memudahkan tersampaikannya hajat atau keinginan.

Melihat beragam manfaatnya, amalan Yasin Fadilah sebenarnya bisa dikerjakan secara rutin alias setiap hari. Terlebih, jika seorang Muslim sedang memiliki hajat atau keinginan tertentu yang ingin segera dikabulkan oleh Allah Swt.

Namun, apabila dirasa tidak memungkinkan, pengamalannya juga bisa dilakukan pada malam Jumat. Sebagaimana diketahui, ada banyak keutamaan dengan membaca Surat Yasin di malam Jumat.

Jadi, terjawab sudah pertanyaan mengenai “Kapan sebaiknya membaca Yasin fadilah?”. Semoga bermanfaat.



Wallahu A'lam
(wid)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0968 seconds (0.1#10.140)
pixels