Ukuran Kebaikan Bukan Banyaknya Harta dan Tingginya Jabatan, Lalu Apa?

Sabtu, 22 Agustus 2020 - 17:10 WIB
loading...
Ukuran Kebaikan Bukan Banyaknya Harta dan Tingginya Jabatan, Lalu Apa?
Pengasuh Ponpes Sultan Fatah Semarang Ustaz Saeful Huda ketika menyampaiakan tausiyahnya. Foto/Istimewa
A A A
Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Sultan Fatah Semarang Ustaz Saeful Huda memberi nasihat indah tentang hakikat kebaikan. Beliau mengatakan bahwa kebaikan yang sesungguhnya adalah ketika seseorang bermanfaat bagi manusia lainnya.

Siapa yang tidak ingin kebaikan dan berbuat baik? Sayangnya, sebagian manusia menjadikan ukuran kebaikan adalah banyaknya harta, luasnya ilmu dan tingginya jabatan dan kedudukan. Bahkan manusia menyebut harta dengan "kebaikan" (خير/khair) sebagaimana dalam Al-Qur'an:

ﻭَﺇِﻧَّﻪُ ﻟِﺤُﺐِّ ﺍﻟْﺨَﻴْﺮِ ﻟَﺸَﺪِﻳﺪٌ

Artinya: "Dan sesungguhnya dia sangat bakhil karena cintanya kepada (Al-Khair) harta." (QS. Al 'Adiyat: Ayat 8). ( )

Ibnu Katsir rahimahullah menjelaskan:

ﻭﺇﻧﻪ ﻟﺤﺐ ﺍﻟﺨﻴﺮ – ﻭﻫﻮ : ﺍﻟﻤﺎﻝ – ﻟﺸﺪﻳﺪ

Maksudnya adalah dan dia sungguh sangat mencintai 'khair/kebaikan' yaitu harta." (Tafsir Ibnu Katsir)

Akan tetapi salah satu patokan kebaikan adalah manfaat dan memberikan manfaat. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW) bersabda:

ﺧَﻴْﺮُ ﺍﻟﻨﺎﺱِ ﺃَﻧْﻔَﻌُﻬُﻢْ ﻟِﻠﻨﺎﺱِ

"Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia." (HR. Ahmad, Shahihul Jami’ No: 3289).

( )

Ada pohon yang menjulang tinggi, tetapi tidak memberi manfaat sekitarnya tidak memberikan buah apalagi naungan yang luas. Bahkan akarnya memakan semua saripati tanah membuat kering tanaman sekitar. Itulah orang yang jabatannya tinggi, hartanya banyak dan ilmunya tinggi, tetapi tidak perduli sama sekali dengan sekelilingnya.

"Tidak ada manfaat sedikitpun darinya yang dirasakan oleh manusia. Ia hanya fokus memikirkan diri sendiri, menambah harta dan meninggikan kedudukannya. Ada yang jabatannya tidak terlalu tinggi, harta tidak banyak dan ilmu tidak terlalu banyak, namun memberi manfaat bagi orang banyak dan memudahkan urusan manusia," terang Ustaz yang pernah menimba ilmu di Hadhramaut Yaman ini.

Karena bersedekah tidak harus menunggu kaya. Membantu tidak perlu menunggu dibantu dahulu. Menghormati tidak perlu menunggu dihormati dahulu. Memberi manfaat dengan apa yang ada. Keberadaannya disenangi, ketiadaannya dinanti-nantikan. Kedatangannya disambut gembira. Kepergiaannya disedihkan bahkan ditangisi.

Demikian hakikat kebaikan yang mesti kita pupuk dan jaga hingga akhir hayat. Semoga kita termasuk golongan yang bermanfaat bagi manusia. Aamiin yaa Mujiibas Saa-iliin. ( )

Ponpes Sultan Fatah Semarang
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2420 seconds (0.1#10.140)