Biografi Imam Syafi'i, Imam Mazhab yang Nasabnya Tersambung dengan Rasulullah (2)

Minggu, 23 Agustus 2020 - 08:05 WIB
loading...
A A A
Syeikh Ahmad bercerita, ketika kuliah di Universitas Al-Azhar beliau belajar Surah Al-Fatihah sampai 7 kali. Bahkan pernah ditampar 2 kali oleh gurunya. Begitulah perjuangan menuntut ilmu.

Imam Syafi'i dikatakan memiliki 4.000 Syeikh. Imam Syafi'i dikatakan memiliki 164 murid oleh Imam Ibnu Hajar Al-Asqalani. Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

«إِنَّ اللَّهَ يَبْعَثُ لِهَذِهِ الْأُمَّةِ عَلَى رَأْسِ كُلِّ مِائَةِ سَنَةٍ مَنْ يُجَدِّدُ لَهَا دِينَهَا»

"Sesungguhnya Allah mengutus untuk ummat ini, pada setiap akhir 100 tahun, orang yang memperbarui untuk ummat agama mereka." (HR. Abu Dawud No. 4291)

Imam Ahmad bin Hanbal berkata: "Kami berpendapat pada 100 tahun yang pertama Allah mentakdirkan Umar bin Abdul Aziz. Dan pada 100 tahun berikutnya Allah mentakdirkan Imam Syafi'i ."

Imam Syafi'i Membagi Waktu Menjadi 3 Bagian:
1. 1/3 untuk Menghafal dan Mempelajari Ilmu.
2. 1/3 untuk Shalat dan Ibadah.
3. 1/3 untuk Tidur.

Beliau Menghafal Al-Qur'an dalam sebulan 30 kali khatam. Di bulan Ramadhan Beliau mengkhatamkan 60 kali. Berarti sehari 2 kali khatam. Bayangkan di zaman gak ada kipas, tidak ada karpet, tidak ada fasilitas tetapi ibadahnya luar biasa.

Imam Syafi'i memiliki banyak Kitab yang luar biasa. Adapun karya-karya beliau di antaranya:
1. Ar-Risalah.
2. Al-Hujjah.
3. Al-Umm.

Kemudian Imam Ahmad bin Hanbal mengatakan: " Imam Syafi'i seperti matahari yang menyinari dan seperti air laut yang menghilangkan dahaga."

Akhir hidup beliau terkena penyakit wasir. Dikisahkan darahnya menetes sampai mengalir ke kaki beliau, tapi Beliau masih sungguh-sungguh mengajar dan menuntut ilmu. Beliau wafat di Hari Jumat terakhir bulan Rajab Tahun 204 Hijriyah. Di sebelah makam Imam Syafi'i ada makam muridnya. Usia Beliau ketika wafat 54 tahun. Bayangkan usia 54 tahun sudah mendunia. Bayangkan kitab-kitab Beliau dipelajari di seluruh dunia. Imam An-Nawawi wafat Usia 45 tahun sudah mendunia. Bayangkan kitab-kitab beliau sampai saat ini dipelajari di seluruh dunia.

Inilah biografi singkat Imam Syafi'i agar kita bisa lebih mengenal ulama dan guru-guru kita. Semoga kelak anak-anak kita menjadi ulama dan penerus perjuangan mereka. [ ]
(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1507 seconds (0.1#10.140)