Penaklukan Mesir: Kisah Pasukan Muslim Terpukau Keindahan Kota Iskandariah

Senin, 15 Juli 2024 - 13:40 WIB
loading...
A A A


Adakah pasukan yang gagah berani itu lalu mengendor dengan mengorbankan perjuangan untuk terus menyerbu dan menaklukkannya? Tidak! Allah telah memberi ganti dengan kemenangan kepadanya. Betapapun tembok-­tembok dan benteng-benteng itu kuat dan kukuhnya, mereka tak akan mundur.

Amr melihat pasukannya yang begitu terpesona dan bersemangat itu. Tetapi dia yang terkenal sangat berhati-hati tidak ragu-ragu memerintahkan yang di depan untuk menyerbu tembok dan benteng­-benteng kota itu.

Dalam perhitungannya, kekalahan Romawi di Kiryaun tentu sudah menimbulkan ketakutan dalam hati mereka yang mempertahankan kota Iskandariah, dan mereka yakin bahwa nasib mereka tidak akan lebih baik daripada nasib kawan-kawan mereka yang sudah lari terbirit-birit itu.

Di kalangan Muslimin, sedikit pun sudah tidak ragu bahwa kota yang hebat itu akan membuka pintu begitu mendapat serangan pertama.

Dengan mengumandangkan kalimat tauhid dan takbir mereka pun segera melaksanakan perintah itu.

Hal yang masih membahayakan mereka hanyalah batu-batu besar yang dilemparkan kepada mereka dari manjaniq yang dipasang di atas tembok-tembok kota. Soalnya pihak Romawi sudah yakin bahwa ketika mereka menarik diri dari Kiryaun pasukan Arab itu akan segera menyusul, dan semangat kemenangan itu akan membuat mereka kurang berhati-hati, dan akan langsung menyerang kota.



Oleh karena itu Theodorus menyuruh pasukannya masuk ke dalam benteng dan memerintahkan mengosongkan pinggiran kota. Pelempar-pelempar manjaniq itu ditempatkan di atas tembok-tembok untuk menghujani musuh yang datang dengan batu-batu besar.

Tetapi ketika melihat hujan batu itu Amr yakin bahwa pihak Romawi sudah mengadakan persiapan dan sudah bersiap-siap diri. Ia kembali waspada dan memerintahkan anak buahnya untuk berputar kembali ke belakang sasaran manjaniq. Di tempat itulah pasukannya berkemah dan ia sendiri mulai menyusun strategi baru.
(mhy)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2898 seconds (0.1#10.140)