4 Fakta 5 Tokoh NU Temui Presiden Israel, Tindakan yang Disesalkan oleh PBNU

Senin, 15 Juli 2024 - 14:03 WIB
loading...
4 Fakta 5 Tokoh NU Temui...
Beberapa tokoh dari Ormas NU yang berkunjung dan menemui Presiden Israel beberapa waktu lalu, sangt disesalkan beberapa pihak termasuk dari PBNU sendiri. Foto google/ist
A A A
Terdapat lima tokoh Nahdlatul Ulama (NU) yang menemui Presiden Israel Isaac Herzog belum lama ini. Setelah apa yang Negeri Yahudi lakukan pada Palestina, pertemuan ini terkesan sangat kontroversial.

Terlebih, NU merupakan organisasi Agama Islam terbesar di Indonesia. Sehingga banyak orang yang bertanya-tanya akan tujuan dari tokoh NU menemui Presiden Israel .

Terlepas dari pertemuan ini, Israel belakangan tengah jadi negara yang melakukan kejahatan perang pada saudara-saudara muslim di Palestina. Total sudah ada sekitar 33.000 warga Palestina yang tewas di Gaza.

Tidak hanya itu, Israel juga telah melakukan berbagai tindakan kontroversial dalam perang, seperti menyerang rumah sakit dan gereja yang merupakan tempat pengungsian.

Fakta 5 Tokoh NU Temui Presiden Israel

1. Viral di Sosial Media

Lima tokoh NU temui Presiden Israel diperlihatkan melalui sebuah foto yang muncul di sosial media X. Lima tokoh tersebut berpose dengan Presiden Israel, Isaac Herzog dalam sebuah ruangan.

Foto itu langsung viral dan membuat heboh di dunia maya, hingga menjadi trending topik di X. Hal itu lantas disesalkan oleh banyak pihak, mengingat NU merupakan organisasi Islam besar.

2. Tidak Mengatasnamakan NU

Meskipun mereka berlima adalah tokoh muda NU, pertemuan tersebut tidaklah mengatasnamakan NU menurut penuturan Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Ahmad Fahrurozi.

Pihak PBNU juga menegaskan tak pernah mendengar ada misi bertemu Presiden Israel atas nama organisasi baru-baru ini.

Karena itu, pihak PBNU menduga jika mereka mereka menemui presiden Israel lantaran memiliki undangan tersendiri. Sebab, PBNU tak pernah mendapatkan pemberitahuan untuk berkunjung ke Israel.

3. Disesalkan Oleh PBNU

Ketua PBNU, Savic Ali menyesalkan lima Nahdliyin yang bertemu Presiden Israel Isaac Herzog. Kunjungan itu dinilai sebagai tindakan orang yang tak memahami geopolitik, tak mengerti kebijakan NU secara organisasi, serta perasaan seluruh warga NU.

Savic menegaskan, kunjungan kelima warga NU tidak atas nama organisasi. PBNU juga belum mengetahui atas dukungan pihak mana mereka berangkat ke Israel.

4. Nama-nama 5 Tokoh NU Temui Presiden Israel

Diketahui jika kelima tokoh NU yang menemui Israel adalah Gus Syukron Makmun, Dr. Zainul Maarif, Munawar Aziz, Nurul Bahrul Ulum, dan Izza Annafisah Dania.

Informasi pribadi masing-masing dari mereka masih belum diketahui secara pasti. Bahkan Ketua Tanfidziyah PBNU mengaku tak mengenal lima orang Nahdliyin yang bertemu dengan Presiden Israel tersebut.

(wid)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1690 seconds (0.1#10.140)