Seberapa Signifikan Serangan Drone Houthi ke Tel Aviv?

Minggu, 21 Juli 2024 - 11:58 WIB
loading...
Seberapa Signifikan...
Kelompok Houthi diketahui bersekutu dengan Iran. Namun, ini tidak berarti Iran memerintahkan serangan ke Tel Aviv tersebut. Ilustrasi: Ist
A A A
Kelompok militan Yaman , Ansarullah, yang dipimpin Sayyed Abdulmalik al-Houthi untuk pertama kalinya menyerang Tel Aviv. Para analis menyebut ini menandakan kekuatan dan jangkauan Houthi kian perkasa.

Serangan ini menewaskan satu orang dan melukai delapan lainnya. Media Israel mengidentifikasi pria yang tewas itu sebagai Yevgeny Ferder, 50 tahun, yang pindah ke Israel dari Belarus pada awal perang Rusia-Ukraina.

Pesawat tak berawak itu menyerang di pusat kota Tel Aviv pada Jumat dini hari. Lokasi tersebut diperkirakan dekat dengan sejumlah hotel, banyak di antaranya menampung pengungsi dari perbatasan utara Israel dengan Lebanon. Kantor kedutaan AS juga dekat dengan lokasi serangan.

“Penyelidikan awal menunjukkan bahwa ledakan di Tel Aviv disebabkan oleh jatuhnya sasaran udara, dan tidak ada sirene yang diaktifkan. Insiden ini sedang ditinjau secara menyeluruh,” kata militer Israel dalam sebuah pernyataan, menghubungkan ketidakmampuannya mendeteksi drone karena kesalahan manusia dan bukan karena kegagalan sistem.



Juru bicara militer Israel Daniel Hagari mengatakan bahwa pesawat tersebut menabrak sebuah gedung apartemen.

Ia mengindentifikasikan drone itu adalah Samad-3, pesawat buatan Iran yang telah dimodifikasi untuk memperluas jangkauannya.

Sementara juru bicara Houthi Yahya Saree, sebagaimana dikutip AL Jaazera, pesawat tersebut adalah jenis drone baru, bernama “Jaffa” yang mampu terbang tanpa terdeteksi melalui sistem pertahanan udara Israel yang ekstensif.

Tidak Lazim

Meskipun hanya berjarak 80 km (50 mil) dari Gaza, Tel Aviv hampir tidak tersentuh lawan-lawan Israel sejak Oktober 2023. Hampir 39.000 warga Palestina telah tewas dalam perang Israel yang tiada henti di Gaza.

Serangan pesawat tak berawak di Tel Aviv, pusat sebagian besar fungsi diplomatik Israel, menunjukkan semakin luasnya jangkauan persenjataan Houthi.

Kelompok Houthi telah banyak menggunakan drone selama kampanye terbarunya. Namun, hampir semua rudal dan drone yang diluncurkan terhadap Israel telah dicegat. Tidak ada satupun yang diketahui telah mencapai Tel Aviv.

“Houthi telah mengklaim banyak serangan terhadap Israel sebelumnya, namun hanya ada sedikit bukti yang menunjukkan bahwa sebagian besar serangan tersebut tidak membunuh atau melukai seperti yang terjadi saat ini,” analis independen Yaman Nick Brumfield mengatakan kepada Al Jazeera.



“Yang perlu diperhatikan, ini adalah serangan Houthi pertama yang dikonfirmasi secara publik di Mediterania, bukan di Laut Merah atau Teluk Aden,” lanjutnya.

Di sepanjang rute maritim penting ini, Houthi telah menargetkan banyak kapal yang menurut mereka memiliki hubungan dengan Israel.

Selain itu, “mereka telah mengklaim serangan di Haifa bekerja sama dengan kelompok-kelompok yang didukung Iran di Irak, namun hingga saat ini sebagian besar serangan tersebut tampak seperti hal yang berlebihan,” kata Brumfield.

Apakah ini hal baru?

Tidak terlalu. Kelompok Houthi telah banyak menggunakan peperangan drone, termasuk pesawat udara, selama beberapa waktu.

Drone Houthi juga sering menjadi sasaran serangan negara-negara Barat, dengan militer Inggris, Prancis, dan Amerika Serikat melaporkan bahwa mereka menghancurkan sasaran tak berawak sebelum kemungkinan digunakan untuk tujuan musuh.



“Saya yakin serangan tadi malam adalah bagian dari eskalasi berkelanjutan Houthi,” kata Maysaa Shuja al-Deen dari Pusat Studi Strategis Sana'a yang berbasis di Yaman, seraya menyatakan bahwa insiden drone Houthi yang berulang kali mencapai sasaran jauh akan menjadi lebih sering terjadi. . “Yang menarik adalah target dan jangka panjangnya,” ujarnya kepada Al Jazeera.

Risiko Seluruh Kawasan

Sejak perselisihan antara Iran dan Israel pada bulan April, kedua negara dan sekutu mereka telah menunjukkan diri mereka sangat sadar akan risiko perang Israel di Gaza yang melanda Timur Tengah secara lebih luas.

Meski demikian, Menteri Pertahanan Israel, Yoav Gallant, sudah mengancam akan membalas dendam. Selain memperkuat sistem pertahanan negara, dia mengatakan akan membalas siapa pun yang merugikan Negara Israel atau mengarahkan teror terhadapnya.

“Israel kemungkinan besar akan merasa terdorong untuk melakukan sesuatu sejak seseorang terbunuh,” kata Brumfield, mengacu pada contoh serangan Israel yang terisolasi namun tidak diklaim di Yaman di masa lalu. “Anda bisa melihat Israel melakukan hal seperti itu sekarang.”

Sulit untuk mengatakan apakah Israel akan melancarkan “pembalasan yang lebih parah, seperti pembunuhan terhadap komandan Houthi, sama halnya yang dilakukan Israel terhadap Hizbullah di Lebanon” katanya. Hal ini terjadi karena “tidak jelasnya status kemampuan intelijen Israel di Yaman,” kata Brumfield.



Proksi Iran

Kelompok Houthi diketahui bersekutu dengan Iran. Namun, ini tidak berarti Iran memerintahkan serangan ke Tel Aviv tersebut.

Namun demikian, hanya sedikit yang meragukan bahwa dukungan Teheran terhadap kelompok tersebut juga mencakup senjata dan komponennya.

Namun, seberapa tepat kendali Teheran atas kelompok pemberontak yang telah terbukti secara konsisten tidak dapat diprediksi masih belum pasti.

“Iran sudah lama mempunyai strategi yang memungkinkan sekutu non-negaranya membuat rudal mereka sendiri. Ada indikasi kuat juga bahwa Houthi kemungkinan besar memiliki kemampuan produksi dalam negeri,” kata Fabian Hinz dari Institut Internasional untuk Studi Strategis.

(mhy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2035 seconds (0.1#10.140)