Bumbu Nusantara hingga Makanan Siap Saji Melancarkan Haji 2024

Kamis, 25 Juli 2024 - 22:50 WIB
loading...
Bumbu Nusantara hingga...
Bumbu Nusantara hingga Makanan Siap Turut Melancarkan Haji 2024/MCH 2024
A A A
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengungkapkan beragam pengembangan dan inovasi yang memperlancar pelaksanaan Haji 2024 .Terkait pengembangan, terdapat kebijakan yang dilakukan sehingga berdampak baik pada ekosistem potensi ekonomi haji.

Pertama, kata Yaqut, terkait ekspor bumbu Nusantara."Tahun 2023, baru 16 ton bumbu Nusantara yang diekspor untuk memenuhi kebutuhan dapur penyedia katering jemaah haji Indonesia," kata Yaqut di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Kamis, 25 Juli 2024. "Tahun ini jumlahnya meningkat lebih dari 70 ton. Potensi ke depan masih terbuka lebar karena kebutuhannya mencapai 300 ton," lanjutnya.



Kedua, terkait pengiriman daging dam petugas dan jemaah dalam bentuk kemasan daging olahan.Tahun ini, PPIH berhasil mengelola 6.755 kambing dam petugas dan jemaah haji. Dari jumlah itu, ada 2.000 daging kambing akan dikirim ke Indonesia dalam bentuk kemasan daging olahan. Dengan kemasan 0,5 kg, diperkirakan akan menjadi 15.000 pack.

"Sementara daging kambing Dam lainnya, didistribusikan melalui Jam'iyyah Khairiyah, lembaga sosial di Makkah. Ini menjadi bagian kontribusi penyelenggaraan haji dalam pencegahan stunting. Semoga di tahun mendatang jumlahnya bisa ditingkatkan," katanya.

Lalu tahun ini, Indonesia mulai mengggunakan makanan siap saji dalam layanan katering jemaah. Makanan itu didatangkan dari Indonesia. "Total ada sekitar 1,7 juta boks yang tahun ini didistribusikan di Makkah dan saat puncak haji di Armuzna. Jumlahnya masih bisa ditingkatkan karena potensi kebutuhannya bisa mencapai 5-6 juta boks. Makanan siap saji ini memenuhi citarasa Nusantara," katanya.
(aww)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2279 seconds (0.1#10.140)