Doa Pembuka Acara Lengkap dengan Arab, Latin dan Terjemahan

Selasa, 30 Juli 2024 - 19:12 WIB
loading...
Doa Pembuka Acara Lengkap...
Doa di awal acara ini adalah bentuk permohonan kepada Allah SWT supaya acara dapat berlangsung dengan lancar tanpa halangan. Foto ilustrasi/ist
A A A
Doa pembuka acara ini dapat dipraktekkan dalam berbagai acara, baik untuk acara keagamaan maupun umum. Doa di awal acara ini adalah bentuk permohonan kepada Allah SWT supaya acara dapat berlangsung dengan lancar tanpa halangan.

Selain itu, doa juga menjadi penanda jika seseorang tengah bersyukur atas limpahan nikmat yang Allah SWT telah berikan.

Doa sebelum berlangsungnya acara ini disebut sebagai salah satu amalan baik yang dapat diterapkan kaum Muslim. Sesuai dengan surah Al-Mu'min (Ghafir) ayat 60.

Allah SWT Berfirman :

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْۗ اِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَࣖ


Artinya:"Tuhanmu berfirman,"Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu (apa yang kamu harapkan). Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri tidak mau beribadah kepada-Ku akan masuk (neraka) Jahanam dalam keadaan hina dina,".

Doa Pembuka Acara

1. Doa Pembuka Acara Versi Pendek

الْحَمْدُلِلَّه رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ


Alhamdulillahi rabbil’aalamiin, wash-sholaatu wassalaamu ‘ala asyrofil anbiyaa i walmursaliin, wa’alaa alihi washohbihii ajma’iin ammaba’adu.

Artinya : "Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Semoga selawat dan keselamatan senantiasa tercurahkan kepada Nabi dan Rasul termulia, keluarga, dan sahabat-sahabatnya".

2. Doa Pembuka Acara Versi Panjang

ﺇِﻥَّ ﺍﻟْﺤَﻤْﺪَ ﻟِﻠﻪِ ﻧَﺤْﻤَﺪُﻩُ ﻭَﻧَﺴْﺘَﻌِﻴْﻨُﻪُ ﻭَﻧَﺴْﺘَﻐْﻔِﺮُﻩْ ﻭَﻧَﻌُﻮﺫُ ﺑِﺎﻟﻠﻪِ ﻣِﻦْ ﺷُﺮُﻭْﺭِ ﺃَﻧْﻔُﺴِﻨَﺎ ﻭَﻣِﻦْ ﺳَﻴِّﺌَﺎﺕِ ﺃَﻋْﻤَﺎﻟِﻨَﺎ، ﻣَﻦْ ﻳَﻬْﺪِﻩِ ﺍﻟﻠﻪُ ﻓَﻼَ ﻣُﻀِﻞَّ ﻟَﻪُ ﻭَﻣَﻦْ ﻳُﻀْﻠِﻞْ ﻓَﻼَ ﻫَﺎﺩِﻱَ ﻟَﻪُ. ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥَّ ﻻَ ﺇِﻟَﻪَ ﺇِﻻَّ ﺍﻟﻠﻪ ﻭَﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥَّ ﻣُﺤَﻤَّﺪًﺍ ﻋَﺒْﺪُﻩُ ﻭَﺭَﺳُﻮْﻟُﻪُ


Innal hamda lillaah nahmaduhu wa nasta'iinuhu wa na'uudzu billahi min suruuri anfusinaa wa min sayyiaati a'maalinaa, man yahdihillaahu falaa mudhillalah, wa man yudhlil falaa haadiya lah. Asyhadu allaa ilaaha illallah, wa asyhadu anna Muhammadan 'abduhuu wa Rosuuluh.

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang hanya kepada-Nya kami memohon pertolongan dan mohon ampunan. Kami berlindung kepada Allah dari kejahatan dan keburukan amalan kami. Barangsiapa yang diberi petunjuk oleh Allah maka tidak ada yang dapat menyesatkan, dan barang siapa yang tersesat dari jalan Allah maka tidak ada yang dapat memberinya petunjuk. Dan aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, yang tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan Rasul-Nya."

Itulah dua doa pembuka acara versi pendek dan panjang yang dapat diamalkan oleh setiap muslim dalam rangka memohon dan bersyukur atas nikmat dan karunia Allah SWT.



Wallahu A'lam
(wid)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3129 seconds (0.1#10.140)