Jejak Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh: Syahid Menyusul 14 Anggota Keluarga Dekatnya

Rabu, 31 Juli 2024 - 15:53 WIB
loading...
Jejak Pemimpin Hamas...
Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh. Foto: Press TV
A A A
Ismail Haniyeh , kepala biro politik gerakan perlawanan Palestina , Hamas , tewas dalam serangan pengecut rezim Israel di Teheran pada Rabu dini hari. Sebelumnya, ia lolos dari banyak upaya pembunuhan yang dilakukan Zionis.

Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) mengumumkan Haniyeh dan salah satu pengawalnya terbunuh dalam serangan yang menargetkan kediaman mereka di Teheran, Iran .

Hamas, sebagaimana dilansir Press TV bersumpah untuk membalas pembunuhan pengecut terhadap pemimpinnya, yang dinyatakannya “dilakukan sebagai akibat dari serangan Zionis".

Haniyeh berada di Teheran untuk menghadiri upacara pelantikan presiden baru Iran, Masoud Pezeshkian, yang mengambil sumpah jabatan di parlemen pada hari Selasa.



Dia adalah pemimpin Hamas kedua yang dibunuh oleh rezim Israel sejak Operasi Badai Al-Aqsa pada 7 Oktober 2023, setelah pembunuhan Salah al-Arouri di Beirut selatan pada 2 Januari.

Haniyeh lahir di kamp pengungsi al-Shati di Jalur Gaza pada tahun 1962 dan belajar di Universitas Islam Gaza, di mana ia lulus dalam bidang sastra Arab pada tahun 1987.

Setelah bertahun-tahun melakukan aktivitas politik melawan pendudukan Israel, ia diangkat sebagai salah satu pemimpin senior Hamas pada tahun 1997, setelah itu ia secara bertahap naik pangkat menjadi pemimpin tertinggi.

Dia juga mengepalai kantor Ahmed Yassin , pendiri Hamas, setelah yang terakhir dibebaskan dari penjara Israel pada tahun 1997. Keduanya memiliki hubungan yang sangat dekat.

Haniyeh berperan aktif dalam Intifada Pertama dan Kedua dan juga menjalani beberapa hukuman penjara. Dia juga selamat dari banyak upaya pembunuhan, termasuk bom bunuh diri pada tahun 2003.

Di bawah kepemimpinannya, Hamas memenangkan pemilihan legislatif Palestina pada tahun 2006 dan menjadi Perdana Menteri Negara Palestina, namun Presiden Otoritas Palestina memecatnya pada tahun 2007.



Haniyeh juga menjabat sebagai pemimpin Hamas di Jalur Gaza yang terkepung antara tahun 2006 dan 2017, setelah itu ia digantikan oleh Yahya Sinwar, seorang komandan tinggi militer Hamas.

Pada tanggal 6 Mei 2017, Haniyeh terpilih sebagai ketua kantor politik gerakan perlawanan, menggantikan Khaled Mashal, setelah itu ia pindah ke Qatar dari Palestina.

Setelah peristiwa 7 Oktober 20023, Haniyeh menggunakan jabatan politiknya untuk membela operasi perlawanan Palestina melawan pendudukan ilegal Israel dan secara mengagumkan memimpin gerakan kerakyatan.

“Berapa kali kami memperingatkan Anda bahwa rakyat Palestina telah tinggal di kamp pengungsi selama 75 tahun, dan Anda menolak untuk mengakui hak-hak rakyat kami,” katanya setelah perlawanan Palestina melancarkan operasi militer yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Dalam salah satu pidatonya, ia menegaskan bahwa rakyat Palestina di Gaza memiliki "kesediaan untuk mengorbankan segala sesuatu yang berharga demi kebebasan dan martabat mereka: dan memperingatkan bahwa rezim tersebut “akan membayar harga yang mahal atas kejahatan dan terorisme mereka” melawan Palestina.



Pada tanggal 1 November 2023, Haniyeh mengecam rezim Israel karena melakukan “pembantaian biadab terhadap warga sipil tak bersenjata” setelah serangan keji terhadap kamp pengungsi Jabalia.

Pada bulan Desember, sebuah jajak pendapat menunjukkan bahwa Haniyeh akan mengalahkan Mahmoud Abbas dengan selisih yang sangat besar untuk posisi Presiden Negara Palestina – 78 persen untuk Haniyeh dan 16 persen untuk Abbas – yang menunjukkan semakin populernya pemimpin perlawanan Hamas tersebut.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2741 seconds (0.1#10.140)