Kapan Bulan Safar 2024 dan Apa Doa Memasuki Bulan ke 2 Hijriah Ini?

Kamis, 01 Agustus 2024 - 09:49 WIB
loading...
Kapan Bulan Safar 2024...
Doa yang diajarkan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam ketika memasuki bulan Safar ini, disunnahkan dibaca di malam pergantian bulan. Foto ilustrasi/SINDOnews
A A A
Dalam kalender hijriah , umat Islam akan memasuki bulan Safar 2024 dimulai pada Selasa Kliwon, 6 Agustus 2024 M (1 Safar 1446 H) mendatang. Bulan kedua dalam kalender Islam ini, diperkirakan bergulir selama 30 hari hingga Rabu Wage, 4 September 2024 M (30 Safar 1446 H).

Lantas doa apa yang dianjurkan diamalkan saat memasuki bulan Safar ini? Berikut bacaannya :

Doa yang diajarkan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam ketika memasuki bulan Safar ini, disunnahkan dibaca di malam pergantian bulan.

Dari Thalhah bin Ubaidillah radhiyallahu 'anhu, dia berkata:

النبي صلى الله عليه وسلم كان إذا رأى الهلال قال: (اللهم أهله علينا بالامن والإيمان والسلام والإسلام ربي وربك الله)


Artinya: "Nabi shallallahu 'alaihi wasallam apbila melihat bulan hilal berdoa: "Ya Allah, tampakkan al-Hilal itu kepada kami (jadikanlah ini bulan) membawa keamanan dan keimanan, dengan keselamatan dan Islam." (HR At-Tirmidzi 3451, Hasan)

Juga doa berikut:

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالأَمْنِ وَالإِيمَانِ، وَالسَّلامَةِ وَالإِسْلَامِ، رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ هِلَالُ رُشْدٍ وَخَيْرٍ


Allaahumma Ahillahuu 'Alainaa bil Amni wal iimaani, was Salaami, wal Islaami, Rabbii wa Rabbukallaahu Hilaalu Rusydin wa Khair.

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah ini bulan membawa keamanan, keimanan, keselamatan, keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah, wahai bulan petunjuk dan kebaikan." (HR Ahmad dan At-Tirmidzi)



Wallahu A'lam
(wid)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3447 seconds (0.1#10.140)