Pembunuhan Ismail Haniyeh di Teheran, Keamanan Iran Dipertanyakan

Kamis, 01 Agustus 2024 - 10:50 WIB
loading...
Pembunuhan Ismail Haniyeh...
Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh terbunuh di Iran. Foto: Financial Times
A A A
Kepala politik Hamas, Ismail Haniyeh , dibunuh di Teheran, Iran , dalam sebuah serangan yang menurut kelompok itu dilakukan oleh Israel . Lalu, apa artinya ini bagi keamanan Iran?

Ini adalah serangan udara yang dilakukan oleh Israel di utara Teheran, menurut pihak berwenang sebagaimana dilansir Al Jazeera. Lokasi serangan merupakan daerah tempat tinggal banyak pejabat tinggi – dan tempat banyak delegasi asing yang datang untuk pelantikan Presiden menginap.

Tidak jelas di mana tepatnya serangan itu terjadi, tetapi daerah itu berada di bawah keamanan bersenjata lengkap untuk melindungi tamu asing.

Menurut Al Jazeera, serangan itu pasti akan memicu penyelidikan di antara lembaga militer Iran, karena tampaknya serangan itu terjadi secara tiba-tiba dan tidak ada laporan aktivitas pertahanan udara menjelang pembunuhan itu.

Karena tidak adanya sejumlah besar jet tempur canggih yang dapat membantu pertahanan udara dan membangun superioritas udara, Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) dan tentara Iran menggunakan berbagai macam sistem pertahanan rudal.



Namun, tidak satu pun dari sekian banyak sistem radar atau baterai pertahanan rudal buatan luar negeri atau yang dikembangkan secara lokal yang beroperasi pada jarak yang berbeda berhasil menggagalkan serangan tersebut.

Israel memiliki sejarah panjang dalam menyabotase fasilitas nuklir dan militer Iran serta membunuh ilmuwan nuklir di dalam Iran.

Israel juga diyakini berada di balik tiga quadcopter peledak kecil yang diluncurkan dari dalam Iran yang menyerang fasilitas militer di Isfahan pada bulan April dan menimbulkan kerusakan pada sistem pertahanan rudal S-300 buatan Rusia.

Namun, Israel tidak pernah melancarkan serangan udara di dalam Iran dari luar negeri, terutama terhadap ibu kota.

Tanggapan Iran

Iran dan Israel telah terlibat dalam perang bayangan selama bertahun-tahun, tetapi situasinya telah meningkat secara signifikan menjadi konflik terbuka sejak dimulainya perang di Gaza, sehingga membuka peluang bagi serangan langsung Iran lainnya terhadap Israel.



Pada tanggal 14 April, Iran meluncurkan lebih dari 300 rudal balistik dan jelajah, bersama dengan pesawat nirawak satu arah, langsung ke Israel dalam serangan yang direncanakan dengan cermat. AS dan Israel menembak jatuh sebagian besar proyektil, tetapi beberapa berhasil menembus, menimbulkan kerusakan pada pangkalan militer tetapi tidak menimbulkan korban jiwa.

Hal itu terjadi sebagai tanggapan atas penghancuran konsulat Iran di Damaskus, Suriah, oleh militer Israel, yang juga menewaskan dua jenderal tinggi dan beberapa anggota IRGC lainnya.

Awal bulan ini, komandan kedirgantaraan IRGC Amir Ali Hajizadeh mengatakan dalam sebuah pidato, "kami sedang menunggu kesempatan" untuk meluncurkan serangan langsung kedua terhadap Israel, yang menurutnya dapat dilakukan dengan lebih banyak proyektil.

Iran memiliki persenjataan rudal terbesar di Timur Tengah, termasuk rudal hipersonik yang secara teoritis mampu mencapai Israel dalam hitungan menit.

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei, Presiden Pezeshkian, dan IRGC Iran semuanya telah berjanji untuk membalas pembunuhan Haniyeh, tetapi belum membahas apakah pembalasan itu dapat dilakukan dalam bentuk serangan langsung, serangan yang lebih asimetris, atau upaya terkoordinasi dengan "poros perlawanan" yang didukung Iran di seluruh wilayah.



Misi Iran untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan "respons terhadap pembunuhan itu memang akan berupa operasi khusus - lebih keras dan dimaksudkan untuk menanamkan penyesalan yang mendalam pada pelakunya".
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2352 seconds (0.1#10.140)