7 Ayat tentang Kenikmatan yang Wajib Disyukuri: Salah Satunya Kemerdekaan

Selasa, 06 Agustus 2024 - 14:51 WIB
loading...
7 Ayat tentang Kenikmatan...
Prof Quraish Shihab. Foto/Ilustrasi: Ist
A A A
Prof Dr M Quraish Shihab mengatakan manusia harus bersyukur atas nikmat-nikmat-Nya. Al-Quran menjelaskan banyak nikmat secara eksplisit, antara lain:

1. Kehidupan dan kematian

"Bagaimana kamu mengkufuri (tidak mensyukuri nikmat) Allah, padahal tadinya kamu tiada, lalu kamu dihidupkan, kemudian kamu dimatikan, lalu dihidupkan kembali." ( QS Al Baqarah [2] : 28).

2. Hidayat Allah

"Hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur" ( QS Al-Baqarah [2] : 185).



3. Pengampunan-Nya, antara lain dalam firman-Nya.

"Kemudian setelah itu Kami maafkan kesalahanmu agar kamu bersyukur" ( QS Al-Baqarah [2] : 52)

4. Panca indra dan akal.

"Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun, dan Dia memberimu pendengaran, penglihatan, dan hati, supaya kamu bersyukur." ( QS An-Nahl [16] : 78).

5. Rezeki

"Dan diberinya kamu rezeki yang baik-baik agar kamu bersyukur." ( QS Al-Anfal [8] : 26).

6. Sarana dan prasarana antara lain

"Dan Dialah (Allah) yang menundukkan lautan (untukmu) agar kamu dapat memakan daging (ikan) yang segar darinya, dan kamu mengeluarkan dan lautan itu perhiasan yang kamu pakai, dan kamu melihat bahtera berlayar padanya, dan supaya kamu mencari (keuntungan) dan karunia-Nya, dan supaya kamu bersyukur". ( QS An-Nahl [16] : 14) .



7. Kemerdekaan

Dan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada kaumnya, "Hai kaumku, ingatlah nikmat Allah atas kamu ketika Dia mengangkat nabi-nabi di antaramu, dan dijadikannya kamu orang-orang yang merdeka (bebas dari penindasan Fir'aun) ( QS Al-Maidah [5] : 20)

"Masih banyak lagi nikmat-nikmat lain yang secara eksplisit disebut oleh Al-Quran," ujar Quraish Shihab dalam bukunya berjudul "Wawasan Al-Quran, Tafsir Maudhu'i atas Pelbagai Persoalan Umat" (Mizan, 2007).
(mhy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2369 seconds (0.1#10.140)