Semangat Menuntut Ilmu yang Dikisahkan dalam Al-Quran

Kamis, 08 Agustus 2024 - 05:15 WIB
loading...
A A A
“Sungguh Nabi Sulaiman telah mengancam burung Hudhud dengan siksaan yang amat berat atau menyembelihnya. Namun burung Hudhud selamat karena ilmu. Kata pengantar yang disebutkan Hudhud,‘Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu tahu’ ini hanya bisa diucapkan karena ilmu. Jika tidak ada kekuatan ilmu, maka Hudhud yang lemah tidak akan kuasa mengatakan kata-kata seperti ini kepada Nabi Sulaiman.”

4. Kisah Pemindahan Singgasana Ratu Saba’

Kisah ini termaktub pada ayat berikutnya, tepatnya pada Surat an-Naml ayat 29 hingga 44.
Setelah mendapatkan laporan dari burung Hudhud tentang keberadaan negeri Saba’ berserta kondisi duniawi dan keagamaan mereka, Nabi Sulaiman langsung merespons cepat berita yang dibawa oleh Hudhud. Nabi Sulaiman pun mengirim Hudhud ke negeri Saba’ dengan membawa surat yang ditulisnya.

Tak lama kemudian, Nabi Sulaiman mengadakan sayembara siapakah yang bisa memindahkan singgasana Ratu Saba’ ke hadapannya. Mendengar permintaan tersebut, ada dua orang yang menawarkan kebolehannya. Yang pertama adalah Ifrit dari kalangan jin, dan yang kedua adalah orang yang memiliki ilmu dari al-Kitab.

Ifrit dari kalangan jin menjelaskan bahwa ia dapat melaksanakan perintah Nabi Sulaiman sebelum ia berdiri dari tempat duduknya. Sedangkan orang yang memiliki ilmu dari al-Kitab, ia dapat memindahkan singgasana Ratu Saba’ sebelum Nabi Sulaiman mengedipkan matanya. Dengan demikian, orang yang memiliki ilmu dari al-Kitab inilah yang memenangkan sayembara tersebut.

Oleh karena itu, kisah ini menunjukkan akan urgensi dan keutamaan ilmu. Karena pemindahan yang dilakukan oleh orang yang memiliki ilmu dari al-Kitab itu lebih cepat daripada yang dilakukan oleh si Ifrit.

Tentang hal ini ada pernyataan menarik yang disampaikan oleh Imam Ibnu Asyur. Beliau berkata dalam al-Tahrîr wa al-Tanwîr, 19/271, “Kompetisi antara jin Ifrit dan orang yang memiliki ilmu dari al-Kitab mengindikasikan bahwa sesuatu menjadi mudah diselesaikan dengan hikmah dan ilmu yang tidak bisa dipecahkan dengan kekuatan.”



Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2070 seconds (0.1#10.140)