Wilayah Israel yang Diperkirakan Akan Jadi Sasaran Serangan Iran

Rabu, 14 Agustus 2024 - 05:15 WIB
loading...
Wilayah Israel yang...
Menara Matcal (kiri) dan Menara Marganit (kanan) milik Kementerian Perang Israel di kompleks Kirya, pusat kota Tel Aviv. Foto/Ilustrasi: PressTV
A A A
IRAN sudah bersiap menyerang Israel sebagai balasan atas pembunuhan terhadap para pimpinan Hamas dan Hizbullah . Kendati sifat pembalasan dan waktu tepatnya masih diselimuti misteri, Israel telah bergulat dengan krisis politik dan sosial internal. Penduduk Israel dicekam rasa takut.

Press TV melaporkan pemukim ilegal telah melarikan diri dari wilayah Palestina yang diduduki dengan panik. Mereka mengantisipasi serangan Iran yang diperkirakan lebih dahsyat dibandingkan dengan 'Operasi True Promise' Iran menyusul serangan terhadap gedung konsulat Iran di ibu kota Suriah, Damaskus, pada bulan April lalu.

Ada sejumlah lokasi militer di Tel Aviv yang dapat menjadi sasaran untuk menghukum rezim Israel atas serangan teroris yang merenggut nyawa pemimpin biro politik Hamas Ismail Haniyeh dan komandan militer Hizbullah Fuad Shukr.

"Analisis kami menunjukkan bahwa target yang paling mungkin di Tel Aviv adalah pusat-pusat yang berafiliasi dengan badan mata-mata Israel Mossad , yang memiliki peran penting dalam pembunuhan Haniyeh dan Shukr," ujar Press TV.



Analisis ini didukung oleh fakta bahwa pangkalan udara Ramon dan Nevatim milik rezim Israel berhasil menjadi sasaran dalam aksi militer balasan pada bulan April karena pesawat tempur yang menyerang konsulat Iran di Damaskus telah lepas landas dari sana.

Dengan mempertimbangkan hal itu dan fakta bahwa serangan serentak di Teheran, Beirut, dan Irak dilakukan atas perintah dan kerja sama dari struktur politik, militer, dan intelijen tertinggi Israel, markas besar mereka menjadi target utama.

Kemungkinan target ini lebih lanjut didukung oleh laporan saluran berita Al-Hadath, yang mengungkapkan bahwa karyawan dari empat badan intelijen dan militer rezim Israel dievakuasi pada hari Kamis dari lokasi mereka di Tel Aviv.

Markas-markas besar ini terletak di wilayah metropolitan Tel Aviv yang padat penduduk, yang dikenal sebagai Gush Dan, tempat tinggal separuh dari populasi pemukim entitas Zionis, berbeda dengan dua pangkalan udara yang disebutkan di atas di daerah gurun tak berpenghuni.

Di antara mereka, daerah yang sangat penting adalah Kirya, sebuah distrik di pusat kota Tel Aviv, yang merupakan rumah bagi banyak gedung administrasi dan Kamp intelijen militer Rabin yang menjalankan fungsi komando, administrasi, komunikasi, dan dukungan bagi aparat militer Israel.



Kamp ini telah berfungsi sebagai markas besar angkatan bersenjata entitas Zionis sejak didirikan pada tahun 1948 dan dikelilingi di semua sisi oleh daerah sipil yang padat penduduk.

Bangunan utama di kamp tersebut adalah Menara Matcal, yang menampung kantor-kantor petinggi militer Israel, dikelilingi oleh fasilitas militer bertingkat tinggi lainnya, seperti kantor komunikasi Menara Marganit.

Distrik Kirya, yang dikenal sebagai "Pentagon Israel," jauh lebih luas cakupannya daripada yang terlihat di peta atau yang diakui secara resmi, karena adanya fasilitas bawah tanah dan kantor-kantor rahasia di daerah-daerah di dekatnya.

Di bawah kompleks militer tersebut terdapat pusat komando militer nasional bawah tanah yang dijaga ketat dan terletak beberapa blok dari kantor mantan perdana menteri, yang kini telah dipindahkan ke Yerusalem al-Quds yang diduduki.

Terowongan itu dapat diakses melalui pintu baja besar yang disegel rapat jika terjadi serangan non-konvensional, dan di pintu masuk, terdapat tanda besar yang mengingatkan pengunjung untuk melepas baterai dari ponsel mereka sebelum masuk.

Tangga panjang mengarah jauh ke ruang operasi tempat para perwira Israel mempersiapkan, mengatur, dan mendiskusikan perang mendatang dengan tetangga mereka, Suriah, Lebanon, dan Palestina, termasuk perang genosida yang sedang berlangsung di Gaza.



Lebih dalam lagi, terdapat ruang konferensi kepala staf umum dengan meja berbentuk U dan dinding yang dilapisi layar TV plasma, tempat para perwira tinggi bertemu hampir setiap minggu untuk diskusi yang sangat rahasia dan meninjau rencana operasional.

Fasilitas ini relatif terlindungi dengan baik dari serangan rudal jarak pendek, rudal jelajah, dan pesawat nirawak kamikaze, tetapi tidak dari rudal balistik yang lebih besar dengan daya tembus yang dalam dan hulu berdaya ledak tinggi seberat satu ton, sehingga menjadi target yang bernilai tinggi.

Markas besar badan intelijen dirahasiakan, tanpa alamat resmi, dan paling sering disamarkan sebagai gedung fungsi sipil.

Dalam beberapa dekade terakhir, otoritas rezim Israel telah mulai menjual tanah di Kirya, yang di atasnya telah dibangun banyak gedung pencakar langit "serbaguna", karena lokasinya yang menarik di pusat kota.

"Serbaguna" ini paling sering menyiratkan rezim dan beberapa fungsi lainnya, dengan yang pertama berisi berbagai tingkatan rezim, militer, dan kantor intelijen.

Wilayah metropolitan Tel Aviv yang lebih luas juga merupakan rumah bagi banyak pabrik, pangkalan militer, dan bangunan rezim lainnya yang dapat menjadi sasaran serangan balasan.



Setidaknya tiga fasilitas militer besar di pinggiran wilayah metropolitan Tel Aviv juga merupakan target yang mungkin, terutama jika terjadi serangan Israel baru dan eskalasi lebih lanjut.

Yang pertama di antaranya adalah markas operasional unit intelijen militer 8200, yang terletak di utara dekat kota 'Herzliya', tempat informasi yang dikumpulkan diproses dan selanjutnya diteruskan ke ahli strategi militer dan badan intelijen Israel lainnya.

Situs lainnya adalah Pangkalan Udara Palmachim, yang terletak beberapa kilometer di selatan wilayah metropolitan, pangkalan utama untuk program pesawat nirawak, rudal, dan luar angkasa rezim Israel.

Terakhir, ada juga zona militer yang luas di sekitar pangkalan rudal udara Tel Nof dan Sdot Micha, antara Tel Aviv dan Yerusalem al-Quds yang diduduki, tempat sejumlah skuadron, pasukan khusus, silo dan bunker rudal, gudang senjata, termasuk hulu ledak nuklir, ditempatkan.
(mhy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2828 seconds (0.1#10.140)