3 Contoh Ayat Mutasyabihat dalam Al Quran, Ayat yang Sukar Dimengerti

Selasa, 20 Agustus 2024 - 16:33 WIB
loading...
3 Contoh Ayat Mutasyabihat...
Ayat mutasyabihat adalah jenis ayat yang maknanya hanya diketahui oleh Allah SWT. Karena itu tidak ada seorangpun yang dapat menafsirkan atau mengartikan ayat ini.. Foto ilustrasi/ist
A A A
Terdapat tiga Ayat Mutasyabihat yang ada di dalam Al Quran . Sebelum masuk ke contohnya, sebaiknya umat muslim mengerti terlebih dahulu apa itu ayat mutasyabihat atau ayat mutasyabih.

Ayat Mutasyabihat adalah jenis ayat yang maknanya hanya diketahui oleh Allah SWT. Karena itu tidak ada seorangpun yang dapat menafsirkan atau mengartikan ayat ini.

Ayat Mutasyabihat ini adalah lawan dari Ayat Muhkam , yakni ayat yang maknanya sudah jelas, dapat menghilangkan musykilah, dan kemungkinan-kemungkinan yang ada.

Dalam Al Quran sendiri telah ada penjelasan mengenai Ayat Mutasyabihat ini. Penjelasan untuk ayat yang sukar dimaknai ini terdapat dalam Surat Ali Imran ayat 7.

هُوَ الَّذِىۡۤ اَنۡزَلَ عَلَيۡكَ الۡكِتٰبَ مِنۡهُ اٰيٰتٌ مُّحۡكَمٰتٌ هُنَّ اُمُّ الۡكِتٰبِ وَاُخَرُ مُتَشٰبِهٰتٌ‌ؕ فَاَمَّا الَّذِيۡنَ فِىۡ قُلُوۡبِهِمۡ زَيۡغٌ فَيَتَّبِعُوۡنَ مَا تَشَابَهَ مِنۡهُ ابۡتِغَآءَ الۡفِتۡنَةِ وَابۡتِغَآءَ تَاۡوِيۡلِهٖۚ وَمَا يَعۡلَمُ تَاۡوِيۡلَهٗۤ اِلَّا اللّٰهُ ؔ‌ۘ وَ الرّٰسِخُوۡنَ فِى الۡعِلۡمِ يَقُوۡلُوۡنَ اٰمَنَّا بِهٖۙ كُلٌّ مِّنۡ عِنۡدِ رَبِّنَا ‌ۚ وَمَا يَذَّكَّرُ اِلَّاۤ اُولُوا الۡاَلۡبَابِ


Artinya : "Dialah yang menurunkan Kitab (Al-Qur'an) kepadamu (Muhammad). Di antaranya ada ayat-ayat yang muhkamat, itulah pokok-pokok Kitab (Al-Qur'an) dan yang lain mutasyabihat. Adapun orang-orang yang dalam hatinya condong pada kesesatan, mereka mengikuti yang mutasyabihat untuk mencari-cari fitnah dan untuk mencari-cari takwilnya, padahal tidak ada yang mengetahui takwilnya kecuali Allah. Dan orang-orang yang ilmunya mendalam berkata, "Kami beriman kepadanya (Al-Qur'an), semuanya dari sisi Tuhan kami." Tidak ada yang dapat mengambil pelajaran kecuali orang yang berakal."

3 Contoh Ayat Mutasyabihat

1. QS Ali Imran Ayat 138

هَٰذَا بَيَانٌ لِلنَّاسِ وَهُدًى وَمَوْعِظَةٌ لِلْمُتَّقِينَ


Artinya : “(Al-Qur’an) ini adalah penerangan bagi seluruh manusia, dan petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa.”

2. QS At Thaha Ayat 110

يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِهِ عِلْمًا


Artinya : “Dia mengetahui apa yang ada di hadapan mereka dan apa yang ada di belakang mereka, sedang ilmu mereka tidak dapat meliputi ilmu-Nya.”

3. QS Al An'am Ayat 103

لَا تُدْرِكُهُ الْأَبْصَارُ وَهُوَ يُدْرِكُ الْأَبْصَارَ ۖ وَهُوَ اللَّطِيفُ الْخَبِيرُ


Artinya : “Dia tidak dapat dicapai oleh penglihatan mata sedang Dia dapat melihat segala penglihatan itu dan Dialah Yang Maha Halus lagi Maha Mengetahui.”

Menurut jurnal "Membincang Ayat-ayat Muhkam dan Mutasyabih", para ulama berbeda dalam menafsirkan ayat-ayat mutasyabihat. Sebagian mereka cenderung memahaminya secara leterlek (harfiah) dan sebagian yang lain melihatnya sebagai isyarat kepada takwil.

Dari beberapa mazhab, masing–masing mempunyai argumentasi sendiri dan bisa dikompromikan. Sebab mereka percaya makna yang diambil dari hasil penakwilan dan penafsiran, bukanlah merupakan makna yang pasti bagi ayat-ayat mutasyabihat itu, dan tak seorang pun bisa menjamin bahwa itulah makna yang sebenarnya, dan mereka menyerahkan maknanya kepada Allah, sehingga pada akhirnya semua pihak bisa menerimanya.

Ayat-ayat mutasyabihat yang banyak mengandung kemungkinan makna. Untuk itu para penafsir tidak boleh memahaminya secara berdiri sendiri.

Untuk memahaminya secara benar harus melalui petunjuk ayat-ayat muhkam. Oleh karena itu ayat-ayat mutasyabihat dapat dipahami dengan menunjuk kandungan ayat-ayat muhkam.

(wid)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1387 seconds (0.1#10.140)