Kumpulan Artikel: Pelajari Al Quran

  • 29 Jenis Hukum Tajwid Beserta Contoh dan Penjelasanya
    Tips
    Jum'at, 16 Februari 2024 - 16:23 WIB
    Jenis Hukum Tajwid ini perlu dipahami oleh setiap muslim, mengingat hukum mempelajari ilmu tajwid adalah fardhu kifayah dan akan menjadi fardhu ain atau wajib dalam pengamalannya ketika membaca Al Quran.
  • Surat Al Mutaffifin Juz ke Berapa?
    Tips
    Rabu, 29 November 2023 - 10:23 WIB
    Surat Al Mutaffifin adalah salah satu surat dalam Al-Quran yang memiliki keutamaan besar dalam Islam. Surat ini menggambarkan tentang keadilan sosial dan peringatan bagi orang-orang yang tidak jujur dalam urusan timbangan dan pengukuran.
  • Hukum Bacaan Surat Thaha Ayat 8 Beserta Penjelasan, Cara Baca dan Artinya
    Tips
    Kamis, 26 Oktober 2023 - 11:05 WIB
    Bacaan surat Thaha ayat ke-8 menarik untuk menjadi kajian lantaran memiliki kaidan bacaan yang perlu diperhatikan. Surat ini masuk dalam golongan surat Makkiyah.
  • Arti dan Makna Kalimat Shadaqallahul Adzim serta Bagaimana Hukum Mengucapkannya?
    Hikmah
    Jum'at, 22 September 2023 - 13:47 WIB
    Kebiasaan dalam masyarakat muslim kita, bila selesai membaca Al-Quran kemudian mengucapkan kalimat shadaqallahul adzim. Apa arti dan makna sebenarnya dari kalimat tersebut? Dan bagaimana hukumnya?
  • Pengertian Asbabun Nuzul : Macam, Fungsi Beserta Contohnya
    Tips
    Jum'at, 22 September 2023 - 10:18 WIB
    Memahami Asbabun Nuzul membantu kita untuk menggali konteks sejarah dan latar belakang sosial budaya yang mempengaruhi serta menjadi latar belakang turunnya ayat-ayat Al-Quran.
  • Membaca Al-Quran Tapi Tidak Tahu Artinya, Bolehkah dan Apa Dalilnya?
    Tausyiah
    Selasa, 05 September 2023 - 17:05 WIB
    Dalam Islam, memahami ayat-ayat Al-Quran dan mentadabburinya adalah sebuah keniscayaan bagi seorang muslim, karena Al-Quran diturunkan sebagai petunjuk bagi seluruh manusia.
  • Bacaan Ghunnah: Pengertian, Hukum dan Contohnya
    Tips
    Rabu, 05 Juli 2023 - 11:54 WIB
    Pengertian, hukum dan contoh dari bacaan ghunnah akan dibahas dalam artikel ini. Membaca Al-Quran dengan menggunakan ilmu tajwid adalah wajib hukumnya bagi seluruh umat Islam.
  • Hukum Bacaan Izhar Qomariyah : Pengertian, Cara Baca dan Contohnya
    Tips
    Senin, 12 Juni 2023 - 21:20 WIB
    Hukum bacaan Izhar Qomariyah atau yang biasa disebut Alif Lam Qomariyah maupun Al Qomariyah merupakan salah satu ilmu tajwid yang perlu dipahami oleh umat muslim.
  • Ra Tafkhim: Pengertian dan Contoh Bacaannya
    Tips
    Selasa, 06 Juni 2023 - 17:47 WIB
    RaTafkhim merupakan salah satu cabang dari hukum bacaan ilmu tajwid. Dengan belajar menggunakan hukum bacaan yang satu ini akan bisa membaca Alquran dengan fasih, baik dan benar.
  • Cara Jitu agar Anak-anak Mau Belajar dan Mencintai Al-Quran
    Tips
    Rabu, 31 Mei 2023 - 18:42 WIB
    Menanamkan nilai-nilai kecintaan terhadap Al-Quran dapat dimulai sejak dini, mulai dari lingkungan keluarga tercinta. Dan langkah terbaiknya, mendidik anak cinta Al-Quran dimulai oleh orang tuanya.
  • Bolehkah Membaca Al Quran Tanpa Tajwid ? Begini Penjelasannya
    Tips
    Senin, 29 Mei 2023 - 18:58 WIB
    Menurut Syekh Ibnul Jazari, hukum mempelajari ilmu tajwid sebagai disiplin ilmu adalah fardu kifayah. Namun berbeda hukumnya dengan membaca Al Quran menggunakan tajwid maka hukumnya fardhu ain.
  • Asbabun Nuzul Surat Asy-Syams, Melakukan Kebaikan dan Menghindari Segala Bentuk Keburukan
    Hikmah
    Rabu, 17 Mei 2023 - 12:20 WIB
    Surah Asy-Syams merupakan surah ke-91, terdapat dalam juz 30 atau yang dikenal dengan Juz Amma. Dalam riwayatnya, surah ini diturunkan di kota Makkah dan termasuk ke dalam golongan surah Makkiyah.
  • Tafsir Surat Al Fushilat Ayat 30: Orang yang Istiqamah Dihibur Malaikat Menjelang Ajal
    Tausyiah
    Selasa, 25 Oktober 2022 - 12:13 WIB
    Pahala orang yang Istiqamah sangat besar dalam sisi Allah Subhanahu wa Taala. Mereka akan didampingi malaikat dalam perjalanan kehidupannya
  • Tiga Cara Meningkatkan Ketakwaan kepada Allah Taala
    Tips
    Jum'at, 30 Juli 2021 - 07:11 WIB
    Seorang muslim sejatinya diperintahkan untuk selalu meningkatkan ketakwaan kepada Allah subhanahu wataala dengan sebaik-baiknya takwa. Sehingga kita akan mendapatkan jaminan kebahagiaan dan keselamatan di dunia dan di akhirat.
  • Isi Waktu Luang Puasa dengan Cara Terbaik Ini
    Tips
    Rabu, 14 April 2021 - 07:30 WIB
    Saat berpuasa kita jangan hanya fokus menahan lapar dan haus serta syahwat semata. Namun, manfaatkan waktu berpuasa ini dengan sebaik-baiknya kegiatan