11 Adab dan Sopan Santun saat Makan dalam Islam, Yuk Kenali dan Amalkan!

Selasa, 27 Agustus 2024 - 11:05 WIB
loading...
11 Adab dan Sopan Santun...
Adab dan sopan santun saat makan menurut Islam penting diketahui umat Muslim, agar memperoleh keberkahan dan beragam manfaatnya. Foto ilustrasi/ist
A A A
Adab dan sopan santun saat makan menurut Islam penting diketahui umat Muslim. Meski terkesan sepele, ketentuannya bisa dijadikan acuan untuk memperoleh keberkahan dan beragam manfaatnya.

Pada agama Islam, segala sesuatu telah diatur sesuai kadarnya masing-masing. Hal ini termasuk beragam aspek dalam kehidupan sehari-hari, tak terkecuali makan dan minum.

Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam sudah banyak memberi contoh tentang adab dan sopan santun ketika makan. Maka dari itu, kita yang mengaku sebagai umatnya tentu dianjurkan untuk mengikuti ajaran terkait adab makan tersebut.

Lantas, apa saja sebenarnya adab dan sopan santun ketika makan dalam Islam termasuk yang diajarkan oleh Rasulullah Saw? Untuk itu, berikut ini ulasannya yang bisa disimak.

Adab dan Sopan Santun ketika Makan

1. Membaca doa

Rasulullah Saw menganjurkan umatnya agar senantiasa mengucap niat dan berdoa sebelum memulai sebuah aktivitas. Hal ini juga termasuk ketika hendak menyantap makanan.

Umat Muslim tentu sudah mengetahui doa sebelum dan sesudah makan. Selain itu, Nabi Saw ketika hendak makan juga mengawalinya dengan ucapan "Bismillah" (dengan menyebut nama Allah) untuk mengundang berkah Allah melalui makanan tersebut.

Apabila terlupa, Anda tidak perlu khawatir. Sebagai gantinya, bisa diucapkan doa "Bismillâhi Awwalahu wa Akhirahu" (Dengan menyebut nama Allah di awal dan di akhirnya).

"Jika salah seorang di antara kalian makan, tetapi dia lupa menyebut nama Allah, maka hendaklah dia membaca, "Bismillâhi Awwalahu wa Akhirahu" (Dengan menyebut nama Allah di awal dan di akhirnya)". (HR at-Tirmidzi)

2. Tidak makan berlebihan

Allah Swt memerintahkan hambanya agar tidak berlebihan dalam segala hal, termasuk makan. Hal ini bisa dilihat dari firman-Nya dalam separuh akhir dari Surat Al-A'raf ayat 31.

"...Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan." (QS Al-A'raf Ayat 31)

Senada dengan ketentuan di atas, Rasulullah Saw juga menganjurkan hal yang sama untuk umatnya. Beliau pernah bersabda: "Tidak ada yang lebih jahat daripada orang yang memadati perutnya dengan makanan untuk menguatkan badannya. Jika perlu ia makan, hendaklah perutnya diisi sepertiga makanan, sepertiga air (minuman), dan sepertiga lagi untuk udara (bernafas)." (HR At-Tirmidzi)

3. Gunakan tangan kanan

Adab berikutnya adalah memakai tangan kanan ketika makan. Ibnu 'Umar meriwayatkan bahwa Rasulullah pernah bersabda: "Jika di antara kalian makan, hendaklah dia makan salah seorang dengan tangan kanannya. Dan jika dia minum, hendaklah dia minum dengan tangan kanan. Karena setan itu selalu makan dengan tangan kiri dan minum dengan tangan kiri." (HR Muslim)

Sebagai pengecualian, apabila ada uzur yang menyebabkan seseorang tidak dapat makan atau minum dengan tangan kanan, baik berupa sakit, luka, maupun masalah lainnya, dia boleh makan atau minum dengan tangan kiri." (Syaikh an-Nawawi, dalam penjelasan Shahih Muslim)

4. Jangan mencela makanan

Nabi Saw juga mengajarkan agar umatnya tidak mencela atau memilih-milih makanan. Beliau sangatlah menghargai setiap jenis makanan yang diberikan dan selalu bersyukur atas nikmat tersebut.

مَا عَابَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ طَعاَماً قَطُّ إِنِ اشْتَهَاهُ أَكَلَهُ وَ إِنْ كَرِهَهُ تَرَكَهُ


"Rasulullah Saw tidak pernah mencela makanan. Apabila beliau berselera (menyukai makanan yang telah dihidangkan) beliau memakannya. Jika tidak suka (tidak berselera), maka beliau meninggalkannya." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

5. Duduk ketika makan

Rasulullah Saw pernah bersabda: "Aku tidak makan sambil bersandar. Aku adalah seorang hamba, maka aku minum seperti minumnya hamba dan makan pun seperti makannya seorang hamba."

Namun, apabila ada kondisi tertentu seperti sakit atau tidak memungkinkan untuk duduk, orang yang bersangkutan tetap diperkenankan makan dengan cara yang dia bisa. Intinya, tidak perlu sampai membebaninya.

6. Makan pakai jari

Pada era modern, telah hadir banyak alat makan canggih dan mewah. Namun, Rasulullah Saw lebih menyukai makan dengan tangan dan jari daripada alat makan. Beliau menyebut cara ini lebih alami sesuai fitrah manusia.

7. Jangan meniup makanan

Jika makanan atau minuman yang dihidangkan dalam keadaan panas, sebaiknya didinginkan dulu. Sebaliknya, tidak diperkenankan meniup makanan atau minuman yang panas.

Hadis dari Abu Sa'id al-Khudri radhiyallahu 'anhu bahwa: "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melarang meniup (dalam gelas) ketika minum." (HR Tirmidzi)

8. Makan bersama

Nabi Saw sangat suka makan bersama. Biasanya, beliau selalu mencari para sahabatnya untuk diajak makan bersama.

Abu Hurairah meriwayatkan dari Rasulullah bahwa beliau bersabda: "Makanan dua orang cukup untuk dimakan tiga orang, makanan tiga orang cukup dimakan empat orang." (HR Al-Bukhari, Muslim)

9. Mengunyah makanan dengan baik

Makanan harus dikunyah dengan baik sebelum menelannya. Hal ini nantinya ditujukan agar membantu melancarkan pencernaan.

Pada sebuah hadis, Nabi Saw bersabda: "Kecilkan suapan dan baguskan mengunyahnya." Dalam riwayat lain disebutkan bahwa Rasulullah mengunyah makanannya sebanyak 33 kali.

10. Jika makanan telah dihidangkan, dahulukan daripada salat.

Nabi SAW selalu mendahulukan makan daripada salat, dengan catatan jika makanan telah dihidangkan. Beliau pernah bersabda: “Apabila makan malam telah dihidangkan dan salat telah ditegakkan, maka mulailah dengan makan malam dan janganlah tergesa-gesa (pergi salat) sampai makanmu selesai.” (HR. Muttafaq ‘alaih)

Terkait alasannya, Rasulullah menganjurkan demikian supaya hati terasa tenang, khusyuk, dan tidak memikirkan makanan saat shalat. Namun, bisa juga mempertimbangkan tingkat rasa lapar yang dirasakan.

Jika rasa lapar sangat terasa dan makanan telah dihidangkan, maka hendaknya mendahulukan makan. Akan tetapi, jika lapar tidak begitu terasa, maka lebih utama untuk sholat, lalu setelah itu menyantap makanan yang telah dihidangkan.

11. Berdoa setelah makan

Setelah selesai makan, Rasulullah Saw mengucapkan bacaan "Alhamdulillah" (segala puji bagi Allah) sebagai tanda syukur atas makanan yang diberikan. Selain itu, umat Muslim juga dapat membaca doa setelah makan yang biasa diajarkan sejak kecil.

Demikian ulasan mengenai adab dan sopan santun ketika makan dalam Islam. Semoga bermanfaat.



Wallahu a’lam
(wid)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2541 seconds (0.1#10.140)