Kumpulan Artikel: Adab

  • Adab dan Doa Ketika Berada di Tempat Baru atau Berwisata
    Tips
    Sabtu, 13 April 2024 - 07:15 WIB
    Agar masuk tempat wisata maupun hotel tidak was-was dengan makhluk tak kasat mata, dianjurkan berdoa agar tidak diganggu makhluk halus dan memperhatikan adab-adab ke tempat baru tersebut.
  • Adab Bertamu atau Bersilaturahmi  dalam Islam yang Penting Diketahui
    Tips
    Rabu, 10 April 2024 - 13:18 WIB
    Saat perayaan Idulfitri, umat muslim dianjurkan untuk bersilaturahmi dengan sesama saudarannya seiman. Silaturahmi tersebut biasanya saling mengunjungi atau bertamu dengan tetangga, saudara bahkan kerabat yang jauh dari tempat tinggal.
  • Bolehkah Wanita Haid Ziarah Kubur? Begini Penjelasannya Menurut Hadis
    Muslimah
    Selasa, 09 April 2024 - 10:34 WIB
    Bolehkah wanita yang sedang haid ziarah kubur? Pertanyaan seperti ini sering muncul dan mengemuka, melihat tradisi masyarakat Indonesia ketika Lebaran atau Idulfitri melakukan ziarah kubur.
  • Urutan Bacaan Doa Ziarah Kubur Lengkap Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Selasa, 09 April 2024 - 08:12 WIB
    Urutan bacaan doa ziarah kubur lengkap ini penting diketahui agar umat Muslim tidak keliru mengamalkannya. Ziarah kubur sendiri sudah menjadi tradisi di Indonesia pada moment Hari Raya Idulfitri.
  • Siap-siap Iktikaf, Jangan Lupa Perhatikan Adab-adabnya
    Tips
    Rabu, 03 April 2024 - 13:05 WIB
    Menjelang akhir Ramadan, banyak umat Muslim bersiap dan berbondong-bondong melaksanakan iktikaf. Masjid-masjid pun akan penuh dihadiri orang-orang yang beriktikaf. Jangan lupa perhatikan adab-adabnya!
  • Adab Membaca Al Quran saat Tadarus di Bulan Ramadan, Yuk Amalkan!
    Tips
    Kamis, 07 Maret 2024 - 14:30 WIB
    Salah satu amalan prioritas di bulan Ramadan adalah membaca atau tadarus Al Quran. Agar amalan ini diterima, maka ada adab yang perlu diperhatikan saat membaca Al Quran tersebut. Kenapa adab ini sangat penting?
  • Doa Saat Ziarah Kubur Sebelum Bulan Ramadan
    Tips
    Selasa, 05 Maret 2024 - 13:15 WIB
    Doa ziarah kubur ini perlu diketahui dan diamalkan kaum muslim. Apalagi menjelang bulan Ramadan, ziarah kubur kerap dilakukan kaum muslim di Indonesia.
  • Benarkah Berpelukan Saat Bertemu Disunnahkan?
    Hikmah
    Minggu, 25 Februari 2024 - 13:01 WIB
    Sering kita melihat sesama muslim ketika dia bertemu berpelukan dan benarkah berpelukan ketika bertemu adalah sunnah? Bagaimana dalilnya?
  • Doa Ziarah Waliyullah Lengkap dengan Tata Caranya
    Tips
    Jum'at, 23 Februari 2024 - 13:10 WIB
    Doa ziarah waliyullah ini biasa dilatunkan ketika sedang ziarah kubur ke makam-makam tokoh ulama atau orang-orang shalih
  • Adab Menasihati: Pilih Waktu yang Tepat
    Hikmah
    Senin, 19 Februari 2024 - 09:49 WIB
    Salah satu ajaran dalam agama Islam adalah saling memberi nasihat. Bahkan derajatnya sama dengan fardhu ain (wajib dilakukan setiap orang Islam). Lantas bagaimana adab memberi nasihat ini?
  • Terlalu Berlebihan dan Melampaui Batas Sangat Dilarang dalam Berdoa
    Tips
    Senin, 12 Februari 2024 - 07:55 WIB
    Dalam Islam, ada beberapa hal yang ternyata dilarang dilakukan saat berdoa. Hal tersebut penting diketahui dan dipahami, agar doa yang kita lakukan tidak menimbulkan keburukan
  • Batasan Bercanda dalam Islam, Simak Baik-baik!
    Tausyiah
    Jum'at, 02 Februari 2024 - 17:29 WIB
    Batasan bercanda dalam Islam sangat diperhatikan dengan seksama. Ada adab dan etikanya sebagaimana dicontohkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam.
  • Mengapa Adab Lebih Penting daripada Ilmu? Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Senin, 22 Januari 2024 - 11:15 WIB
    Dalam Islam, akhlak dan adab ditempatkan Allah Taala sebagai hal yang paling utama. Sebab, kepintaran tidak ada artinya apabila seseorang tidak memiliki adab (etika)
  • Inilah Adab-adab Berdoa dalam Salat
    Tips
    Senin, 15 Januari 2024 - 12:31 WIB
    Salah satu adab berdoa yang harus diperhatikan kaum muslim adalah saat berdoa di dalam salat. Hal ini penting diperhatikan agar doa yang kita panjatkan diterima Allah SWT dan tidak mengganggu syarat sahnya salat
  • Inilah Manfaat di Balik Sunnah Tidur Miring ke Kanan
    Tips
    Rabu, 03 Januari 2024 - 14:36 WIB
    Dalam adab tidur, Rasulullah SAW memberikan contoh tidur miring atau menghadap ke arah kanan, dan ternyata di balik sunnah Rasul tersebut ada manfaat luar biasa.
  • Doa Masuk Masjid dan Larangan Tergesa-gesa Ketika Memasukinya
    Tips
    Senin, 11 Desember 2023 - 21:13 WIB
    Islam mengajarkan adab yang indah ketika memasuki masjid. Salah satunya berdoa dan memakai pakaian yang bersih dan indah saat memasukinya. Berikut doanya.
  • Rambu-rambu dan Adab Seorang Muslim Saat Berduka Cita
    Tips
    Kamis, 07 Desember 2023 - 13:32 WIB
    Islam memberikan rambu-rambu ketika seorang muslim tengah berduka cita atau saat mendapat musibah. Rambu-rambu tersebut diisyaratkan Rasulullah SAW sebagai adab seorang muslim.
  • Akhlak dan Adab Seorang Muslimah yang Diberitahukan Al Quran dan Hadis
    Muslimah
    Selasa, 28 November 2023 - 10:15 WIB
    Akhlak dan adab merupakan salah satu hal penting, apalagi bagi seorang muslimah, dan semua akhlak yang baik untuk seorang muslimah sudah diberitahukan didalam Al Quran dan hadis
  • Jangan Pernah Remehkan Doa, Ini Kata Imam Syafii
    Tausyiah
    Senin, 27 November 2023 - 20:55 WIB
    Kedudukan berdoa dalam Islam sangat mulia dan Allah sangat mencintai orang yang bersandar kepada-Nya. Bahkan Nabi bersabda bahwa doa merupakan senjata orang beriman.
  • Suka Berdandan dan Berhias? Jangan Lupa Perhatikan Adab-adabnya
    Muslimah
    Rabu, 22 November 2023 - 16:59 WIB
    Adanya adab berhias dalam Islam ini semata-mata untuk memberikan kebaikan sekaligus menunjukkan salah satu karakter atau ciri-ciri beriman kepada Allah, terutama untuk kaum muslimah.