Imajinasi Barat: Damaskus sebagai Benteng Utama Kristen Timur

Rabu, 28 Agustus 2024 - 05:15 WIB
loading...
Imajinasi Barat: Damaskus...
Sebagian besar Muslim Suriah tidak melihat orang Kristen Suriah sebagai sesuatu yang berbeda dari diri mereka sendiri. Foto/Ilustrasi: MEE
A A A
Awal tahun ini, pembawa acara televisi konservatif AS Tucker Carlson membangkitkan kemarahan lobi Israel dan Zionis Kristen . Ia mempertanyakan dukungan Washington terhadap Israel yang berniat membunuh dan menganiaya orang Kristen Palestina .

Carlson mewawancarai Pendeta Munther Isaac dari Gereja Kristen Lutheran Injili, seorang pendeta dari Bethlehem, dan mencatat kurangnya kesadaran di AS tentang perlakuan terhadap orang Kristen di Tanah Suci .

Carlson pada tahun 2018 sebagai pembawa acara Fox News. Dia menggelar debat di media arus utama AS tentang pembunuhan yang meluas terhadap orang Kristen Suriah . Ia secara teratur mempertanyakan dukungan AS terhadap kelompok-kelompok yang menargetkan orang Kristen di Timur Tengah .

"Dapat dikatakan bahwa perang di Suriah mengangkat penganiayaan terhadap agama Kristen Timur secara keseluruhan, dari Afrika Utara hingga Asia Selatan," tulis Kamal Alam dalam artikelnya berjudul "Why Syria will always be the heartland of Eastern Christianity" yang dilansir Middle East Eye atau MEE pada 26 Agustus 2024.



Penulis dan pengajar yang mengkhususkan diri dalam sejarah militer kontemporer di Timur Tengah ini menukil buku terbaru karya Eugene Rogan berjudul "The Damascus Events: The 1860 Massacre and the Destruction of the Old Ottoman World".

Buku tersebut menyoroti tragedi pembantaian umat Kristen Suriah pada tahun 1860 secara spiritual dan geopolitik, yang mengacaukan hierarki antar-agama negara-negara Ottoman sebelumnya.

Sama seperti saat itu, Damaskus kembali menarik perhatian umat Kristen di seluruh dunia karena pentingnya kota ini sebagai pusat Kekristenan Timur.

Seperti pada tahun 1860, campur tangan dari kekuatan luar - Prancis , Inggris , dan AS - justru membahayakan daripada melindungi koeksistensi umat Kristen dan Muslim selama berabad-abad, seperti halnya dukungan AS terhadap kelompok militan di Suriah saat mereka mulai menargetkan umat Kristen paling makmur (yaitu warga Suriah) di Timur Tengah.

Pengaruh Asing

Buku karya Eugene Rogan ini berfokus pada peristiwa pembantaian ribuan orang Kristen di Damaskus pada tahun 1860 - ketika massa, yang dipicu oleh rumor bahwa orang Kristen akan membalas dendam pada Druze, memasuki kota - dan pecahnya kekacauan di seluruh Levant.



Peristiwa ini mengubah arah Timur Tengah, dalam hal meningkatnya campur tangan Barat dalam urusan Levant.

Buku ini juga membahas bagaimana keharmonisan agama yang berbeda di pedalaman Ottoman di Suriah Raya dapat berubah menjadi kekerasan antar-komunal karena provokasi orang asing dan rumor.

Rogan, seorang profesor sejarah Timur Tengah modern di Universitas Oxford, menunjukkan bagaimana peningkatan perdagangan di Suriah Raya selama masa Ottoman menyebabkan negara-negara besar Eropa lebih menyukai orang Kristen setempat sebagai mitra dagang dan diplomat mereka di kota-kota seperti Aleppo, Damaskus, Beirut, Tarsus, dan Antakya.

Tekanan Eropa terhadap Ottoman terkait pemberian hak yang sama kepada orang Kristen, dan menempatkan urusan Kristen di tangan Eropa, menyebabkan ketegangan dalam apa yang seharusnya merupakan koeksistensi yang damai.

Pemerintahan Ottoman yang lemah - Konstantinopel bangkrut dan terlalu dikuasai oleh wilayah Eropa di Balkan - ditambah dengan tekanan asing, meningkatkan ketegangan lokal.

Ironisnya, Rogan menyebut kejadian ini sebagai "peristiwa Damaskus", karena kejadian ini terjadi setelah kekerasan antara Druze dan Maronit di Gunung Lebanon, jauh dari Damaskus.

Namun, ketakutan, ketidakamanan, dan rumor akhirnya menyebabkan pembantaian di Damaskus.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2957 seconds (0.1#10.140)