alexametrics

4 Waktu Ditampakkannya Amalan Manusia

loading...
4 Waktu Ditampakkannya Amalan Manusia
Sebelum menghadapi hisab pada hari kiamat, umat Islam dianjurkan menghisab diri sendiri. Foto/Dok wahdah.or.id
Dalam pembahasan Kitab Adabul Islam di Srengseng Jakarta Barat, Ulama Mesir yang kini menetap di Jakarta Syekh Ahmad Al-Mishry mengatakan amal manusia ditampakkan kepada Allah Ta'ala dalam empat waktu (masa). Seluruh amal perbuatan manusia ini dicatat oleh Malaikat pengawas dan Malaikat pencatat amal manusia.

Sebelum menghadapi hisab pada hari kiamat, kita dianjurkan menghisab diri sendiri. Umar bin Khatthab radhiyallahu 'anhu (RA) berkata: "Hendaklah kalian menghisab diri kalian sebelum kalian dihisab, dan hendaklah kalian menimbang diri kalian sebelum kalian ditimbang, dan bersiap-siaplah untuk hari besar ditampakkannya amal."

Berikut 4 Waktu Ditampakkannya Amalan Manusia:

1. Laporan Harian saat Salat Subuh dan Ashar.

Rasulullah SAW bersabda: "Para Malaikat malam dan Malaikat siang silih berganti mendatangi kalian. Dan mereka berkumpul saat salat Subuh dan Ashar. Kemudian Malaikat yang menjaga kalian naik ke atas hingga Allah Ta'ala bertanya kepada mereka (dan Allah lebih Mengetahui keadaan para Hamba-Nya), "Dalam Keadaan bagaimana kalian tinggalkan hamba-amba-Ku?" Para Malaikat menjawab, "Kami tinggalkan mereka dalam keadaan sedang mendirikan salat. Begitu juga saat kami mendatangi mereka, mereka sedang mendirikan salat." (HR Al-Bukhari, Muslim)



2. Laporan Mingguan setiap Senin dan Kamis.
Rasulullah SAW bersabda: "Seluruh amal manusia dihadapkan kepada Allah Ta'ala 2 kali dalam sepekan. Yaitu pada hari Senin dan Kamis. Lalu Allah mengampuni dosa setiap hamba-Nya yang mukmin, kecuali orang yang bermusuhan. Maka dikatakan kepada mereka: Tinggalkanlah dulu kedua orang ini, sampai mereka berdamai." (HR. Muslim)

3. Laporan Tahunan Dilaporkan di Bulan Sya'ban.

Dari Usamah bin Zaid, Beliau bertanya, Wahai Rasulullah, saya belum pernah melihat Anda berpuasa dalam satu bulan sebagaimana anda berpuasa di bulan Sya'ban? Nabi SAW bersabda: "Ini adalah Bulan yang sering dilalaikan banyak orang, bulan antara Rajab dan Ramadhan. Ini adalah bulan dimana amal-amal diangkat menuju Rabb Semesta Alam. Dan saya ingin ketika amal saya diangkat, saya dalam kondisi berpuasa." (HR. An-Nasa'i, Ahmad, Ibnu Abi Syaibah)

4. Laporan Terakhir.
Laporan terakhir yaitu ketika kita wafat. Buku catatan amal kita akan ditutup oleh Malaikat dan dicap langsung dilaporkan kepada Allah Ta'ala. Dilaporkan sejak lahir hingga wafat.
(rhs)
cover top ayah
اَلۡمُنٰفِقُوۡنَ وَالۡمُنٰفِقٰتُ بَعۡضُهُمۡ مِّنۡۢ بَعۡضٍ‌ۘ يَاۡمُرُوۡنَ بِالۡمُنۡكَرِ وَيَنۡهَوۡنَ عَنِ الۡمَعۡرُوۡفِ وَيَقۡبِضُوۡنَ اَيۡدِيَهُمۡ‌ؕ نَسُوا اللّٰهَ فَنَسِيَهُمۡ‌ؕ اِنَّ الۡمُنٰفِقِيۡنَ هُمُ الۡفٰسِقُوۡنَ
Orang-orang munafik laki-laki dan perempuan, satu dengan yang lain adalah (sama), mereka menyuruh (berbuat) yang mungkar dan mencegah (perbuatan) yang makruf dan mereka menggenggamkan tangannya (kikir). Mereka telah melupakan kepada Allah, maka Allah melupakan mereka (pula). Sesungguhnya orang-orang munafik itulah orang-orang yang fasik.

(QS. At-Taubah:67)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak