Hadis tentang Keutamaan Membaca Yasin di Malam Hari

Rabu, 26 Agustus 2020 - 20:25 WIB
loading...
Hadis tentang Keutamaan Membaca Yasin di Malam Hari
Surah Yasin, surah ke-36 terdiri dari 83 ayat memiliki keutamaan bagi yang istiqamah membaca dan mentadabburinya. Foto/Istimewa
A A A
Sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian besar umat muslim di Tanah Air menjadikan Surah Yasin sebagai amalan rutin di malam hari. Bahkan surah ini sering dibaca dalam setiap acara Maulidan, syukuran, hajatan dan tahlilan.

Pertanyaannya, benarkah keutamaan membaca Surah Yasin di malam hari akan diampuni pagi harinya? Apakah ada hadisnya ? Berikut jawaban Ustaz Farid Nu'man Hasan (Dai lulusan Sastra Arab Universitas Indonesia). (Baca Juga: Keistimewaan dan Keutamaan Surah Yasin)

Ustaz Farid Nu'man menegaskan kebenaran hadis tersebut.
مَنْ قَرَأَ يس فِي لَيْلَةٍ أَصْبَحَ مغفورا له، ومن قرأ حم التي يذكر فيها الدخان أصبح مغفور له

"Barang siapa yang membaca Surat Yasin di malam hari, maka pagi harinya dia diampuni...(HR. Abu Ya'la No. 2467). Imam Ibnu Katsir berkata: isnadnya Jayyid (bagus). (Tafsir Ibnu Katsir, 6/497).

Hadis ini dikomentari oleh Imam Ibnul Jauzi denhan menyebut batil, tidak ada asalnya. (Al Maudhu’at, 1/247). Namun, para ulama telah mengkoreksi pernyataan Imam Ibnul Jauzi ini di antaranya:

Dalam kitab Tadzkirah Al-Maudhu'at, sebuah kitab yang mengkritisi Kitab Al Maudhu’at-nya Imam Ibnul Jauzi, Hadis tersebut dinyatakan shahih. Imam Al-Fattaniy berkata: Aku (Al Fataniy) berkata: Hadis ini memiliki sejumlah jalur yang banyak, sebagiannya sesuai dengan syarat Ash-Shahih, diriwayatkan oleh At- Tirmidzi dan Al-Baihaqi. (Tadzkirah Al Maudhu'at, Hal. 80)

Imam Abul Hasan Al-Kattaaniy juga mengkoreksinya, beliau berkata: Hadis ini memiliki banyak jalur dari Abu Hurairah, sebagiannya sesuai syarat hadis Shahih, dikeluarkan oleh At Tirmidzi dan Al Baihaqi dalam Asy Syu’ab dari sejumlah jalur. (Baca Juga: Anjuran Membaca Surah Yasin 3 Kali di Malam Nishfu Sya'ban)

Al-Kattaaniy berkata: "Aku lihat tulisan Al Hafizh Ibnu Hajar terhadap catatan pinggir Mukhtasar Al-Maudhu'at, karya Ibnu Dirbaas, yg berkata: Aku berkata: diriwayatkan oleh Ibnu Hibban dalam Shahih-nya, dari hadis Hindun Al Bajaliy secara marfu': "Barang siapa yang membaca Yasin pada malam hari demi mencari wajah Allah maka Allah akan mengampuninya.” (Tanzih Asy Syari’ah, 1/329).

Walhasil, para ulama berbeda pendapat tentang status hadis ini. Dan ini hal biasa dalam dunia ilmu. Yang tidak bisa biasa adalah membunuh karakter orang lain yang berbeda pendapat dengannya dengan menyebut ustaz syubhat dan celaan jelek lainnya. Padahal mereka pun sering melontarkan dan bertabrakan dengan mayoritas ulama.

"Kita menganggap itu perselisihan biasa saja, luwes saja, tidak menganggap mereka telah melanggar. Berbeda pendapat dalam fiqih, hadits, itu tidak berbahaya dan sering dialami para ulama . Yang berbahaya adalah tidak punya adab dalam berbeda pendapat kepada saudaranya. Wallahu A’lam," tegas Ustaz Farid Nu'man . ( )

Wallahu Ta'ala A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2029 seconds (0.1#10.140)