Anjuran Membaca Surah Yasin 3 Kali di Malam Nishfu Sya'ban

loading...
Anjuran Membaca Surah Yasin 3 Kali di Malam Nishfu Syaban
Anjuran Membaca Surah Yasin 3 Kali di Malam Nishfu Sya'ban
Malam Nishfu Sya'ban (15 Sya'ban) tinggal hitungan hari yaitu jatuh pada Rabu malam (8/4/2020). Malam Nishfu Sya'banini dikenal sebagai Lailatul Baro'ah yang berarti malam pengampunan dosa, malam berdoa dan malam pembebasan.

Imam Asy-Syafi'iberkata bahwa doa dikabulkan oleh Allah Ta'ala pada 5 malam, yaitu malam Jumat, malam Idul Fitri, malam Idul Adha, malam pertama bulan Rajab, dan malam Nishfu Sya'ban. Rasulullah SAW juga pernah bersabda: "Allah Ta'ala memberikan perhatian-Nya kepada seluruh makhluk-Nya pada malam Nishfu Sya'ban. Dan Allah Ta'ala mengampuni seluruh makhluk-Nya kecuali orang yang musyrik dan orang yang saling berdengki satu sama lain." (HR At-Thabrani dari Muadz bin Jabbal radhiallahu 'anhu).

Tak heran kaum muslimin banyak yang menghidupkan malam tersebut dengan beribadah, baca Al-Qur'an, salat malam, berzikir, berdoa dan bersedekah. Bahkan ada yang memakmurkannya dengan membacaSurah Yasin3 kali.

Menurut Al-Habib Ahmad bin Novel Salim Jindan (pengasuh Ponpes Al Hawthah Al Jindaniyah), perkumpulan zikir termasuk membaca Al-Qur'an pada malam Nisfu Sya'ban adalah perkara yang dianjurkan berdasarkan hadis Rasulullahshallallahu 'alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam. Amalan-amalan tersebut merupakan bukti penghambaan dan ketaatan kepada Allah Ta'ala.



Mungkin banyak yang bertanya, apa hukum membaca Surah Yasin sebanyak 3 kali? Kemudian dengan tujuan agar umurnya dipanjangkan oleh Allah Ta'ala, rezekinya dimurahkan oleh Allah Ta'ala, diberikan husnul khatimah oleh Allah Ta'ala, dan niat baik lainnya. Apa hukumnya?

Habib Ahmad menjelaskan bahwa berdoa dan berharap kepada Allah tidak pernah dilarang oleh agama, bahkan hal itu merupakan bagian dari agama. Membaca Surah Yasin sebanyak 3 kali, 30 kali atau ratusan kali, atau membaca Al-Qur'an secara keseluruhan tidak dilarang oleh agama.

"Membaca Surah Yasin 3 kali merupakan amal ibadah yang ketika membacanya kemudian bertawassul kepada Allah Ta'ala dengan berkat pembacaan ayat suci Al-Qur'an, Allah memanjangkan umur, mengabulkan doa, dan memberikan husnul khatimah kepada kita," jelas Habib Ahmad sebagaimana dilansir dari alhabibahmadnoveljindan.org.



Hal ini dinamakan At-Tawashul ilallah bil A'maal ash sholihah yakni bertawassul kepada Allah dengan berkat amal ibadah yang soleh agar Allah mengabulkan doa dan harapan. Banyak dalil dari Al-Qur'an dan hadis-hadis shahih yang membenarkan perkara bertawashul dengan amal ibadah. Di antaranya hadis sahih yang diriwayatkan Imam Al-Bukharidan Imam Muslim berikut ini:
halaman ke-1 dari 2
cover top ayah
لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفۡسًا اِلَّا وُسۡعَهَا ‌ؕ لَهَا مَا كَسَبَتۡ وَعَلَيۡهَا مَا اكۡتَسَبَتۡ‌ؕ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذۡنَاۤ اِنۡ نَّسِيۡنَاۤ اَوۡ اَخۡطَاۡنَا ‌ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحۡمِلۡ عَلَيۡنَاۤ اِصۡرًا كَمَا حَمَلۡتَهٗ عَلَى الَّذِيۡنَ مِنۡ قَبۡلِنَا ‌‌ۚرَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلۡنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖ‌ ۚ وَاعۡفُ عَنَّا وَاغۡفِرۡ لَنَا وَارۡحَمۡنَا ۚ اَنۡتَ مَوۡلٰٮنَا فَانۡصُرۡنَا عَلَى الۡقَوۡمِ الۡكٰفِرِيۡنَ
Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”

(QS. Al-Baqarah:286)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video