Cegah Sengketa Waris, Ustaz Muhammad Abu Rivai Berikan Edukasi Fiqih Waris di Jakarta dan Yogya September Ini

Selasa, 10 September 2024 - 11:05 WIB
loading...
Cegah Sengketa Waris,...
Konsultan Waris Ustaz Muhammad Abu Rivai. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Bukan rahasia umum, kendati mayoritas masyarakat kita muslim yang notabene telah memiliki aturan jelas terkait fiqih waris , ketika berbicara soal warisan masih menjadi hal yang tabu disampaikan dalam keluarga yang diantara mereka masih hidup. Padahal justru jika diketahui secara dini hal-hal seperti status kepemilikan, akad dan sejumlah pihak yang terlibat, sengketa waris atau perselisihan antar anggota keluarga bisa dihindari.

"Cukup wariskan ilmu, harta, dan semua yang baik untuk keluarga. Namun jangan tinggalkan keributan dan keburukan untuk mereka setelah kematian kita," tandas Konsultan Waris Ustaz Muhammad Abu Rivai.

Karena itu, Ustaz yang tengah menyelesaikan program doktoral Hukum Islam di Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta ini mengingatkan pentingnya melakukan mitigasi terjadinya sengketa waris untuk menjaga keharmonisan dan kestabilan dalam keluarga, salah satunya dengan mencermati status transaksi atau kepemilikan harta pewaris.

"Ketika sebuah transaksi atau kepemilikan harta tidak diatur dengan jelas, kerapkali menimbulkan perselisihan diantara anggota keluarga setelah kematian pemiliknya, yang merusak hubungan silaturahim jangka panjang dan menimbulkan sengketa waris yang berdampak buruk, mulai dari perpecahan dalam keluarga, pengurasan aset untuk biaya perkara, hingga hilangnya warisan yang seharusnya dapat dimanfaaatkan ahli waris untuk kebutuhan penting seperti pendidikan, sosial dan yang lainnya," ungkapnya.

Banyaknya konflik dan sengketa waris yang terjadi di masyarakat, menurut pemilik situs BelajarWaris.com ini lantaran kurangnya pengetahuan dan pemahaman terhadap literasi Fiqih Waris yang telah diatur secara gamblang oleh Allah Subhanahu Wata'ala.

Ustaz Muhammad Abu Rivai sejak satu tahun belakangan ini aktif melakukan sosialiasasi sekaligus edukasi fiqih waris baik secara offline berupa kajian dan worskshop di sejumlah kota, juga online melalui berbagai platform media sosial, diantaranya Instagram @muhammadaburivai, @warisplanning, youtube @muhammadaburivai. Bahkan bagi yang ingin konsultasi waris secara privat, ustadz yang juga mengajar Fikih Muamalah di ANB Channel ini membuka layanan konsultasi privat via zoom. Tak hanya itu, beliau juga membuka kelas-kelas online khusus fiqih waris di BelajarWaris.com. Beragam tema disuguhkan dan bisa dipilih sesuai kebutuhan, mulai dari tema-tema fundamental fiqih waris, hingga aktual dan tematik.

Untuk mengakomodir kebutuhan bagi yang ingin belajar secara tatap muka dan berdiskusi langsung dengan Ustadz Muhamamad Abu Rivai, BelajarWaris.com bekerja sama dengan Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) Pusat untuk pertama kalinya menggelar workshop fiqih waris di Hotel Gren Alia, Jakarta Pusat pada 14 September ini. Bagi yang saat ini berstatus sebagai ahli waris yang ditinggalkan harta warisan atau calon pewaris yang akan meninggalkan harta warisan, workshop ini bisa menjadi solusi mendapatkan pemahaman yang jelas.

"Melalui workshop ini, peserta dapat memahami fiqih waris lebih maksimal, mulai dari yang mendasar, seperti dalil waris, mencermati ahli waris dan bagiannya, penghalang waris, wasiat dan hibah. Peserja juga diajarkan secara langsung praktik hitung waris, membedah kasus waris dan berkesempatan konsultasi waris," ungkap Ustaz Muhammad Abu Rivai.

Selain melalui media sosial, kajian dan workshop, edukasi literasi fiqih waris pun giat dilakukannya melalui buku dengan tema-tema kontemporer yang dikemas praktis dalam bahasa bertutur yang mudah dipahami. Bulan Juli lalu baru saja ustadz meluncurkan buku saku Harta Gono Gini yang disambut antusias masyarakat. Selang sebulan kemudian, di bulan September, lahir kembali buku keduanya berjudul: Waris Planning-Cara Mencegah Sengketa Waris, siap memberikan solusi bagi permasalahan warisan yang kerap terjadi. Buku setebal 118 halaman terbitan Amal Mulia Muamalah Publishing ini menjabarkan secara lengkap dan terstruktur penyebab dan potensi sengketa waris, memperjelas kepemilikan dan silsilah keluarga.

Harga buku ini Rp25.000 sudah bisa dipesan dengan harga spesial sebesar Rp19.000 selama masa promo berlangsung sampai 15 September 2024. Bagi peserta yang mengikuti workshop fiqih waris di Hotel Gren Alia tersebut dibagikan secara gratis.

Diakui Ustaz Muhammad Abu Rivai, kendati Allah sudah memberikan aturan yang jelas terkait fiqih waris, namun dalam praktiknya kerap diabaikan dan dicari-cari sesuatu yang menguntungkan pihak tertentu. Bahkan tidak sedikit pula yang melegalkan wasiat waris melalui hukum positif yang tidak sinkron dengan hukum Islam. Ini tentu saja menimbulkan polemik yang memicu perselisihan dalam keluarga yang berbeda sudut pandang.

"Dalam workshop Fiqih Waris, peserta diharapkan dapat lebih memahami warisan dari sudut pandang hukum positif dan hukum Islam sehingga bisa saling memperkuat dan memenuhi kaidah halal dan legal, bukan hanya memenuhi kaidah legal tetapi tidak halal. Jadi, jangan tunggu keluarga rebutan waris yang menimbulkan keributan, lebih baik mencegah sedini mungkin untuk kemaslahatan," tandas ustaz.

Setelah di Jakarta, edukasi fiqih waris secara offline berlanjut di Jogjakarta, tepatnya di Mesjid Agung Sleman, Minggu 29 September. Dauroh khusus belajar waris ini diselenggarakan bekerja sama dengan Al Qolam dan Mesjid Agung Sleman. Bagi yang tertarik bisa langsung mendaftar di link www.bit.ly/daurohkhususbelajarwaris. Daurah ini gratis dan setiap peserta mendapatkan ilmu, fasilitas workshop, makan siang dan coffee break.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1817 seconds (0.1#10.140)