Apa Doa agar Hujan Cepat Reda? Ada 3 Doa Lengkap dengan Latin dan Arti

Senin, 16 September 2024 - 09:11 WIB
loading...
Apa Doa agar Hujan Cepat...
Hujan merupakan salah satu bentuk rahmat dari Allah SWT, meski begitu, terdapat beberapa kondisi yang membuat umat muslim dianjurkan untuk meminta hujan cepat reda. Foto ilustrasi/SINDOnews
A A A
Apa doa agar hujan cepat reda ? Pada dasarnya hujan merupakan salah satu bentuk Allah SWT yang sedang menurunkan rahmat-Nya. Meski begitu, terdapat beberapa kondisi yang membuat umat muslim dianjurkan berdoa untuk meminta hujan cepat reda.

Seringkali umat Islam akan mengeluh bersamaan dengan datangnya hujan, karena kondisi tersebut dinilai akan membatasi mobilitas seseorang. Padahal turunnya hujan merupakan salah satu bentuk rahmat dari Allah SWT sebagaimana dijelaskan dalam Al Quran surat Asy Syura ayat 28.

وَهُوَ الَّذِىۡ يُنَزِّلُ الۡغَيۡثَ مِنۡۢ بَعۡدِ مَا قَنَطُوۡا وَيَنۡشُرُ رَحۡمَتَهٗ‌ ؕ وَهُوَ الۡوَلِىُّ الۡحَمِيۡدُ


Artinya : "Dan Dialah yang menurunkan hujan setelah mereka berputus asa dan menyebarkan rahmat-Nya. Dan Dialah Maha Pelindung, Maha Terpuji."

Namun terkadang, hujan deras dengan intensitas yang tinggi ini kerap mendatangkan musibah. Karena itulah Rasulullah SAW menganjurkan agar umatnya meminta pertolongan dari Allah SWT.

Doa agar Hujan Cepat Reda

Untuk menjawab pertanyaan apa doa agar hujan cepat reda ? Ini ada tiga doa yang dapat dipanjatkan. Doa agar hujan cepat reda yang pertama ini datang dari Anas bin Malik dari buku Fikih Sunnah susunan Sayyid Sabiq.

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَ


Allahumma haawalaina wa laa 'alaina. Allahumma 'alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Artinya : "Ya Allah, turunkan lah hujan di sekitar kami, bukan yang untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, sebagian anak bukit, perut lembah, dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan." (HR Bukhari)

Adapun doa yang bersumber dari riwayat Abu Daud dari Utsman bin Affan RA.

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ


Bismillahilladzi la yadhurru ma'asmihi syaiun fillardhi wala fissamai wahuwassami'ul 'alim.

Artinya : "Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat), dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." (HR Abu Daud)

Apabila hujan sudah reda, ada sebuah riwayat yang menganjurkan umat muslim untuk memanjatkan doa. Doa ini dinukil dari buku Keutamaan Doa dan Dzikir Untuk Hidup Bahagia Sejahtera susunan M. Khalilurrahman Al-Mahfani:

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللهِ وَرَحْمَتِةِ


Muthirnaa bi fadh-lillaahi wa rahmatih

Artinya : "Dicurahkannya hujan ini kepada kami atas karunia dan rahmat Allah." (HR Bukhari, dari Zaid bin Khalid)

Itulah beberapa doa yang dapat dipanjatkan untuk meminta hujan cepat reda sekaligus menjawab pertanyaan apa doa agar hujan cepat reda? Yang kerap ditanyakan oleh umat muslim.



Wallahu A'lam
(wid)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1852 seconds (0.1#10.140)